• Home
  • News
  • Wartawan di Tobasa Demo Tuntut Keterbukaan Informasi
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 05 Desember 2018 21:42:00

Wartawan di Tobasa Demo Tuntut Keterbukaan Informasi

BAGIKAN:
Maria | PelitaBatak

Pelita Batak (Toba Samosir):

Sejumlah wartawan yang bertugas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatra Utara tergabung Aksi Solidaritas Wartawan berunjuk rasa menuntut keterbukaan informasi dari Pemkab Tobasa dan DPRD. Demo digelar di Kantor Bupati dan DPRD Tobasa, Balige, Rabu (5/12/2018).

Koordinator aksi, Tambos Hutagaol dalam orasinya mengatakan bahwa saat ini keterbukaan informasi di lingkungan pemerintah daerah sangat sulit didapat, sehingga sangat menghambat kinerja para wartawan dalam pembuatan berita.

"Entah doktrin apa dari Bupati Tobasa sehingga seluruh informasi dari pemerintahan Darwin Siagian dan Hulman Sitorus selalu tertutup, membuat jurnalis kesulitan dalam pemberitaan," ujar Tambos Hutagaol.

Dia mengatakan, sulitnya mendapat informasi dari pimpinan SKPD dan kehumasan untuk keperluan pemberitaan.

"Tobasa Hebat apa artinya, tolak ukurnya apa, tolong semua harus dijawab," ucapnya.

Senada disampaikan Denni Hutagaol, peserta pengunjuk rasa lainnya. Katanya, saat ini Tobasa dalam kondisi prihatin, di mana kehidupan rakyat sangat kritis namun Pemkab Tobasa terkesan diam dan terlena dengan rapat.

"Pemerintah tolong pikirkan bagaimana nasib rakyat saat ini yang kondisi cukup prihatin. Gas elpiji sulit dan harga membumbung tinggi. Pemerintah jangan hanya rapat melulu, lakukan aksi turun, sikapi nasib warga," ucapnya.

Aksi yang menuntut jawaban dari Bupati Tobasa secara langsung namun karena tugas luar sehingga hanya bisa diterima Kadis Kominfo, Lalo Hartono Simanjuntak, didampingi Kaban Kesbang Jhon Maurit Siagian, Kadis Pol PP Tito Siahaan dan Kabag Humas Robinson Siagian. Mereka hanya bisa menjawab bahwa seluruh aspirasi akan disampaikan kepada pimpinannya untuk ditindak lanjuti.

Sebelum ke kantor bupati, massa yang datang dengan iring iringan kendaraan dari Jembatan Juara Monang juga demo ke Kantor DPRD. Maria Sitorus dalam orasinya menyampaikan selama ini wartawan tidak pernah mengetahui kemana wakil rakyat pergi apabila tidak masuk kerja.

Selain itu para pendemo juga meminta agar Sekretaris Dewan DPRD Tobasa meminta agar pemerintah Kabupaten Toba Samosir menertibkan ASN nakal dan kurang disiplin. 

"Ganti sekwan Tobasa," ujar orator Desi Gultom. (Maria) 

  BeritaTerkait
  • Pahitnya Kehidupan Antarkan DL Sitorus 'Rebut' Kesempatan Hidup

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Ternyata kisah hidup yang pahit semasa kecil yang menempah DL Sitorus atau pemilik nama lengkap Darianus Lungguk memaksanya untuk merebut kehidupan yang sukses itu baginya. Bukan

  • Kronologi Tersendiri Penganiayaan Sebastian Hutabarat di TKP, Tempat Diskusi dan Minum Kopi

    tahun lalu

    08:15-08:20 Sepeninggal JM, SH ditarik kembali ke tempat diskusi dan minum kopi mereka sebelumnya. JS dan anggotanya mulai memaki-maki dan memukuli SH. Berkali kali Jautir menyebut siapa dirinya, dan

  • Doa dan Harapanku: Sang Bupati Darwin Siagian - Wakil Hulman Sitorus Buat Masyarakat Tobasa

    4 bulan lalu

    Oleh: Maria Sirorus Tidak banyak yang ingin saya ceritakan pada para pembaca, ketika saya menulis artikel ini. Tapi ingin kuceritakan  tentang bupati kami Ir Darwin Siagian dan wakilnya Hulman S

  • Pomparan Simamora Debataraja Sepakat Lestarikan Budaya dalam Ikatan Kekeluargaan

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Seminar Nasional Pomparan Simamora Debataraja berjalan sukses dengan sejumlah kesepatakan untuk menjalin ikatan kekeluargaan dan melestarikan budaya serta sejarah untuk masa yang

  • Segera Daftar Sebagai Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Sumut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pemerintah Provinsi Sumatera Utara membuka pendaftaran calon anggota Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara Periode 2016-2020. Proses rekrutmen anggota KIP Sumut tahun 2016-2020 dilaksanakan oleh Tim Seleksi Calon Anggota Komisi In

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb