• Home
  • News
  • Wagubsu Apresiasi Lomba Kebersihan Antar Desa Pinggiran Danau Toba
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 17 Agustus 2017 08:46:00

Wagubsu Apresiasi Lomba Kebersihan Antar Desa Pinggiran Danau Toba

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Wagub Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaung saat menerima rombongan panitia lomba
Medan (Pelita Batak):
Wakil Gubernur Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaung mengapresiasi pelaksnaan lomba kebersihan dan keindahan antar desa pinggiran danau Toba yang berlangsung sejak 2016 yang lalu. Gerakan sadar kebersihan oleh masyarakat dinilai masih sangat perlu dilakukan untuk menunjang program pariwisata di kawasan itu.

Sebagaimana disampaikan Nurhajizah ketika menerima audiensi Panitia Lomba yang dipimpin oleh Dr RE Nainggolan MM, bersama Rektor Unita Adriani Siahaan, Kordinator Kemanusiaan YSKI drg Annita, Ketua Panitia Jadi Pane, Sekretaris panitia Hottua Samosir, Wakil Ketua PWI Wilfrid Sinaga, Pdt Indra Hutauruk, mewakili PelitaBatak.com Adol Frian Rumaijuk, mewakili RRI dan yang lainnya di ruang kerja Wagub Sumut, Rabu (16/8/2017).

"Sangat bagus program seperti ini, kami sangat berterimakasih," ujarnya.



Sebelumnya, Dr RE Nainggolan menjelaskan program lomba antar desa ini diinisiasi oleh sejumlah sahabat yang peduli terhadap kawasan Danau Toba. Tujuannya untuk mendukung program pemerintah dengan menggerakkan masyarakat untuk terlibat.

Lomba berlansung sejak Juni 2016, dan pengumuman dilakukan bertahap. Untuk tahap awal, dilakukan pada Februari 2017. Selanjutnya akan dilakukan pengumuman final pada 29 Agustus 2017 yang akan mendatang.

"Pengumuman akan dilaksanakan di Desa Lumban Gaol, Toba Samosir," ujarnya.

Diharapkannya, Wagub Sumut akan hadir dan turut menyemarakkan semangat pada pemberian hadiah nantinya.

"Kami melihat, dalam penilaian selama setahun belum memberikan dampak yang signifikan di daerah. Untuk itu, kami harapkan kiranya lomba yang sama bisa dilakukan setiap tahunnya oleh pemerintah provinsi ke depan," harap RE Nainggolan.

Disampaikan Sekretaris Panitia, Hottua Samosir MSi, dari 214 desa di tujuh kabupaten sekawasan Danau Toba ada 19 desa yang memenuhi kriteria penilaian.

Disampaikan Hottua, di Kabupaten Samosir; Desa Ambarita, Desa Unjur, Desa Martoba. Kabupaten Toba Samosir; Desa Lumban gaol, Desa Parparean II, Desa Meat. Kabupaten Tapanuli Utara; Desa Sibaganding, Desa Sampuran, Desa Lontung. Kabupaten Humbahas; Desa Simamora, Desa Sinambela, Desa Tipang. Kabupaten Dairi; Desa Silalahi I, Desa Silalahi II, Desa Silalahi III, Kabupaten Karo; Desa Tongging. Dan Kabupaten Simalungun; Desa Tigaras, Desa Sibaganding, Desa Sihalpe.

Dari desa tersebut, akan ada pemenang utama yang akan mendapat hadiah utama. Kegiatan ini terselenggara atas prakarsa dan dukungan RE Foundation, Universitas Tapanuli Utara (Unita), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), RRI, Lite FM, Kardopa group, PelitaBatak.com, Horas Halak Hita (H3) serta PT Inalum.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Dr RE Nainggolan: 'Poda Na Lima' Adalah Budaya Orang Beriman

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Panitia Lomba Kebersihan Antar Desa Pinggiran Danau Toba akan melakukan penilaian tahap pertama di akhir tahun 2016. Tim penilai akan melakukan survey ke setiap desa yang ada di bibir pantai kawasan Danau Toba, dari tujuh kabupaten.

  • Lomba Kebersihan Desa di Danau Toba Masuki Tahap Akhir

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Setelah sebelumnya pada bulan Februari 2017 yang lalu dilaksanakan penilaian lomba kebersihan, keindahan, dan kerapian antar Desa di pinggiran Danau Toba tahap pertama, lomba ter

  • Bupati Tobasa Apresiasi Lomba Kebersihan dan Keindahan Antar Desa Pinggiran Danau Toba

    tahun lalu

    Balige (Pelita Batak):Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ajakan sadar wisata bagi warga. Sebagaimana yang dilakukan Panitia Lomba Kebersihan dan K

  • Wagub Sumut Dorong dan Upayakan Kawasan Danau Toba Menjadi Geopark Dunia

    tahun lalu

    Balige (Pelita Batak) :Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Dr Nurhajizah Marpaung menyebutkan, dengan ditetapkannya kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis nasional parawisata masya

  • Warga Desa Tambunan Lumban Gaol Serahkan Lahan untuk Pariwisata di Tobasa

    tahun lalu

    Balige (Pelita Batak) :Warga Desa Tambunan Lumbangaol melalui Kades Edward Tambunan   menyerahkan sebidang pantai pasir putih kepada Pemkab Toba Samosir, untuk dikelola dan dikembangkan menj

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb