• Home
  • Opini
  • SEBERAPA ENAK 'KUE' PARIWISATA KAWASAN DANAU TOBA? UENAAK BANGET LO
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 31 Juli 2019 13:56:00

SEBERAPA ENAK 'KUE' PARIWISATA KAWASAN DANAU TOBA? UENAAK BANGET LO

BAGIKAN:
Ist
Arta Peto Sinamo
Oleh: Arta Peto Sinamo

Saya senang Pak Jokowi dalam kunjungannya di Kawasan Danau Toba menyatakan tekad untuk menjadikan Kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas super.

Terbayang oleh saya betapa enaknya kue pariwisata yang akan dinikmati oleh masyarakat di kabupaten-kabupaten di kawasan Danau Toba.

Seberapa nikmat kue itu?

Begini hitungan ekonominya:

Singapura pada tahun 2017 meraih pemasukan dari wisatawan mancanegara yang berkunjung ke negara mereka sebesar Sing $ 26,8 M. 
Berdasarkan kurs Sing $ 1 = Rp 10.000 maka pemasukan dari pariwisata itu setara dengan Rp 268.000.000.000.000 (Rp 268 Triliun).

Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Singapura pada tahun 2017 adalah 17,4 Juta orang.

Rata-rata belanja wisatawan per orang per kunjungan di Singapura 2017 adalah Rp 15.400.000 (Rp 15,4 juta).

Dengan lama berwisata rata-rata per wisatawan 4,3 hari maka rata-rata belanja wisatawan per orang per hari di Singapura 2017 adalah sekitar Rp 3,6 juta.

Data wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia juga mengembirakan walaupun belum dapat menyaingi Singapura. Pada tahun 2017 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia adalah sebanyak 14,04 Juta, di antaranya sebanyak 262 ribu orang berkunjung ke Sumatera Utara. 

Belanja wisatawan mancanegara yang berkunjung per orang per kunjungan di Indonesia adalah USD 1.201 atau Rp 16,8 juta. Dengan rata-rata lama tinggal  per wisatawan per kunjungan di Indonesia 8,42 hari maka belanja wisatawan mancanegara yang berkunjung per orang per hari di Indonesia adalah Rp 2 juta.

Kalau kawasan Danau Toba bisa menarik kunjungan 200 ribu wisatawan mancanegara per tahun dengan rata-rata lama kunjungan 2 hari per orang maka penghasilan yang didatangkan adalah sebesar: 200 ribu (wisatawan) X 2 (hari) x Rp 2 juta = Rp 400.000.000.00 (Rp 800 milyar).

Kue yang nikmat kan? (*)

Pikiran ini pernah saya sampaikan di forum pelatihan/lokakarya pariwisata di Humbang Hasundutan pada bulan April 2019.
  BeritaTerkait
  • Ini 10 Destinasi di Danau Toba Yang Oke Banget Buat Libur Lebaran

    tahun lalu

    Balige (Pelita Batak):Siapa yang berani meragukan keindahan Danau Toba? Danau yang ada di Sumatera Utara ini, menjadi salah satu objek wisata andalan Indonesia. Danau Toba juga lokasi tepat untuk meng

  • 16 Tour Operator Polandia, Austria, Hungaria, Slovakia, Bulgaria serta perwakilan Emirates Keliling Danau Toba

    3 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Dubes RI untuk Polandia, Peter F Gontha, sangat agresif mempromosikan Wonderful Indonesia. Langkah ini bukan saja untuk pasar Polandia, melainkan juga di negara Eropa Tengah da

  • Ini Jadwal Pesta Akbar Festival Bunga dan Buah 2017 di Danau Toba

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Agenda heboh bakal tersaji di salah satu destinasi prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Danau Toba, Sumatera Utara. Salah satunya agenda Calender of Event Pariwisata Danau

  • Jokowi Sebut Danau Toba Cantik dari Sudut Manapun

    2 tahun lalu

    Tapanuli Utara (Pelita Batak):Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi kawasan wisata Panatapan Huta Ginjang di Kabupaten Tapanuli Utara pada rangkaian kunjungan kerja di Sumatera Utara, Sabtu (14/10

  • Siapa yang Mau Menari Tor Tor? Datang Saja ke CFD

    11 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Siapa yang berani membantah keindahan dan eksotisme Danau Toba. Danau terbesar di Indonesia ini selalu mampu menarik perhatian wisatawan. Minggu (4/11), pesona Danau Toba bisa d

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb