• Home
  • News
  • Umat Budha Diajak Jaga Kebhinekaan
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 19 Juni 2019 14:40:00

Umat Budha Diajak Jaga Kebhinekaan

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak seluruh umat Budha di Kota Medan untuk senantiasa menjaga kerukunan hidup umat beragama dan hubungan kekeluargaan di ibukota Provinsi Sumatera Utara yang selama ini sudah terbina dengan baik, sehingga tetap terjaga secara harmonis dan jangan sampai terkoyak.

"Alangkah indahnya kehidupan ini saat kita bisa berkumpul, bermain dan hidup bersama dengan damai tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras maupun berbagai perbedaan lain," kata Wali Kota ketika menghadiri Perayaan Dharmasanti Waisak 2563 BE/2019 di Uniland Plaza Medan, Selasa (18/6) malam.

Sekaitan itulah di momen peringatan  Hari Dharmasanti Waisak, Wali Kota mengajak umat Budha Kota Medan untuk terus mengembangkan hati Budha dan cinta kasih dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi Kota Medan terkenal sebagai kota multikultural yang menjadi cerminan Indonesia mini.

"Saya berharap, saat ini maupun hingga waktu mendatang, situasi Kota Medan akan terus terjaga dengan kondusif. Oleh karena itu, mari sama-sama kita jadikan Kota Medan sebagai contoh kehidupan kota metropolitan multikultural yang aman, damai, dan tentram," harapnya.

Di hadapan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis, Ketua Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Kota Medan Pandita Ernest Chen serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan yang turut hadir dalam perayaan tersebut, Wali Kota kemudian mengungkapkan, suasana kondusif ini juga tercipta tidak terlepas karena warga Kota Medan yang multikultural terkenal sangat toleran dan menghormati perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan yang ada.

Dalam perayaan yang mengusung tema, "Pahami Hati Tapakkan Kesejatian Diri", Wali Kota selanjutnya memaparkan, bagi umat Budha, Hari Raya Dharmasanti Waisak tentulah merupakan hari besar yang penuh dengan makna dan berisi tentang sejarah yang tidak akan mungkin bisa dilupakan.

Oleh karenanya melalui peringatan Dharmasanti Waisak, Wali Kota berharap dapat menjadi salah satu momen bagi semua untuk menitikberatkan pentingnya menjaga kebhinekaan dalam kebersamaan. "Untuk itu umat Budha dan seluruh umat beragama di Tanah Air harus turut menjaga kebhinekaan yang saat ini sedang diuji ketahanannya sebagai akibat berbagai peristiwa politik yang digelar di Tanah Air," harapnya.

Sebelumnya Ketua Walubi Kota Medan Pandita Ernest Chen dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan, khususnya Wali Kota atas terselenggaranya Perayaan Dharmasanti Waisak Kota Medan 2563 BE/2019. Melalui momentum ini, Pandita Ernest mengajak seluruh umat Budha agar membantu Pemko Medan menciptakan serta menjaga keamanan dan kekondusifan di Kota Medan.

"Kami (Walubi) mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan, khususnya Bapak Wali Kota atas terselenggarannya perayaan hari suci yang berlangsung meriah ini. Sebagai bentuk dukungan kami kepada pemerintah, kami siap ikut serta dan berperan untuk senantiasa menjaga khebinekaan dan keharmonisan yang selama ini telah terbina dengan baik selama ini," kata Ernest.

Perayaan Dharmasanti Waisak berjalan  dengan penuh khidmat dan ditandai dengan penyalaan lilin. Sebelum meninggalkan lokasi acara, Wali Kota menerima cinderamata dari Ketua Walubi Kota Medan sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih Walubi kepada Pemko Medan. Perayaan yang berlangsung mulai pukul 19.00 WIB tersebut dipungkasi dengan sejumlah hiburan, termasuk tarian multi etnis dari Dinas Kebudayaan Kota Medan serta pembagian hadian melalui lucky draw. (H|KU|TAp)
  BeritaTerkait
  • MUI Sumut: Kegiatan Aksi Bela Islam 212 Berpusat di Masjid Agung

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Majelis Ulama Islam (MUI) Sumut mengapresiasi terwujudnya kesepakatan bersama antara Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI

  • Dihadiri Dr RE Nainggolan, MM, Christmas Season XII Resmi Digelar di Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin meminta kepada masyarakat Kota Medan khususnya umat Kristiani agar dapat memaknai serta menjiwai makna Natal untuk bisa merefleksikan kehidupannya kedepannya secara berkesinambungan setelah Natal ini,

  • Kapolres Padangsidimpuan Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

    2 tahun lalu

    Padangsidimpuan  (Pelita Batak) : Masyarakat Kota Padangsidimpuan diajak untuk meningkatkan keperdulian terhadap lingkungan dengan menciptakan keamanan dan ketertiban di Kota Padangsidimpuan sela

  • Kepling Diajak Terus Jaga dan Pelihara Kerukunan Antar Umat Beragama

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Umum Sekdakot Medan, Ikhwan Habibi Daulay  membuka Silaturahim dan Pertemuan Kerukunan Dengan Kepala Lingkungan

  • Ephorus dan Walikota Banda Aceh Resmikan Monumen Korban Tsunami Aceh

    3 minggu lalu

    Aceh (Pelita Batak):Mengenang jemaat HKBP Banda Aceh yang menjadi korban bencana alam gempa bumi dan tsunami tahun 2004 lalu, HKBP Banda Aceh membangun monumen peringatan korban tsunami Acehyangdiresm

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb