• Home
  • News
  • Warga Medan Diajak Hadiri Gebyar Kemerdekaan di Lapangan Merdeka
Selasa, 09 Agustus 2016 16:00:00

Warga Medan Diajak Hadiri Gebyar Kemerdekaan di Lapangan Merdeka

BAGIKAN:
Medan (Pelita Batak)
Dalam rangka Gebyar Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-426 Kota Medan, Pemko Medan tidak hanya menggelar  lomba lari marathon berlevel nasional Medan 5 dan 10 K, serangkaian kegiatan menarik lainnya. Ada senam massal, sepeda santai (fun bike) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo SH beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan. Donor darah, serta pemeriksaan jantung dan gigi gratis.
 
Di samping itu digelar Car Free Day, pameran produk unggulan UMKM Kota Medan, penandatanganan spanduk “Bebas Narkoba” yang dipelopori Mendagri dengan mengangkat tema, “Medan Rumah Kita, Kota Bebas Narkoba”. Lalu lomba mewarnai tingkat PAUD, pertunjukan komunitas BMX, skateboard, juggling bola dan sepeda ontel. 
 
Demikian terungkap dalam rapat yang dipimpin Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Senin (8/8/2016) malam. Rapat yang turut dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis, pimpinan SKPD dan camat ini dilakukan untuk merampungkan persiapan akhir perhelatan Gebyar Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-426 Kota Medan yang akan digealr di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (14/8).
 
Di samping kegiatan tersebut, Pemko Medan juga mengundang grup band papan atas asal ibukota Jakarta, Nidji Band untuk menghibur seluruh pengunjung yang ditaksir akan mencapai 17.000 orang. Kemudian sejumlah hadiah menarik juga disediakan bagi warga yang beruntung melalui lucky draw. Tidak itu saja, Pemko Medan menyediakan sarapan,  jajanan pasar, makanan khas daerah  serta aneka rebusan (kacang, pisang dan jagung) secara gratis.
 
Eldin minta kegiatan ini dibuat dengan sebaik-baiknya. "Saya tidak mau kegiatan ini seremonial belaka. Harus berjalan dengan baik dan penuh makna. Saya mau kegiatan ini menjadi kebangaan bagi kita selain. Selain menyambut hari kemerdekaan, kegiatan yang kita gelar ini juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-426 Kota Medan. Jadi bekerjalah dengan maksimal dan penuh rasa tanggung jawab sehingga kegiatan ini benar-benar penuh makna," kata Wali Kota.
 
Apalagi bilang Wali Kota, Mendagri akan menghadiri kegiatan ini, termasuk Wali Kota Ipoh, Malaysia. Khusus untuk Wali Kota Ipoh, Eldin mengatakan kehadirannya  terkait ketertarikan dengan pelaksanaan Car Free Day yang selama ini digelar Pemko Medan. Oleh karenanya Wali Kota Ipoh ingin melihat pelaksanaan Car Free Day untuk selanjutnya diterapkan di Ipoh nantinya.
 
Selanjutnya Wali Kota tak lupa mengajak warga Kota Medan untuk beramai-ramai menghadiri dan mengikuti rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan, termasuk seluruh pegawai di lingkungan Pemko Medan. "Selain masyarakat, saya juga mengajak seluruh pegawai di lingkungan Pemko Medan untuk hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan. Bawa juga anggota keluarga masing-masing, mari kita meriahkan kegiatan ini," ajaknya.
 
Untuk menggaungkan kegiatan ini guna mengajak masyarakat hadir, Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi mengingatkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Medan untuk memasang spanduk-spanduk di sejumlah titik strategis. "Melalui spanduk –spanduk tersebut, mari kita ajak masyarakat untuk terlibat dan berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujar Akhyar.
 
Kemudian Akhyar minta kepada Dinas Kebersihan agar mempersiapkan tempat sampah di sejumlah titik. Hal ini penting dilakukan agar masyarakat yang datang nanti tidak membuang sampah sembarangan. "Melalui kegiatan ini, kita juga ingin mengajak masyarakat untuk tetap peduli dengan kebersihan," ungkapnya.
 
Gebyar kemerdekaan dan Hari Jadi Kota Medan ini rencananya akan dimulai pukul 06.00 WIB. Acara diawali dengan pelepasan lomba marathon bertajuk Medan 5 dan 10 K yang diperkirakan diikuti sekitar 2.000 peserta. Setelah itu dilanjutkan dengan senam massal yang akan diikuti sekitar 7.000 peserta  berasal dari masyarakat PNS, pelajar dan warga Kota Medan. Kemudian diikuti dengan fun bike bersama Mendagri dan unsur FKPD Sumut dan Kota Medan.
 
Di sela-sela kegiatan ini, Car Free Day tetap berjalan. Sementara itu di Pendopo Lapangan akan dipenuhi sekitar 500 anak dari PAUD yang akan mengikuti lomba mewarnai. Selain pendaftaran gratis, juga disediakan  tempat melukis dan masing-masing anak yang mengikuti lomba mewarnai ini akan mendapatkan godle bag.
 
Bersamaan itu para komunitas yang ada di Kota Medan seperti komunitas BMX,  skateboard, juggling bola dan sepeda ontel pun akan unjuk kebolehan dengan atraksi-atraksi mereka yang sangat atraktif dan menghibur. Selesai Mendagri dan unsur FKPD  fun bike, dilanjutkan dengan penandatangan  spanduk Bebas Narkoba.
 
Sambil menunggu pembagian hadiah melalui lucky draw, masyarakat bisa menikmati sarapan pagi dan snack seraya meyaksikan penampilan Nidji Band, Dynamic Band dari Medan serta tarian multi etnis yang menggambarkan Kota Medan sebagai miniaturnya Indonesia. (TAp)
                
  BeritaTerkait
  • Pemko Medan Minta Maaf Kepada Warga

    tahun lalu

    Selain menggelar lomba lari marathon berlevel nasional Medan 5 dan 10 K, Gebyar Kemerdekaan juga diisi dengan Car Free Day, senam massal, sepeda santai (fun bike) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo SH beserta unsur F

  • Daftar Segera, Pemko Medan Gelar Medan 10 K

    tahun lalu

    Pemko Medan akan menggelar lari marathon bertajuk Medan 10 K. Perlombaan lari jarak jauh ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia. Event yang menyediakan hadiah total sebesar Rp.140 juta itu terbuka untuk umum

  • Jadikan Hari Kemerdekaan Momentum Lakukan Perubahan

    tahun lalu

    Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  mengajak seluruh masyarakat Kota Medan agar memaknai Hari Kemerdekaan ini sebagai momentum  untuk bisa mengembangkan diri sekaligus melakukan perubahan menuju ke arah yang lbs baik lagi dalam rangka m

  • Karnaval Budaya & Kenderaan Antik Kota Medan Berjalan Sukses

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak)Pemko Medan menggelar Karnaval Budaya dan Kenderaan Antik di Jalan Pulau Penang (Lapangan Merdeka Medan), Sabtu (27/8/2016). Selain untuk mmeriahkan Hari Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia, even ini dilaksanakan dalam rangka mendoro

  • Ini Makna Pemberian Wayang Kulit untuk Gubernur Sumut

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir H Tengku Erry Nuradi, MSi mengatakan tingginya kultur adat budaya di Sumatera Utara (Sumut) yang penuh dengan keanekaragaman, masyarakat umumnya dan khususnya

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online