• Home
  • News
  • Turki Tawarkan Hubungan Sister City dengan Kota Medan
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 20 Maret 2018 06:24:00

Turki Tawarkan Hubungan Sister City dengan Kota Medan

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Pemerintah Turki menawarkan kerja sama  dalam bentuk sister city  dengan  Kota Medan. Adapun  kota  yang ditawarkan  salah satu negara besar di kawasan Eurasia untuk  sister city dengan ibukota Provinsi Sumatera Utara itu adalah Kota Mersin, salah satu kota pelabuhan yang berada di sebelah selatan Turki tersebut.

Tawaran kerja sama sister city ini disampaikan langsung   Ambassador of The Republic of Turkey H.E Dr MK Sander Gurbuz kepada Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi ketika mengunjungi Balai Kota Medan, Senin (19/3).

Didampingi Spouse of Ambassador Mrs Durhan Gurbuz, Dr H Rahmat Shah selaku Honorary Concul of Turkey in Medan serta CEO & Owner of Karadeniz Energy Gourp (Kar Powership Indonesia) Mr Orhan Karadeniz, Sander mengungkapkan, selain mempererat hubungan, kerjasama itu nantinya diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat kedua kota.

"Kita ingin menjalin hubungan sister city dengan Kota Medan. Kita tawarkan Kota Mersin di Turki untuk menjalin sister city dengan Kota Medan. Kita harapkan hubungan ini nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua kota sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakatnya," kata Sander.

Dijelaskan Sander, Mersin merupakan  kota pelabuhan dan pusat industri di Turki yang berada di pinggir laut. Di samping itu kota yang memiliki luas wilayah sekitar 1.772 km2 memiliki panorama alam yang sangat indah sehingga menjadi salah satu destinasi  andalan Turki untuk menggaet wisatawan.

Guna mewujudkan hubungan sister city tersebut, Sander selanjutnya mengundang Wali Kota untuk  datang mengunjungi Kota Mersin sehingga dapat mengenal lebih jauh mengenai wilayah dengan memiliki susunan kota yang indah dengan lautnya. "Dengan demikian dapat diketahui apa saja yang dapat dikerjasamakan dalam sister city tersebut," harapnya.

Selain sister city, Sander pun tidak menutup dibukanya kerjasama di bidang lainnya, sebab Turki memiliki sejumlah perusahaan besar yang bergerak di berbagai bidang seperti Infrastruktur, jalan tol, bandara, pelabuhan pembangkit listri dan pariwista. Bahkan, lanjut Sander, sektor pariwisata Turki merupakan nomor  7 terbaik di dunia dan dikunjungi  wisatawan sebanyak 35 juta orang pertahunnya.

Selain sektor pariwisata, Turki juga terkenal  dalam bidang pendidikan. Saat ini tercatat ada 500 perguruan tinggi dan siap menjalin kerjasama, terutama dengan Kota Medan. "Pelajar dari Indonesia, termasuk Kota Medan dapat melanjutkan studi di Turki. Apalagi pemerintah Turki maupun swasta  siap memberikan bea siswa bagi yang ingin menimba ilmu di sana (Turki)," ungkapnya.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, mengaku sangat bangga atas kunjungan Dubes Turki tersebut. Apalagi dalam kunjungan tersebut, sejumlah kerjasama pun ditawarkan, termasuk sister city antara Kota Mersin dengan Kota Medan.

Menurut Wali Kota, pihaknya akan mempelajari bidang mana yang tepat untuk dikerjasamakan dengan Turki sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Begitu pula tawaran hubungan sister city,  Wali kota snagat mengapresiasi dan mendukung penuh.

Diungkapkan Wali Kota, Pemko Medan saat ini telah menjain hubungan sister dengan sejumlah kota dari  beberapa negara seperti Gwangju (Korea), Ichikawa (Jepang), Chengdu (Cina), George Town (Pulau Penang), Ipoh (Malaysia).

"Kita pun saat ini tengah mewujudkan hubungan sister city dengan Kota Rostov on Don, Rusia. Jadi kita pun akan menjajaki tawaran pemerintah Turki untuk menjalin hubungan sister city dengan Kota Mersin. Sebab, kita menyadari banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari hubungan sister city tersebut," papar Wali Kota.

Pertemuan antara Wali Kota dengan Dubes Turki ditutup dengan pemberian cindera mata. Sebagai ungkapan rasa terima kasih dan apresiasi atas kunjungan tersebut, Wali Kota pun memakaikan kain Songket Deli dan topi tengkuluk kepada Sander. Kemudian Sander pun membalasnya dnegan memberikan cindera mata kepada Wali Kota.

Setelah itu Wali Kota menjamu Dubes Turki beserta rombongan makan malam di Rumah Makan Jimbaran Jalan Kapten Patimura. Makan siang pun berjalan dengan penuh keakraban dan kekeluargaan.  Acara makan siang ditutup dengan pemberian cindera mata kepada Dubes Turki beserta istri berupa Batik Medan yang diserahkan Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH diwakili Asmalita Zulkaranian selaku Wakil Ketua II didampingi Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan keluarga Berencana Kota Medan Mariance. (H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Kadin Sumut Ajak Pengusaha Fhilipina Kerjasama Eksport Import dan Perdagangan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) menerima kunjungan Consul General Fhilippine bersama rombongan pengusaha asal Fhilipina di Hotel Grand Aston, Jl. Balai Ko

  • Jadikan Hari Kemerdekaan Momentum Lakukan Perubahan

    3 tahun lalu

    Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  mengajak seluruh masyarakat Kota Medan agar memaknai Hari Kemerdekaan ini sebagai momentum  untuk bisa mengembangkan diri sekaligus melakukan perubahan menuju ke arah yang lbs baik lagi dalam rangka m

  • Bagaimana Jika Kerjasama Pengolahan Air Bersih & Kesehatan dengan Polandia

    3 tahun lalu

    "Untuk itu kita sangat tertarik untuk melakukan kerjasama pengolahan air bersih dengan Polandia. Pengelolaan air bersih itu bisa memanfaatkan sumber yang ada ada seperti sungai ataupun air laut. Kita harapkan kerjasama ini dapat terealisasi,"

  • Siswa Ichikawa Jepang Turut Upacara HUT RI di Medan

    3 tahun lalu

    Tujuh pelajar dari Kota Ichikawa Jepang, mengunjungi KOta Medan dan bertemu dengan Wali Kota Dzulmi Eldin dalam rangka program pertukaran pelajar guna mempererat hubungan kota kembar Kota Medan dengan Kota Ichikawa Jepang. Selain melakukan program pertuka

  • Pelajar Ichikawa Jepang Nikmati Jamuan Pemko Medan

    3 tahun lalu

    Kota Ichikawa bukanlah kota yang asing bagi mayarakat Kota Medan, kerja sama dan persaudaraan yang telah terjalin selam ini telah mempererat dan menumbuhkan ikatan emosional antar kedua bangsa, oleh karena itu kunjungan para pelajar Kota Ichikawa Jepang d

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb