• Home
  • Opini
  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan
Minggu, 30 Juli 2017 09:41:00

Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

BAGIKAN:
Ist
Gandhi Pakpahan
Oleh: Gandhi Pakpahan

PARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)
PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain setelahnya seperti PANITIA KERJA PEMBENTUKAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAAN dan FKMHH.

Pada kesempatan Ulang Tahun HUMBAHAS ke14 ini, kami menyajikan sekilas sejarah yang merupakan kenangan indah bagi para pelaku mulai dari berdirinya PERNADOS - PARNADOS - PANITIA KERJA PEMBENTUKAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN - FKMHH.


1. PERNADOS (Persatuan Naposobulung Doloksanggul dan Sekitarnya)

Tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1975, atas prakarsa sdr. Marulam Simamora, Paruntungan Lumban Gaol, Budiman Pasaribu, Ganda Pasaribu, Jeffri M Simamora, Artha Simamora dll, dibentuk satu wadah untuk menghimpun para naposobulung yang berada di Ibukota Jakarta.

Wadah ini berkembang dengan berbagai aktifitas sosial, antara lain setiap tahunnya menyelenggarakan perayaan Natal bersama para orangtua yg berasal dari Doloksanggul dan sekitarnya.
Di berbagai kesempatan bersama Pernados Bandung, Pernados Medan merayakan Natal dan bakti sosial di Bona Pasogit Doloksanggul.

Kegiatan lainnya mengikuti Turnamen Olahraga dengan Naposobulung dari daerah lainnya seperti Lintong Nihuta, Balige, Dairi dan lain-lain. Sejak berdirinya, para naposobulung dan para senior selalu mempunyai akses dan interaksi dengan para natua-tua, tidak hanya natua-tua dari Kecamatan Doloksanggul, tetapi juga kecamatan lainnya di Humbang.

Terbukti pada saat menghimpun natua-tua yg berasal dari Humbang untuk bergabung dalam PARNADOS maupun PANITIA KERJA PEMBENTUKAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN tidak mengalami kesulitan yang berarti.

Hingga saat ini PERNADOS tetap eksis di usianya yang hampir 41 tahun dan sangat membanggakan dengan dikomandoi para naposobulung yang jumlahnya sangat signifikan dan potensi-potensi muda yang banyak karya dan yang paling utama tetap menjaga netralitasnya pada proses politik yang baru-baru ini terlaksana di Bona Pasogit.


2. PARNADOS (Parsahutaon Nahumaliang Doloksanggul).

Berdiri tepatnya pada tanggal 27 Januari 1995. Peduli kepada keprihatinan atas ketertinggalan Bona Pasogit, yang pada saat itu diposisikan sebagai daerah peta kemiskinan di Tanah Air, para natua- natua merasa terpanggil dan bergabung dalam satu wadah yang disebut PARNADOS, yang terdiri dari 6 (enam) kecamatan yaitu DOLOKSANGGUL, ONAN GANJANG, PAKKAT, PARLILITAN, LINTONG NIHUTA dan PARMONANGAN.

Wadah ini dimotori Bapak Ir. Humuntar Lumban Gaol, RP Simamora, Gandhi Pakpahan, Robert Siregar, BrigJen Maniur Pasaribu, Kol. AB. Manalu, Bantu Manik, Hans Simamora, Sahala Silaban, Surung Simamora, Kombes Panusunan Pakpahan, Johan Mulia Sihombing, MayJen Tulus Sihombing, Ny. Sihombing br. Simamora, Drs. Sariaman Simamora, Drs. Djaudi Marbun, Drs. Umar Tinabunan, Ir. Sahat Pakpahan, Ir. Suhut Simamora, dan para senior PERNADOS lainnya seperti Jeffri M Simamora, Freddy Pam Situmorang, Morgan Lumban Batu, Thony Pasaribu, Aduhot Simamora dan lain-lain. 

Tujuan utamanya adalah melaksanakan program nyata yang menyentuh kepentingan masyarakat di Bona Pasogit sekaligus pencanangan berdirinya satu Kabupaten di Humbang.

Program nyata terwujud pada MARTABE PARNADOS tahun 1995, dipusatkan di Doloksanggul dengan menghadirkan beberapa Menteri dan Gubernur Sumatera Utara saat itu Raja Inal Siregar. 

Kepada beberapa kecamatan dibagikan traktor dan bantuan.lainnya serta pembagian bibit tanaman dan pencanangan sejuta pohon. Euforia MARTABE saat itu mendorong terbentuknya berbagai organisasi di Jakarta seperti Parsadaan Keluarga Besar Doloksanggul, Parsadaan Keluarga Besar Pakkat, Parsadaan Keluarga Besar Lintong Ni Huta dan lain sebagainya.

Di antaranya ada lembaga berbadan hukum seperti YAYASAN PARNADOS, YAYASAN SIBUNDONG CENTER, dan di Bona Pasogit dibentuk LEMBAGA PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA (LPSDM) yang dipimpin  Sdr. Saut Parlindungan Simamora.

Ada beberapa.kegitan PARNADOS yang dapat dicatat antara lain :

1. Menyampaikan dukungan pencalonan sdr. RE. Nainggolan, MM kepada DPRD Tkt II Tapanuli Utara sebagai Bupati KDH. Tkt II Tapanuli Utara.

2. Menyampaikan dukungan pencalonan sdr. Manosor Purba, sebagai anggota DPRD Tapanuli Utara.

3. Melakukan seminar-seminar (Tanah Adat, Hak Ulayat).

4. Malam Peduli Humbang

5. Menerima kehadiran Camat se Tapanuli Utara.

Wadah ini tetap eksis hingga terbentuknya Panitia Kerja Pembentukan Kabupaten Humbang Hasundutan.

3. PANITIA KERJA PEMBENTUKAN KABUPATEN.HUMBANG HASUNDUTAN (PKPKHH).

Pada tanggal 14 Juni 2002, kepanitiaan dibentuk di Jakarta dan dikukukuhkan oleh Panitia Pusat Pembentukan Kabupaten Humbang Hasundutan dengan Surat Keputusan tertanggal 19 Juni 2002.
Perubahan politik nasional pada era reformasi, dengan diberlakukannya UU No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, merupakan momentum yang sangat strategis untuk menyampaikan aspirasi berdirinya satu daerah otonom di Humbang.

Sejarah telah mengukir bahwa Humbang pernah menjadi kabupaten pada tahun 1947-1949.
Terbentuknya Kabupaten Humbang Hasundutan merupakan aspirasi dan tuntutan riil masyarakat.

Pada tanggal 23 April 2002, masyarakat Bona Pasogit mendeklarasikan pembentukan Kabupaten Humbang Hasundutan di Doloksanggul dan diteruskan ke DPRD Tapanuli Utara dan Bupati Tapanuli Utara.

Aspirasi ini diterima baik oleh legislatif maupun eksekutif di Tapanuli Utara, ini dibuktikan dengan keluarnya Keputusan Pesetujuan DPRD Tapanuli Utara No. SK.06 Tahun 2002 tanggal 8 Juni 2002, selanjutnya keluar Usulan Pemekaran Bupati Tapanuli Utara No. 135/3401/Pem/2002 tanggal 11 Juni 2002.

Peranan yang sangat signifikan telah diberikan oleh Drs. RE. Nainggolan, MM baik selaku Bupati Tapanuli Utara maupun sebagai putra daerah Humbang.

Dalam rangka persiapan penyampaian aspirasi ke DPR RI dan Pemerintah Pusat,  Drs. RE. Nainggolan, MM, meminta kesediaan para orangtua di Jakarta, khususnya sdr. Marulam Simamora, Gandhi Pakpahan untuk memfasilitasi kehadiran para utusan dari Bona Pasogit (Panitia Pembentukan Pusat).

Didorong oleh semangat kebersamaan dalam waktu relatif singkat terbentuk Tim Kecil yang disebut TIM JAKARTA sebagai mitra dari Panitia Pembentukan Pusat.

Rapat Koordinasi Panitia Pembentukan Pusat yang dikomandoi oleh Rindang Simamora dan TIM Jakarta yang dikomandoi  Marulam Simamora, SE dilaksanakan di Hotel Pardede Jakarta dgn beberapa program dan kepitusan antara lain:

1. Tanggal 13 Juni 2002, menyampaikan aspirasi ke Komisi II DPR RI dan sidang dipimpin oleh Prof. Dr. Manase Mallo, selaku Ketua Sub Komisi Otonomi Daerah.

2. Tanggal 13 Juni 2002 malam, bertempat di Hotel Grand Melia Kuningan Jakarta, seluruh delegasi diterima oleh Panda Nababan selaku anggota DPR RI dan memberi arahan sekaligus memfasilitasi pertemuan dengan pihak Depdagri.

3. Tanggal 14 Juni 2002 , menyampaikan aspirasi ke Depdagei, diterima oleh  Maswandi Wahyu Najib, selaku Direktur Teknis Otonomi Daerah.

4. Tanggal 14 Juni 2002, bertempat di Hotel Pardede, berdasarkan Mandat Panitia Pembentukan Pusat, dibentuk Panitia Kerja Pembentukan Kabupaten Humbang Hasundutan Jakarta dengan susunan pengurus sebagai berikut:

Ketua Umum : Marulam Simamora
Sekretaris Umum: Gandhi Pakpahan
Bendahara Umum : Bantu Manik

Dengan Tugas dan Tanggung Jawab:
1. Melakukan Koordinasi dengan DPR RI dan Depdagri

2. Penggalangan dana pembiayaan Pembentukan Kabupaten Humbang Hasundutan

3. Mengkoordinir potensi keluarga di parserahan agar berperan aktif.

Progres Panitia Kerja:

1. Tgl 28-30 Juni 2002, mendampingi Komisi II DPR RI melakukan kunjungan ke Bona Pasogit.

2. Tgl 6-8 September 2002, mendampingi Tim Terpadu Depdagri, DPOD, dan Komisi II DPR RI ke Bona Pasogit.

3. Tgl 23 September 2002, menghadiri dan memantau usulan Komisi II pada Sidang Paripurna DPR RI

4. Tgl 27 Januari 2003, menghadiri mengesahan pada Sidang Paripurna DPR RI.

5. Tgl 16 Februari 2003, acara syukuran di Hotel Cempaka Jakarta dihadiri Bupati Tapanuli Utara Bpk Drs. RE. Nainggolan, MM, Komisi II DPR RI, Ketua DPRD dan Anggota DPRD Tapanuli Utara dan para natua-tua di Jakarta.

6. Tgl 25 Februari 2003, terbit UU No. 9 Tahun 2003 tentang terbentuknya Kabupaten Humbang Hasundutan oleh Presiden RI Megawati Sukarnoputri.

7. Tgl 22 April 2003, menyampaikan Surat kepada Menteri Dalam Negeri perihal Penjabat Bupati tidak diperkenankan mencalonkan diri menjadi Bupati definitif.

8. Tgl. 24 April 2003, di kantor LIPI Jakarta dilaksanakan seminar dengan Topik "Profil Kabupaten Humbang Hasundutan ditinjau dari Perspektif Otonomi Daerah, Tata Ruang, Ekonomi dan Sosial".

9. 28 Juli 2003, menghadiri pelantikan Penjabat Bupati di Kantor Gubernur Sumut di Medan.

10. Tgl. 29 Agustus 2003, di Gedung Situmorang Doloksanggul dilaksanakan Sarasehan dihadiri oleh Pj. Bupati, Muspika, Camat dan seluruh unsur Tokoh Masyarakat dengan memberi dukungan sarana administrasi berupa komputer ke masing2 Camat.

11. Tgl. 29 Agustus 2003, Pelantikan Pengurus FKMHH (Forum Komunikasi Masyarakat Humbang Hasundutan Jakarta) dengan susunan pengurus sebagai berikut: 

Ketum : Marulam Simamora
Sekum : Gandhi Pakpahan
Bendum : Bantu Manik

12. Tgl 30 Agustus 2003, menghadiri acara syukuran dan Peresmian Kabupaten Humbang Hasundutan di Lapangan Bola Doloksanggul dan Pesta Rakyat dihibur oleh artis-artis Ibukota.

Susunan Lengkap Panitia Kerja Pembentukan Kabupaten Humbang Hasundutan

PENASEHAT :
Koordinator : John DP Simamora
Anggota ;
Ir. Humuntar Lumban Gaol, 
RP Simamora
BrigJen Maniur Pasaribu
Kol Drs. AB. Manalu
Ir. Johan Mulia Sihombing
Drs. Sariaman Simamora
Jhon Pieter Nainggolan
Drs.Djaudi Marbun
MayJen Tulus Sihombing
DM Lumban Gaol
Drs. SH. Banjarnahor
MH Silaban, SH
Drs. Umar Tinambunan
MT. Lumban Gaol, SH
Binsar Siburian

TIM AHLI :
Koordinator ; Drs. Hans Simamora
Anggota ;
Drs. Sahala Lumban Gaol
DR. Thamrin Sihite
DR. Jawali Marbun
Drs. SC. Simamora
Drs. Panusunan Pakpahan
Ir. Sahat Pakpahan
Ir. Suhut Simamora
DR. Jamartumpal LbnGaol
Ir. Hotma Sitohang
Drs. Sahat Manalu
Ir. Nelson Silaban
Ir. Mujur Banjarnahor
Drs. TD. Lumbanbatu, Ak
Drs. L. Purba, Ak
Drs. Sahala Silaban
Marusaha Lumban Gaol
Apul D. Maharaja
Ir. Mawardi Silaban

PENGURUS HARIAN 
Ketua Umum : Marulam Simamora
Ketua I : Harry Siregar
Ketua II : Freddy Situmorang
Ketua III : Sahat Silaban

Sekum : Gandhi Pakpahan
Sekretaris I : Morgan Lbn Batu
Sekretaris II : Hotman Simamora

Bendum : Bantu Manik
Bendahara : Thony Pasaribu

KOORDINATOR KECAMATAN :
Bakti Raja : Puasa Banjarnahor
DSanggul : M.Djamaslin Simamora
L.Nihuta : Rotua Lumban Toruan
O.Ganjang : Muliater Banjarnahor
Pakkat : Marden Marbun
Paranginan : Lontas Siregar
Parlilitan : Benny Simanullang
Pollung : Sahala Lumban Gaol
SiJamaPolang: Biltom Simamora

SEKSI-SEKSI 

Hubungan Legislatif;
Anton J Lumban Gaol
Hot Asi Simamora
Charles Lumban Toruan

Hubungan Eksekutif;
M Simamora
Gerson Manalu
Drs. Ramses Lumban Batu
Drs. Makmur Marbun

Humas/Publikasi;
Jeffri M Simamora
Gundar Banjarnahor
Edward Malau
Marulim Munthe
Maruli Silaban
Pestamen Situmorang

Dana;
Panal Banjarnahor
Tonggo Aritonang
Charly Situmorang
Mombang Sihite
Bernard Nainggolan
Asal Sianturi
Lourens Siburian
Hotman Simbolon
Elon M Lumban Gaol
Artha Simamora
Walter Lumban Gaol
Mangolo Purba
Matio Sihombing
Belkio Marbun
Theodorus Marbun 
Mangasa Banjarnahor
Jolly Simamora
Drs. Sitinjak

Koord. ANTAR DAERAH
Togar Sihite
Aduhot Simamora
Henry Simamora
Yusuf Sihite
Stefanus Manullang.

Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 11 Juli 2002
Ketum : Marulam Simamora
Sekum : Gandhi Pakpahan

Panitia Kerja ini berakhirnya penugasannya pada saat peresmian Kabupaten Humbang Hasundutan dan membentuk Wadah baru yang disebut FKMHH, yang kehadirannya diprogram untuk.menjadi Mitra Pemda utk masa-masa selanjutnya.


4.FKMHH (Forum Komunikasi Masyarakat Humbang Hasundutan Jakarta)

Dideklarasikan di Jakarta pada tanggal 28 Juni 2003 dan disahkan dan di lantik di Doloksanggul pada tanggal 29 Agutus 2003.
Dengan susunan pengurus sebagai berikut:

Penasehat : John DP Simamora
Ketum : Marulam Simamora
Sekum : Gandhi Pakpahan
Bendum : Bantu Manik

Bentuk tanggung jawab moral masyarakat parserahan atas terbentuknya Kabupaten Humbang Hasundutan, dipandang perlu untuk membentuk satu wadah yang representatif  yang mampu untuk mendukung program-program pembangunan di Bona Pasogit.

Kegiatan yang sudah dan pernah dilakukan antara lain :

1. Pada tanggal 28 Februari 2004, di Gd. Situmorang Doloksanggul diselenggarakan Acara Sambung Rasa dengan seluruh Pimpinan Partai Politik, unsur Muspida, Camat, Para Tokoh Masyarakat, Pj. Bupati.

Dalam rangka mengantisipasi pest demokrasi Pemilu Legislatif, seluruh Pimpinan Partai Politik disaksikan oleh semua undangan bersepakat untuk.menjaga persatuan dan kesatuan di Humbahas. Dan pada kesempatan tersebut, FKMHH memberi tali asih berupa dana kepada seluruh pimpinan partai politik.

2. Pada tanggal 28 Juli 2004 menghadiri ulang tahun yang pertama Kabupaten Humbang Hasundutan, sekaligus acara syukuran atas berlangsungnya dengan baik pelaksanaan Pemilu Legislatif di Humbang Hasundutan.

3. Aktif mengunjungi seluruh Kecamatan dan beberapa desa, mengadakan sosialisasi tentang keberadaan dan prospek Kabupaten Humbahas ke depan dengan materi "HUMBANG HASUNDUTAN MENYONGSONG HARI DEPAN YANG LEBIH BAIK"

4. Dalam rangka persiapan Pilkada Langsung yang pertama tahun 2005, FKMHH mencoba membuat kajian dan melakukan survey dan deteksi soal figur putra/i Humbahas yang akan memimpin Humbahas, ada ratusan nama yang masuk dan dievaluasi. Semua potensi dengan latar belakang yang beragam.

Hasil evaluasi dan pendalaman FKMHH pada saat itu, menempatkan Marulam Simamora, selaku Ketua Panitia Kerja dan Drs Maddin Sihombing, selaku Sekda Dairi pada peringkat teratas.
Setelah pembahasan selesai, diutus Tim sdr. Gandhi Pakpahan dan sdr. Bantu Manik ke Sidikalang untuk ketemu dengan amang Drs. Maddin Sihombing.

Tugas utama tim adalah memfasiltasi pertemuan kedua kandidat sekedar sharing soal Pilkada Langsung, yang menjadi pertimbangan tim pada saat itu adalah supaya jangan terjadi benturan yg berujung pada ketidak stabilan di Humbahas.

Upaya tim kandas karena masing-masing pihak berkeinginan keras maju dan berkompetisi dengan sehat melalui dukungan partai masing-masing.

FKMHH berada pada dua sisi dengan majunya dua kandidat yang diunggulkan. Pilkada Pertama (tahun 2005) akhirnya dimenangkan  Drs. Maddin Sihombing/ Drs. Marganti Manullang.

Demikian juga dengan Pilkada kedua (tahun 2010) dimenangkan kembali oleh Bpk Drs. Maddin Sihombing/ Drs. Marganti Manullang.

Tim dari FKMHH sebagai Penanggung Jawab Operasional Program adalah :

1.Gandhi Pakpahan
2.Bantu Manik
3.Thony Pasaribu
4.Aduhot Simamora
5.Charles Sihombing
6.Freddy Pam Situmorang
7.Jeffri M Simamora
8.Djalan Sihombing
9.Morgan Lumban Batu.

Demikian sekilas benang merah yg terangkum dalam cita cita luhur seluruh masyarakat parserahan, yang tidak pernah surut untuk memberikan sumbangsih yang tulus demi kemajuan Kabupaten Humbang Hasundutan.(***)
  BeritaTerkait
  • Pembangunan Proyek PLTM Aek Silang 2 Kapasitas 2x5 MW Resmi Dimulai

    11 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak) :Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kehadiran investor untuk berinvestasi di Kecamatan Baktiraja. Rencana pembangunan PLTM Aek Silang II ini merupakan sinkronisasi rencana pro

  • Ini Nama-nama Pemenang Jambore Kader PKK Kabupaten Humbahas

    10 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak):Gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang b

  • Bishop GKPI Resmikan Koordinasi Wilayah VII untuk Dukung Perayaan Natal Nasional di Doloksanggul

    10 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bishop GKPI (Gereja Kristen Protestan Indonesia) Pdt Oloan Pasaribu MTh meresmikan wilayah VII yang meliputi Humbang Hasundutan - Tobasa – Samosir, dan sekaligus m

  • Natal Nasional di Humbahas, 1.000 Sertifikat Tanah Diberikan Kepada Warga di Sumut

    8 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak) :Menteri Koordinator Kemaritiman RI Jend TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan didampingi Gubsu HT Erry Nuradi menyerahkan seribu sertifikat tanah

  • Bupati Humbahas Canangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke 14 dan HKG PKK ke 45

    20 jam lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat/BBGRM ke 14 tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Hari Kesatuan Gerak/HKG PKK ke 45, Senin 21 Agustus 2017 dicanangkan oleh Bupati

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online