• Home
  • News
  • Warga Kebanjiran, Kota Medan Malah Raih Penghargaan Kota "Terbaik"
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 22 September 2016 22:43:00

Warga Kebanjiran, Kota Medan Malah Raih Penghargaan Kota "Terbaik"

BAGIKAN:
Jakara (Pelita Batak) :

Aneh, saat ratusan rumah dan ribuan warga Kota Medan Kota Medan terendam banjir, ruas jalan inti kota tergenang saat hujan, Wali Kota Medan justru berhasil menyabet 3 kategori penghargaan di acara Indonesia’s Artactiveness Award 2016 di Ballroom 2 Hotel  Mulia  Senayan Jalan Asia Afrika  Jakarta, Kamis (22/9/2016). Penghargaan ini diberikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo diwakili Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara kepada Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi.

Ketiga kategori itu meliputi Kota Terbaik, Kota Terbaik Kategori Investasi serta Kota Terbaik Per Koridor MP3EI. Penilaian Indonesia Attractiveness Indeksi ( IAI) ini dalakukan terhadap kabupaten/kota yang lolos nominasi dengan 3 indikator yakni kontribusi PDRB terhadap PDRB Provinsi diatas 25% atau PDRB diatas rata-rata PDRB Koidor MP3Ei.

Kemudian pertumbuhan PDRB lebih besar dari rata-rata pertumbuhan koridor MP3EI atau PDRB Per Kapita lebih besar dari ata-rata PDRB Per Kapita Koridor MP3EI. Serta kabupaten/kota yang tidak lolos indicator pertama dan kedua ttapi mndapatkan penghargaan IAA tahun 2015. Dari ketga kriteria tersebut, terdapat 99 kabupaten dan 33 kota yang lolos nominsi, termasuk Kota Medan (total 137 kabupten/kota).palagi ini

Selain itu pngukuran IAI 2016 ini juga menggunakan empat dimensi yakni investasi, pelayanan publik, infrastruktur dan pariwisata. Seluruhdimensi penilaian dilakukan berdasarkan data sekunder  dan data primer, kecuali pelayanan public yang dinilai bedasarkan data primer.Sedangkan data sekunder untuk dimensi investasi, infrastruktur dan pariwisata berasal dari berbagai instansi seperti BKPM, BPS, Bank Indoensia dan kementrian-kementrian. kota

Sementara itu untuk pengumpulan data primer dilakukan dengan cara Mystery Calling terhadap 12 institusi di masing-masing kabupaten dan kota. Diharapkan melalui event dapat meningkatkan kesadaran kepla daerah akan pentingnya menjadikan daerah mereka sebgai tujuan investasi pembangunan dan pembngunan daerah.

Lalu memberikan inspirasi kepada kepala daerah untuk membangun strategi-stratgi yang lebih terarah dan jela dimasa depan. Serta memberikan informasi kepda investor thadap kesmepatan bisnis untuk investasi-investasi di daerah potensia di Indonsis.

Itu sebabnya Menteri Kominfo sangat mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya Indonesia’s  Attractiveness Award 2016 yang diselenggarakan Tempo Media Group bekerjasama dengan Frontier Consulting Group ini. Sebab, kegiatan ini mendukung program pmerintah dalam upaya mendorong peningkatan investasi.

“Apalagi pemberian pemberian penghargaan  Attractiveness Award 2016 ini mengunakan empat dimensi yaitu investasi, infrastruktur,  pelayanan publik dan pariwisata. Kita harapkan event ini mampu mendorong untuk berkompetisi dengan era global saat ini,” kata Rudiantara.

Selanjutnya, Rudiantara menambahkan pemenang Indonesia’s Attractiveness Award 2016 ini karena APBD-nya memiliki ruang fiscal  yang cukup baik sehingga pemerintah kabupaten/kota  dapat menarik investor untuk berivestasi. Di samping itu juga tidak terlepas dari sosok kepala daearahnya yang memiliki jiwa leadership.

Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengaku sangat bangga atas keberhasilan yang diraih Kota Medan ini. Apalagi penghargaan ini mrupakan gawean dari Tempo Media Group dan dan lembaga survei yang sudah tak diragukan lagi kredibiltasnya yakni Frontier Consulting  Group. Ditambah lagi untuk kategori  Kota Terbaik, Kota Medan menempati peringkat ketiga  dengan indeks 88,17 sehingga mendapatkan kriteria platinum  di bawah Kota Bandung ( 92,00) dan Kota Surabaya (89,85).

Begitu juga untuk kategori Kota Terbaik Kategori Investasi bilang Eldin, Kota Medan juga menempati peringkat ketiga dengan indeks 90,65 di bawah Kota Bandung (91,70) dan Kota Surabaya (90,65). Menurut Eldin, penghargaan ini tentunya semakin memotivasi seluruh jajaran Pemko Medan untuk bekerja lebih lebih keras dan baik lagi dalam rangka menjadikan Koa Medan lebih baik lagi ke depannya.

Menyangkut  investasi, Eldin mengaku terus berupaya menarik para investor untuk berinvestasi di Kota Medan. “Selain menjalin kerjasama dengan sejumlah negara yang tertarik menawarkan kerjasama, kita juga menjalin hubungan sister city seperti dengan Kota Gwangju (Korea), Ichikawa (Jepang), Chengdu (Cina) dan Penang (Malaysia). Selain itu juga melakukan penandatanganan MoU dengan sejumlah kota di Indoensia,” jelas Eldin.

Tidak itu saja kata Eldin, Pemko Medan juga memberikan insenif bagi para investor yang ingin berinvestasi dnegan memberikan kemudahan segala pengurusan perizinan. Kemudian terus memperbaiki infrastruktur jalan serta peningkatan kualitas pelayanan . ”Semoga dengan upaya yang kita lakukan ini, semakin banyak investor yang berinvestasi di kota yag kita cintai ini,” harapnya.

Selanjutnya mantan Wakil  Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini mendediksikan penghargaan ini kepada ssleuruh warga Kota Medan. “Keberhasilan yang kita raih mala mini tidak terlepas berkt dukungan seluruh warga kota Medan, Untuk itu penghargaan ii saya dediaksikan untukseluruh warga Kota Medan,” ujarnya.

Untuk kategori Kota Terbaik Per Koridor MP3EI, penghargaan kepada Wali Kota Medan diserahkan lansung Menteri Kominfo. Sedangkan untuk kategori Kota Terbaik, penghargaan yang diterima Eldin diserahkan Meneri Pendayagunaan Apratur Negara, Asman Abnur. Semenara iu penyerahan penghragaan Kota Terbaik Kaegori Invesasi dilakukan oleh CEO Frontier Consulting Group,  Handi Irawan D.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Kota Medan Raih Piala WTN Empat Kali Berturut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Kategori Lalu Lintas untuk Kota Metropolitan dari Menteri Perhubungan Repub

  • Kwarcab Pramuka Medan Raih Penghargaan

    3 tahun lalu

    Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhiyaksa Dault, memberikan penghargaan berupa anugerah medali melati kepada Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Medan. Ini merupakan penghargaan paling bergengsi. Pasalnya dari 514 Kwarcab se-Indon

  • Wali Kota Medan Kembali Raih Award TPID Inovatif

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si menerima penghargaan sebagai Kota Inovatif Tahun 2017. Penghargaan ini diberikan karena ibukota provinsi Sumatera Utara ini dinil

  • Dzulmi Eldin Raih Penghargaan Indonesia Visionary Leader

    6 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M Si MH kembali mendapatkan penghargaan. Orang nomor satu di Pemko Medan dinilai sebagai salah satu kepala daerah di Indonesia yang vision

  • Eldin Berharap Medan Kembali Raih Predikat Kota Paling Mempesona

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH  sangat mengapresiasi dengan ditunjuknya Kota  Medan sebagai kota pembuka pelaksanaan Festival Pesona Lokal (FPL) 2019 pada

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb