• Home
  • News
  • Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54 di Medan
KSP Makmur Mandiri
Senin, 19 November 2018 17:21:00

Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54 di Medan

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Pelaksanaan upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54 tahun 2018 berlangsung tertib dan penuh khidmat di halaman depan Balai Kota Medan, Senin (19/11). Meski hujan mengguyur namun seluruh peserta tetap mengikuti upacara yang dipimpin langsung Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH hingga berakhir.

Upacara dirangkaikan dengan pemberian sejumlah penghargaan. Selain menyerahkan piagam penghargaan kategori Dokter Teladan dan Puskesman Berprestasi, Wali Kota juga memberikan sertifikat kepada rumah sakit, perusahaan serta pemenang lomba yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional tersebut.

Untuk kategori Dokter Teladan Nasional, piagam penghargaan diberikan Wali kota kepada Dr Jusup Paska Ginting. Sedangkan kategori Puskesmas Berprestasi, Wali Kota memberikan kepada Puskesmas Sentosa Baru. Selanjutnya Wali Kota memberikan sertifikat kepada Rumah Sakit Murni Teguh, Rumah Sakit Siloam dan Rumah Sakit Royal Prima.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada dua perusahaan yakni PT Sinar Deli Lestari Indah dan Bank Sumut. Sedangkan untuk pemenang lomba, Wali Kota memberikan penghargaan kepada dua orang jurnalis yakni Triadi Wibowo dari Harian Sumut Pos dan M Daniel Effendi Siregar dari Harian Tribun Medan.

Dalam upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54 yang mengusung tema, "Aku Cinta Sehat", Wali Kota menyampaikan sambutan tertulis Menteri Kesehatan Nasional RI Nila Farid Moeloek. Dikatakan, tema yang diangkat sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Kedua program itu, jelasnya, menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangunan kesehatan. Di samping itu peringatan Hari Kesehatan tahun ini, diharapkan dapat menjadi momentum yang baik bagi semua untuk merenungkan dan intropeksi terhadap apa yang telah dicapai dalam pembangunan kesehatan.

Selanjutnya ungkapnya, GERMAS merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dalam membangun kesadaran, kemamuan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkankualitas hidup dan produksi bangsa. "Jadi pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari diri sendiri. Kemudian keluarga, tatanan masyarakat dan akhirnya seluruh komponen bangsa," ungkap Wali Kota.

Di hadapan Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Ir Wirya Alrahman MM, pimpinan OPD, camat serta pegawai di lingkungan Sekretariat Pemko Medan, Wali Kota tak lupa berpesan kepada seluruhtenaga kesehatan mulai dari tingkat posyandu, pustu, puskesmas, klinik dan rumah sakit agar memberikan pelayanan komprehensif kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Selain itu tegas Wali Kota lagi, petugas kesehatan juga diharapkan  tidak hanya menunggu masyarakat datang untuk berobat, tapi mereka harus rutin untuk turun langsung ke tengah-tengah masyarakat agar lebih mengetahui kondisi dan situasi kesehatan di tingkat lingkungan sekitar. (H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Selamat Jalan Kwarcab Kota Medan Menuju Jamnas X Cibubur

    2 tahun lalu

    "Untuk itu saya minta kepada adik-adik pramuka yang mengikuti Jamnas X tahun 2016 ini, agar terus menjaga kesehatan. Selalin itu perhatikan stamina dan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh suapaya dapat mengikuti kegiatan Jamnas ini sampai selesai.

  • Wali Kota Kukuhkan 42 Anggota Paskibraka Kota Medan

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengukuhkan 42 orang siswa  calon pasukan pengibar bendera (paskibraka) Kota Medan yang akan bertugas untuk mengibarkan dan menur

  • Gubsu Minta Pelaksanaan Germas Jangan Hanya Sebatas Seremoni

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Untuk memfokuskan penanganan kesehatan yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN) bidang kesehatan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi

  • 6 Lokasi Wisata Alam di Tanah Batak

    2 tahun lalu

    Sejumlah lokasi wisata terbaik di Tanah Batak, berikut ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin bepergian bersama keluarga atau teman-teman di sekitar Tanah Batak.

  • Kopi Sidikalang Dipamerkan di MICF 2016

    3 tahun lalu

    Diungkapkan Akhyar, Indonesia merupakan negara terbesar ketiga penghasil kopi di dunia setelah Brazil dan Vietnam dengan produksi rata-rata sebesar 685 ribu ton per-tahun (8,9 %) Dari produksi kopi dunia. Saat ini ada 11 kopi Indonesia yang telah mempunya

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb