KSP Makmur Mandiri
Selasa, 16 April 2019 13:03:00

Sikat Habis Politik Busuk

Oleh : Drs Thompson Hutasoit
BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Drs Thompson Hutasoit
PEMILIHAN umum (Pemilu) Pilpres, Pileg Serentak 2019 kini telah memasuki pemungutan suara di Luar Negeri, dan hari Rabu, 17 April 2019 akan dilaksanakan di seluruh wilayah tanah air Negara Republik Indonesia untuk memilih calon-calon pemimpin terbaik mengemban amanah kepercayaan rakyat lima tahun ke depan.

Tahapan Pilpres, Pileg 2019 kurang lebih tujuh bulan telah menguras energi bangsa, baik waktu maupun finansial sangat luar biasa. Hal itu, tentu tidak boleh terbuang sia-sia atau percuma akibat ternoda ulah segelintir orang dan/atau pihak ambisius berkuasa menghalalkan segala cara meraih nafsu birahinya.

Pilpres, Pileg 2019 yang seharusnya pesta demokrasi penuh kegembiraan, kesenangan, kebahagiaan serta wadah pendidikan politik rakyat dalam berdemokrasi tidak boleh diselewengkan jadi ajang politik kumuh, kotor tanpa keadaban yang menciderai demokrasi sedang dibangun di republik ini.

Praktek-praktek politik kotor, kumuh tak beradab menghalalkan segala cara harus "disikat habis" seperti; ujaran kebencian, fitnah, hoax atau kebohongan, hasut, hujat, adu domba, provokasi, agitasi, kampanye hitam menyerang kandidat lain sebagaimana kerap terlihat di masa-masa tahapan kampanye lalu.

Masa kampanye telah berlalu, kini memasuki tahapan krusial dan penting akhir pemungutan serta penghitungan suara untuk menentukan pemenang Pilpres, perolehan kursi partai politik dan/atau calon legislatif (DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota) lima tahun ke depan.

Bayang-bayang ketakutan ketidakterpilihan kandidat telah mendorong kandidat haus kuasa menghalalkan segala cara meraih kemenangan kontestasi.

Politik kotor, kumuh tak beradab seperti politik uang (money politics), menggunakan rumah-rumah ibadah, dapur umum memobilisasi massa untuk memenangkan kandidat tertentu kini mulai gencar dilakukan harus segera "Disikat Habis" untuk menjamin kondusivitas aman, nyaman dan terkendali.

Politik uang (money politics) telah menyeret kandidat partai politik ataupun Paslon Capres/Cawapres tertentu sebagaimana diberitakan media massa, baik media mainstrem maupun media sosial (Medsos) di tiga (3) hari menjelang pelaksanaan pemungutan suara 17 April 2019 tidak boleh terulang kembali.

Penangkapan politik uang (money politics) oleh Aparat Kepolisian Republik Indonesia terhadap caleg partai politik tertentu mengkonfirmasi Pilpres, Pileg 2019 belum terbebas dari praktek-praktek politik kotor, kumuh tak beradab di negeri ini. Bahkan, kebiasaan buruk seperti itu tidak mustahil melibatkan oknum-oknum nakal dan tak bertanggungjawab di lembaga penyelenggara Pemilu (KPU, KPUD, BAWASLU, PANWASLU, PANWASLIH) yang seharusnya menjaga, menjamin Pemilu jujur, bersih, adil dan langsung agar hak pilih rakyat tidak dibajak politisi-politisi haus kuasa secara melawan hukum.

Dalam situasi kondisi krusial seperti itulah penegakan hukum tegas dan keras "Sikat Habis Politik Kotor" wajib hukumnya dilaksanakan tanpa pilih bulu agar Pilpres, Pileg 2019 benar-benar mampu menghadirkan pemimpin-pemimpin berkualitas, kompeten, profesional, jujur, bersih dan berintegritas.

Karena itu, aparat penegak hukum Kepolisian RI, Kejaksaan RI, Bawaslu, Panwaslu, Panwaslih, dan TNI mengambil tindakan antisipatif terhadap potensi kecurangan-kecurangan Pilpres, Pileg 2019.

Kepolisian RI dan TNI selaku pelaksana politik negara sudah harus memetakan dini potensi situasi rawan, dan mempersiapkan matang cipta kondisi untuk menjamin pelaksanaan Pilpres, Pileg 2019 aman, nyaman dan kondusif  agar rakyat tidak dibayangi rasa ketakutan menyalurkan hak pilihnya.

Kepolisian RI dan TNI harus menindak tegas dan keras siapa pun yang mencoba-coba mengusik, menggangu pesta demokrasi rakyat memilih pemimpinnya.

Publik yakin dan percaya kemampuan profesional Kepolisian RI dan TNI menciptakan situasi kondusif, aman, nyaman, dan terkendali sehingga Pilpres, Pileg Serentak 2019 agenda sekali lima tahun diamanahkan konstitusi berjalan lancar tanpa riak-riak apapun.

Sukses Pilpres, Pileg Serentak 2019 harus disadari paripurna seluruh anak negeri parameter riil kemampuan berdemokrasi bangsa Indonesia di mata dunia internasional.

Oleh sebab itu, seluruh anak bangsa harus menjadikan Pilpres, Pileg Serentak 2019 pesta demokrasi rakyat penuh kesantunan, keadaban membawa kegembiraan, kesenangan, kebahagiaan bagi seluruh rakyat, tanpa kecuali.

Selamat berdemokrasi beradat dan beradab.

Bravo Kepolisian RI......!!!
Bravo TNI........!!!
Bravo Indonesia......!!!

Medan, 16 April 2019.
Salam NKRI......!!! MERDEKA......!!!
Drs. Thomson Hutasoit.

  BeritaTerkait
  • Ini Nomor Urut Tiga Paslon di Pilkada Taput 2018

    2 tahun lalu

    Tarutung (Pelita Batak):Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tapanuli Utara dengan agenda pengundian nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati pada Pilkada 20

  • Jokowi Sang Pendobrak Elite Politik

    4 bulan lalu

    DALAM berbagai kesempatan kampanye Prabowo Subianto sering mengucapkan kata-kata berang terhadap elite politik di Jakarta. Bahkan, Prabowo Subianto menuduh para elite politik itulah sumber kehancuran

  • Demo Disebut Hanya Memperburuk Kondisi Ekonomi yang Tengah Lesu

    3 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Yopie Hidayat, kolumnis ekonomi yang juga mantan Juru Bicara Wapres Boediono, menegaskan, saat ini, kondisi ekonomi global tengah dalam kondisi sangat tidak bagus, bahkan bis

  • Ini isi Lengkap Nota Keberatan Ahok di Pengadilan

    3 tahun lalu

    Jakarta Pelita Batak): Bapak Ketua Majelis Hakim, dan Anggota Majelis Hakim yang saya muliakan, Sdr. Jaksa Penuntut Umum yang saya hormati, Penasihat Hukum dan Para Hadirin yang saya hormati, &

  • Ketua FKW HKBP Jumongkas Hutagaol Prihatin Gerakan Calon Ephorus

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ketua FKW (Forum Keprihatinan Warga) HKBP Jumongkas Hutagaol menyatakan keprihatinannya tehadap situasi saat ini di HKBP, khususnya menjelang Sinode Godang HKBP pada tanggal 12-18 September mendatang. Dia menyesalkan gerakan para c

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb