• Home
  • Pariwisata
  • APP-Darma Agung Selenggarakan Seminar Geopark Kaldera Toba
Kamis, 03 Agustus 2017 19:36:00

APP-Darma Agung Selenggarakan Seminar Geopark Kaldera Toba

BAGIKAN:
FB
Direktris Akademi Pariwisata Dan Perhotelan Darma Agung (APP-DA) Dra. Binur Pretty Napitupulu, MM, dan Rektor UDA, Dr. Jaminuddin Marbun, SH, M.Hum pada pembukaan seminar pariwisata yang mengangkat tema Pengembangan Kawasan Geopark kaldera Toba Menjadi G
Medan(Pelita Batak): Sebagai salah satu akademi pariwisata yang tertua di Sumatera, APP-Darma Agung  akan terus mendukung usaha-usaha yang dilakukan pemerintah agar Geopark Kaldera Toba menjadi Unesco Global Geopark.

Demikian disampaikan Direktris Akademi Pariwisata Dan Perhotelan Darma Agung (APP-DA) Dra. Binur Pretty Napitupulu, MM, pada pembukaan seminar pariwisata yang mengangkat tema Pengembangan Kawasan Geopark kaldera Toba Menjadi Global Geopark Network Unesco di Hermina Centre, Kamis 3 Agustus 2016.

Binur Pretty juga menjelaskan tentang pentingnya dukungan dari akademisi untuk mendukung Geopark Kaldera Toba menjadi Unesco Global Geopark. Geopark sebagai alat percepatan bagi pengembangan wisata kawasan danau toba yang telah ditetapkan menjadi salah satu dari 10 destinasi prioritas percepatan pembangunan. 

"Kita harus bersyukur atas warisan alam dan budaya yang indah dan mendunia, jika kita merawatnya maka masyarakat dapat menikmati manfaatnya," ungkap Binur.

Rektor UDA, Dr. Jaminuddin Marbun, SH, M.Hum yang hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa industri pariwisata harus terus digiatkan, karena dengan meningkatnya kunjungan pariwisata maka perekonomian masyarakat akan meningkat. 

Rektor UDA juga menyampaikan salam pariwisata dari Ketua Umum YPDA/ISTP/APP-DA Ny. Sariaty PR. Siregar Br. Pardede yang tidak dapat hadir pada kesempatan tersebut.

Hadir sebagai pembicara pada seminar ini  Ir. Alimin Ginting (Ketua Pelaksana Geopark Kaldera Toba Sumut) dan Yudi Afrian (Sekretaris Umum Ketua Komunitas Penggiat Pariwisata Indonesia).
 
Dalam pemaparannya Alimin Ginting menjelaskan bahwa Kawasan Geopark Kaldera Toba telah disepakati menjadi "Destinasi Parawisata Berbasis Geopark" artinya bahwa situs-situs/geosite yang telah dipilih dan ditetapkan oleh Geopark akan menjadi titik-titik destinasi ataupun kunjungan wisatawan  di kawasan parawisata danau Toba. Geosite sebagai titik  edukasi bagi geopark dan titik destinasi bagi parawisata.

Yudi Afrian dalam pemaparannya lebih menekankan ke arah Paket Wisata Dengan Pengalaman  Cerita Yang Menarik.

Acara ini juga diikuti oleh SMA/SMK, dosen dari perguruan tinggi Negeri, perguruan tinggi swasta, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Sumut serta mahasiswa APP-DA.(R2)
  BeritaTerkait
  • Perlu 'Marsirippa' Mewujudkan Ulos Sebagai Warisan Budaya Dunia

    tahun lalu

    Sebuah bangsa yang mandiri adalah bangsa yang berbudaya dan budayanya itu mengakar dalam pribadi masyarakatnya. Namun kepemilikan budaya yang

  • Jika Ingin Go UNESCO, Ulos Harus Menjadi 'Ulos Indonesia'

    tahun lalu

    Pengajuan ulos sebagai warisan budaya tak benda menjadi warisan budaya internasional atau dunia harus pertama sekali ulos menjadi milik Indonesia. Tidak lagi disebut sebagai ulos batak atau yang lainnya, melainkan menjadi 'ulos Indonesia'.

  • RE Nainggolan: Harus Satukan Sikap dan Tekad Agar UNESCO Akui Ulos

    tahun lalu

    Tokoh masyarakat Dr RE Nainggolan,MM mengajak seluruh elemen masyarakat menyatukan sikap dan tekad untuk mengajukan ulos sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO. Rencana dan pekerjaan yang mulia, jika masih ada orang maupun kelompok yang mau memperjuangkan

  • Persiapan Festival Danau Toba di Taput Dimantapkan

    tahun lalu

    Tarutung (Pelita Batak) :Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) terus bersiap dan mematangkan segala kelengkapan untuk pelaksanaan Festival Danau Toba (FDT) tahun 2016. Dimana Taput menjadi tuan rumah Festival Danau Toba (FDT) 2016, yang akan diselen

  • Badan Pelaksana Geopark Kaldera Toba : Danau Toba Dapat Menjadi Geopark Terkemuka di Dunia

    tahun lalu

    Taput (Pelita Batak) : Ketua Badan Pelaksana Geopark Kaldera Toba (BP-GKT), Alimin Ginting MSc menyatakan, Danau Toba kini luar biasa, karena memiliki aset yang luar biasa dan akan menjadi Geopark

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online