• Home
  • News
  • Tokoh Masyarakat Sumut Apresiasi Kedatangan Jokowi ke Danau Toba
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 01 Agustus 2019 19:27:00

Tokoh Masyarakat Sumut Apresiasi Kedatangan Jokowi ke Danau Toba

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Presiden RI Joko Widodo diabadikan bersama Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Manager Geosite Pusuk Buhit, Wilmar Simanjorang, Tokoh Masyarakat Sumut Dr RE Nainggolan MM dan yang lainnya saat berada di Pusat Informasi Geopark K
Medan (Pelita Batak):
Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi beserta sejumlah menterinya ke kawasan Danau Toba dan Tapanuli, 29-31 Juli 2019 mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Meski ini bukan kali pertama, Jokowi hadir di kawasan Danau Toba. Besar dampak kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini ke daerah Sumatera Utara. Harapan untuk pembangunan yang semakin maju, semakin besar bagi masyarakat yang tinggal di kawasan ini.

Demikian disampaikan tokoh masyarakat masyarakat Sumut, Dr RE Nainggolan MM mengapresiasi kehadiran Presiden dan rombongannya di Sumut kemarin. Dari rangkaian kegiatan kunjungan kerja presiden, mulai dari meninjau Geosite Sipinsur, Pelabuhan Muara, Salib Kasih di Siatas Barita Tarutung, Pasar Tradisional Siborongborong, kemudian dilanjutkan ke Tobasa di The Kaldera Toba Nomadik Escape dan menyeberang ke Pulau Samosir.

Menurut mantan Bupati Tapanuli Utara ini, gestur presiden yang begitu dekat dengan masyarakat saat berada di tengah masyarakat semakin memberi bukti hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat. "Bagaimana ekspresi warga yang berbondong-bondong menyaksikan kehadiran beliau, begitu angusias dan tergambar adanya harapan hari esok akan lebih baik di tengah perjalanan bangsa ini," kata RE Nainggolan.

Namun, bukan saja berhenti disitu. Dampak kehadiran Jokowi, memberikan sinyal adanya keseriusan untuk pembangunan kawasan Danau Toba khususnya, menjadi kawasan pariwisata yang berkelas dunia. Tujuannya bukan untuk lagi hanya berangan-angan akan dampak besar keindahan alam danau toba untuk kehidupan masyarakat sekitar.

"Kita ketahui, sektor pariwisata adalah sektor yang pelaksanaannya sangat erat dengan kehidupan masyarakat sekitar. Masyarakat akan langsung terlibat yang dapat mempengaruhi naiknya kualitas sosial dan juga kualitas ekonomi. Masyarakat akan langsung merasakannya sendiri," ujarnya.

Bahkan, lanjut mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut ini, dari berbagai pernyataan Jokowi yang juga dimuat di media lagi-lagi membuktikan masa kejayaan pariwisata Danau Toba sudah di hadapan mata. Tinggal bagaimana jajaranya, baik menteri, pemerintah daerah menerjemahkan langkah cepat yang diutarakan presiden. Terlebih masyarakat untuk turut mempersiapkan diri menyongsong pembangunan kawasan yang begitu besar.

"Pemerintah daerah harus melihat peluang ini, bagaimana pemerintah provinsi harus mengkordinir 8 kabupaten se kawasan untuk dapat mengimplementasikan program pembangunan yang telah dicanangkan pemerintah pusat. Masyarakat harus lebih mencintai lingkungannya, budayanya yang dapat menunjang program pembangunan dimaksud," ujarnya.

Juga dikatakan RE Nainggolan, bahwa keberadaan delapan kabupaten harus memberikan dorongan kepada Badan Pengurus Geopark Kaldera Toba (BP GKT) dan juga Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Danau Tob (BPODT)dengan melakukan kordinasi lintas sektoral sehingga terintegrasi program pembangunan yang sinergis.

Kembali ditekankan RE Nainggolan, bahwa presiden Jokowi sudah memberikan target tahun 2020 sudah tercapai. Untuk itu instansi pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Sumut dan Kabupaten sungguh-sungguh mempersiapkan semuanya agar terget sesuai dengan waktu bisa tercapai. Kolaborasi segenap pemangku kepentingan sangat dibutuhkan untuk mendukung program pemerintah yang telah disampaikan Presiden Jokowi. (*)
  BeritaTerkait
  • Gubernur Sumut Apresiasi Masyarakat Taput Sambut Program Pengembangan Danau Toba

    3 tahun lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengapresiasi masyarakat Tapanuli Utara (Taput) yang dinilai merespon positif pengembangan Danau Toba menjadi kawasan wisata bertaraf internsional dengan membangun hotel dan menyiapkan convention

  • Presiden Jokowi Tiba di Bandara FL Tobing Tapteng

    2 tahun lalu

    Tapanulitengah (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Bandara FL Tobing, Pinangsori, Tapanuli Tengah, Kamis

  • RE Nainggolan Dukung Jokowi Karena Alasan Objektif

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Beberapa tokoh masyarakat Sumut, yang dulu merupakan Pendukung Prabowo-Hatta dalam Pilpres 2014, secara terbuka menyatakan dukungan kepada Joko Widodo untuk maju di periode kedua,

  • Kelurahan Sei Agul Masuk Nominasi Perlombaan PAAR Tingkat Sumut

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Tim Evaluasi TP PKK Provinsi Sumatera Utara melakukan penilaian terhadap Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Senin (5/11). Penilaian itu dilakukan karena TP PKK Kelurahan S

  • Fun Walk For Wonderful Toba di Monas, Cara Orang Batak Dukung Pemerintah

    3 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak):   Puluhan ribu warga masyarakat menghadiri acara Fun Walk For Wonderful Toba yang dilaksanakan di Silang Monas, Jakarta, Minggu (15/5/2016), yang dibuka langsung

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb