• Home
  • Opini
  • Pemajuan Kepulauan Nias : Penataan Samudera Indonesia dan Pesisir Pantai Barat Indonesia
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 11 September 2019 10:53:00

Pemajuan Kepulauan Nias : Penataan Samudera Indonesia dan Pesisir Pantai Barat Indonesia

Firman Jaya Daeli
BAGIKAN:
ist|pelitabatak
pelitabatak.com - Sebuah acara penting dan strategis diselenggarakan di Kabupaten Nias Barat, Kepulauan Nias (Kepni), Sumatera Utara (Sumut). Acara ini bertajuk sekaligus bertemakan "Festival Pesona Aekhula Dan Sirombu Beach RUN-5-10 K, telah berlangsung dengan sangat semarak, dinamis, kreatif, lancar, sukses, dan ramai. Dihadiri sekitar lebih 20 ribuan warga masyarakat dan tamu yang berasal dari berbagai wilayah dan mengikuti acara sampai dengan selesai.

Firman Jaya Daeli berkunjung ke Kepni, menghadiri undangan resmi Pemerintah untuk mengikuti dan menyaksikan secara langsung keseluruhan rangkaian utuh terpadu acara puncak Festival Pesona Aekhula Dan Sirombu Beach RUN-5-10 K tahun 2019. Tampak dalam foto, ketika Firman Jaya Daeli sedang menyampaikan Kata Sambutan dalam acara ini. Menurut Firman Jaya Daeli dalam Kata Sambutan, bahwa acara ini pada dasarnya memiliki relasi strategis dan relevansi efektif dengan kebijakan dasar dan agenda besar untuk membangun Kepni dan memajukan masyarakat Kepni pada umumnya.




Perihal ini sesuai dengan visi, misi, dan program Pemerintahan Nasional di bawah kepemimpinan Presiden RI Jokowi dan Wapres RI H.M. Jusuf Kalla. Penyelenggaraan acara dan penjabaran materi kegiatan acara melalui pelaksanaan program aksi nyata pembangunan dan perekonomian yang berkeadilan, pada dasarnya merupakan agenda terencana, terkelola, dan terjabarkan dari Presiden Jokowi. Perihal ini juga merupakan agenda lanjutan yang seterusnya akan ditingkatkan oleh Pemerintahan Jokowi dan K.H. Ma'ruf Amin.

Posisi geografis dan kawasan geopolitis Kepni yang juga meliputi Nias Barat adalah merupakan wilayah kepulauan yang menjadi lokasi tempat penyelenggaraan acara ini. Lokasi tempat terletak di bagian Barat Provinsi Sumut, Indonesia. Kawasan Kepni terletak di Samudera Indonesia di wilayah terbarat NKRI, dan Nias Barat terletak di Barat Kepni. Nias Barat merupakan sebuah kawasan khusus yang memiliki wilayah daratan dan lautan serta pulau-pulau dalam sebuah kepulauan yang berada di  wilayah Samudera Indonesia. Kepni yang meliputi lima kabupaten dan kota adalah sebuah kawasan terlama yang sudah menjadi daerah otonom sejak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (Indonesia Merdeka). Kepni juga merupakan kawasan wilayah perbatasan dan gugusan kepulauan terluar, terdepan, masih tergolong daerah tertinggal dan daerah pinggiran.

Tampak juga Firman Jaya Daeli saat menyanyi dan menari bersama Kapolres Nias, Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat, Wakil Bupati Nias Selatan, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Barat, beberapa artis, dan bersama warga masyarakat yang datang menghadiri acara. Hadir dan tampak menyanyi dan menari juga Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Daerah Nias Barat, yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Penyelenggara.



Acara semakin menjadi menarik dan bermakna karena diisi dengan sejumlah atraksi kesenian dan kebudayaan dari sejumlah komunitas group dan perseorangan pilihan terbaik yang menjadi juara perlombaan festival. Ada juga acara olahraga lomba lari yang dikemas dalam bentuk Sirombu Beach RUN-5-10 K dengan jumlah peserta hampir 2 ribuan yang berasal dari berbagai daerah di dalam dan di luar wilayah Sumatera Utara.

Tampil sejumlah artis untuk meramaikan dan menyukseskan acara. Ada artis tingkat nasional dari Jakarta Cita Citata, dan lain-lain. Tampak dalam foto ketika  Artis Cita Citata bernyanyi bersama Firman Jaya Daeli, Kapolres Nias, Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat, Wakil Bupati Nias Selatan, Sekda Nias Barat, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, dan lain-lain. Tamu undangan yang menghadiri acara, antara lain pejabat dan pimpinan daerah, perwakilan jajaran pemerintah nasional, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten dan kota se-Kepulauan Nias, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten dan Kota se-Kepulauan Nias, jajaran TNI, Polri, dan ASN dan birokrasi, BUMN dan komunitas pengusaha, tokoh-tokoh mssyarakat, agama dan kepercayaan, adat kebudayaan, kesenian dan olahraga, kalangan profesional, jurnalis dan media massa, pimpinan badan dan komisi, pimpinan ormas, LSM/NGO, kalangan aktifis, dan lain-lain.

Sebelumnya, Firman Jaya Daeli bersama Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan dan Kepala BRI Gunungsitoli (Kepulauan Nias) I Wayan Mestera, bertemu dan berdiskusi secara informal dalam suasana santai. Pertemuan informal berlangsung di Gunungsitoli sesaat setelah Firman Jaya Daeli tiba di Kepulauan Nias setelah berkunjung dari Sumatera Barat, Bali, dan Jakarta.(*)
  BeritaTerkait
  • Pengembangan Kepulauan Nias Dan Pembangunan Kawasan Strategis di Indonesia

    tahun lalu

    Oleh : Firman Jaya Daeli Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan Indonesia Raya dengan ideologi Pancasila, yang dapat diletakkan dan dipetakan dalam beberapa pertimbangan. Indonesia R

  • Dua Gubernur dari Indonesia Jadi Pembicara The 5th International Green Island Forum

    3 tahun lalu

    Korea (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi menjadi pembicara dalam pertemuan internasional The 5th International

  • Konsolidasi Kepemimpinan Polri dan Makna Reformasi Polri Terhadap Nawacita

    tahun lalu

    Oleh : Firman Jaya Daeli (Mantan Tim Perumus UU Polri Dan Anggota Komisi Politik & Hukum DPR-RI)Institusi Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol. Prof. Tito Karnavian, MA, Ph.D sudah sem

  • Selamat Datang Kapolda Sumut yang Baru

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :<br></br> Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyambut kehadiran Kapolda Sumut Irjen Pol DR H Rycko Amelza Dahniel

  • Kuala Tanjung Diharap Kembali Jadi Hub Internasional

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya terkait informasi yang didapatnya dari media massa soal pengalihan Pelabuhan Kuala Ta

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb