• Home
  • News
  • Tradisi Injak Piring, Wujud Warga Papua Terima Satgas Pamtas Yonif 713/ST
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 24 Agustus 2019 08:35:00

Tradisi Injak Piring, Wujud Warga Papua Terima Satgas Pamtas Yonif 713/ST

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Jakarta (Pelita Batak):
Wujud penghargaan atas kehadirannya sebagai Satgas Pamtas di tanah Papua, Suku Saynari melaksanakan tradisi Injak Piring kepada Satgas Pamtas Yonif 713/ST.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 713/ST, Mayor Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr (Han)., M.I.Pol.,dalam rilis tertulisnya di Skouw, Jayapura, Jumat (23/8/2019).

Diungkapkan Dansatgas, bertepatan dengan momen peringatan HUT ke- 74 Kemerdekaan RI minggu lalu, Satgas Pamtas Yonif 713/ST diterima secara resmi oleh Kepala PLBN Skouw, Yan Z Numberi, dan selanjutnya melaksanakan tradisi Injak Piring.



"Ritual Injak piring ini merupakan tradisi dari Suku Sayneri kepada Satgas Yonif 713 sebagai penghargaan dan telah diterima masyarakat untuk menjaga keamanan perbatasan khususnya di RI-Papua Nugini," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, tradisi ini merupakan suatu acara dari Suku Sayneri  menyambut baik Satgas untuk menjadi bagian dari orang Papua.

"Kami mengapresiasi, kehadiran Satgas telah diterima warga menjadi bagian dari mereka," ujarnya.

"Ini suatu kebanggan bagi Satgas Yonif 713 dan Kodam XIII/Merdeka. Kami sudah diakui dan diterima menjadi orang Papua dalam melaksanakan tugas selama 9 bulan ke depan," jelas Dony Gredinand.

Disampaikannya, dengan penghargaan ini Satgas akan menjaganya dengan memberikan pengabdian yang optimal bagi masyarakat Distrik Skouw.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin membantu dan meringankan beban masyarakat, karena pada dasarnya TNI berasal dari rakyat dan akan kembali menjadi rakyat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala PLBN Skouw, Yan Z Numberi, menjelaskan bahwa tradisi ini sebagai wujud penghargaan dari masyarakat, telah diterimanya Satgas menjadi bagian dari orang Papua.

"Jika hari ini Satgas telah menjadi bagian dari orang Papua, kemana saja pun nanti dia pergi, tetap ingat Papua dan PLBN Skouw," terangnya.

Tradisi Injak Piring ini tambahnya, dilakukan oleh kedua kaki dan berdiri di atas piring tanpa alas kaki.

"Ini merupakan simbol janji warga, sekaligus melestarikan budaya leluhur kepada warga baru yang telah turun-temurun dilakukan nenek moyang Suku Sayneri  di bumi Papua," tuturnya.

Dirinya berharap, dengan tradisi ini bapak Satgas senantiasa mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan tugas.

"Kami doakan, semoga Satgas berhasil dalam mengemban tugas, tetap jaga kekompakan, dan baik baiklah dengan rakyat," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Walikota Jayapura, Ir. H. Rustama Saru, Danramil Muaratami, Lettu Inf Louis L Merauje, Danpos TNI AL, Kapten Laut (PM) Sudiro. S.H.,dan Kapolsek Muara Tami, AKP Pieter Kalahatu, S.H. (Dispenad)
  BeritaTerkait
  • Peduli Warga Yambi, Satgas Yonif R 514 Berikan Sembako

    2 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Wujud kepedulian dan perhatian kepada warga di Perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514/SY, berikan bantuan berupa puluhan paket sembako kepada warga Kampung Yambi, Dis

  • Cegah Penularan Penyakit di Wiltas, Satgas Yonif 514 Ajari Hidup Sehat warga Karubate

    2 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Agar terhindar dari berbagai penyakit, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif R 514, ajari warga Kampung Karubate, khususnya anak-anak dan remaja cara mencuci tangan yang baik.Hal tersebut

  • Peringati Hari Pramuka, Yonif 411 Kostrad Bentuk Mental dan Karakter Pemuda di Perbatasan

    satu bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Ikut serta dalam membentuk mental dan karakter pemuda di wilayah perbatasan, Satgas Yonif MR 411/PDW memberikan materi Bela Negara dalam peringatan HUT Ke-58 Pramuka.Demikian di

  • Ini isi Lengkap Nota Keberatan Ahok di Pengadilan

    3 tahun lalu

    Jakarta Pelita Batak): Bapak Ketua Majelis Hakim, dan Anggota Majelis Hakim yang saya muliakan, Sdr. Jaksa Penuntut Umum yang saya hormati, Penasihat Hukum dan Para Hadirin yang saya hormati, &

  • Kapolrestabes Medan Terima Korp Rapor Kenaikan Pangkat Sejumlah Pamen, Pama dan Bintara

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto, SH, SIK, MSi menerima korp raport kenaikan pangkat setingkat Pamen, Pama dan Bintara Personel Polrestabes Medan, Rabu pagi ( 03/

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb