• Home
  • News
  • Wakil Bupati Cory Sebayang Panen Bawang Merah Komoditi Probolinggo di Karo
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 29 Juni 2016 20:24:00

Wakil Bupati Cory Sebayang Panen Bawang Merah Komoditi Probolinggo di Karo

BAGIKAN:
Ist
Wakil Bupati Karo bersama petani panen bawang komoditi Probolinggo di simpang desa Kutambaru kecamatan Tiganderket Selasa 28 Juni 2016

Tanah Karo (Pelita Batak): Bawang merah komoditi Probolinggo berhasil dipanen di Simpang Kutambaru Desa Tiganderket Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo Selasa 28 Juni 2016. Hadir dalam panen bawang merah tersebut wakil bupati Karo Cory Sebayang, sekdakab Karo Saberina, Kepala Bappeluh, Plt Kadis Pertanian dan Perkebunan Munar Ginting dan Muspika Kecamatan Tiganderket.

Dalam arahannya Corry Sebayang menyatakan rasa bangganya atas panen bawang merah petani. Hasil panen bawang para petani dinilai sudah bagus dan berhasil.

Ia memaparkan bahwa tanaman bawang masih baru dibudayakan di Kecamatan Tiganderket yang sebelumnya kecamatan Tiganderket dikenal dengan tanaman lain seperti cabe, tomat dan tanaman lainnya.

Namun karena erupsi Sinabung, debu vulkanik mengakibatkan tanaman cabe dan tomat gampang rusak, sedangkan tanaman bawang tahan terhadap debu Sinabung dan perubahan cuaca.

Corry berharap, petani yang tergabung dalam kelompok tani agar tetap kompak mempertahankan keberhasilan panen bawang kali ini dan harus punya strategi dalam menghadapi pasar. "Para petani juga harus bisa melihat peluang bisnis yang ada di pasar jika ingin maju. Dengan demikian para petani akan tahu kapan mulai menanam dan memanen hasil pertaniannya sehingga hasil pertaniannya memiliki nilai jual yang tinggi” ujar Corry.

Plt Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Karo Munarta Ginting dalam laporannya mengatakan petani dan pemerintah harus bisa bekerja sama dalam membangun pertanian di daerah dengan segala kekurangan yang ada. Meskipun bencana Sinabung hingga kini belum usai, pemerintah tentunya akan berusaha membantu para petani yang terkena erupsi Gunung Sinabung untuk bangkit.

Dana yang ditampung memang terbatas, namun Pemda setiap tahun berusaha menyalurkan bibit bagi petani seperti bantuan berupa bibit bawang yang diberikan kepada para petani bawang di Kecamatan Tiganderket. Kedepannya diharapkan semakin banyak petani yang tergabung dalam kelompok tani sehingga bantuan berupa bibit dapat disalurkan kepada kelompok tani tersebut.(R4)

  BeritaTerkait
  • Gubsu Erry: Tahun Depan Kita Siapkan 100 Ha Lahan Bawang

    3 tahun lalu

    Karo (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir HT Erry Nuradi, MSi mengatakan Pemerintah Provinsi bersama Kementerian Pertanian akan menyiapkan lahan 100 hektare untuk menanam bawang di daerah ini. Sentra bawang di Sumut terdapat di daerah Karo

  • Sumut Berpotensi Ekspor Pangan

    12 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Anggota DPD RI Sumut Parlindungan Purba mengatakan bahwa Sumut memiliki potensi sebagai daerah pengekspor pangan nasional karena memiliki lahan yang cukup tersedia dan banyak ko

  • Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang Canangkan Bulan Bhakti TNI, KB dan Kesehatan

    3 tahun lalu

    Kabanjahe (Pelita Batak): Pencanangan Bulan Bhakti TNI, KB dan Kesehatan Kabupaten Karo tahun anggaran 2016 dilaksanakan di Makodim 0205/TK Berastagi, ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupa

  • Pengungsi Sinabung Tuntut Hak, Wabub Janji Dua Hari Dicairkan

    3 tahun lalu

    Ratusan warga Desa Guru Kinayan mendatangi Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kantor Bupati Karo, Selasa (23/8/2016). Sebelumnya kantor ini juga didatangi pengungsi Sinabung asal Desa Berastepu. Warga hadir disana, guna menuntut pemba

  • Pemkab Karo dan Ikatan Cendikiawan Sumut Bahas Percepatan Penanganan Pengungsi Sinabung

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :<br></br> Pemerintah Kabupaten Karo dan Ikatan Cendikiawan Sumatera Utara menggelar "Runggu Percepatan Penanganan Pengungsi Sinabung dan Daerah Terdampak Erupsi Gunung Sinabung" di Medan Club, Sabtu (8/10/2016)

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb