• Home
  • News
  • Toga Manalu Boru Bere Ibebere Se-Sumatera Utara Berangkatkan JTP FRENDS
KSP Makmur Mandiri
Senin, 11 Juni 2018 13:50:00

Toga Manalu Boru Bere Ibebere Se-Sumatera Utara Berangkatkan JTP FRENDS

BAGIKAN:
Jeje Tobing
Toga Manalu paborhathon JTP Frends
Laporan Jeje Tobing

Acara "borhat-borhat" atau pemberangkatan dalam budaya dan tradisi Suku Batak adalah merupakan sebuah bentuk dukungan sekaligus simbol doa restu atau urapan dan biasanya akan disertai dengan pemberian Ulos dan "Dengke Simudurudur" (=Ikan Mas) kepada orang atau pribadi yang akan diberangkatkan.

Acara seperti itu biasanya juga akan  melibatkan banyak pihak yang terdiri dari gabungan unsur keluarga, tokoh masyarakat  dan tokoh agama.

Terkait dengan pencalononan JTP FRENDS, panggiilan dari pemilik nama DR. Jonius Taripar P.  Hutabarat S. Si: M. Si. dengan Frengki P.  Simanjuntak SE. M.Si, panguyuban Toga Manalu: Boru Bere Ibebere se-Sumatera Utara telah melakukan acara "borhat-borhat' kepada pasangan calon Nomor Dua tersebut.

Sesuai hasil wawancara awakedia "Pelita Batak" dengan Ketua Manalu se-Sumatera Utara, Sabam Manalu SE: Ph.D, yang berlangsung baru-baru ini di Tarutung, beliau menjelaskan bahwa sejarah dan peran Marga Manalu dalam konteks Pilkada Taput, telah dimulai sejak zaman pemerintahan Toluto dan untuk pilkada tahun ini. Ketiga paslon juga masih berkaitan dengan Toga Manalu atau Toga Simamora. "Mau tidak mau kami harus menyatakan sikap dan dukungan kepada salah satu pasangan calon," ujarnya.

Lebih lanjut, Sabam menjelaskan bahwa Toluto yang mantan Ketua DPRD tersebut yang memang beristrikan Boru Manalu dulu pernah diberangkatkan oleh Marga Manalu oleh  Punguan Toga Simamora (PTS) dan menang dalam Pilkada.

"Dalam Penilaian kami, meskipun amangboru Toluto berlatarbelakang pasaran tapi setelah beliau menjadi Bupati masih mengingat Tuhannya dengan mempopulerkan kawasan Salib Kasih sebagai Ikon Tarutung sebagai Kawasan wisata rohani bahkan masih menggagas pendirian Patung Yesus. Meskipun akhirnya pembangunannya bermasalah hingga sekarang. Yang kita heran, kenapa setelah pemerintahan Nikson - Mauliate, pembangunan Patung Yesus itu seolah dibiarkan?" jelas Sabam seolah bertanya. 

"...Ada beberapa hal kenapa saya sebagai Ketua Toga Manalu se-Sumatera Utara mau menyatakan dukungan kepada DR. Jonius Taripar P Hutabarat. Tapi sebelumnya saya mau sampaikan bahwa tadinya saya tidak kenal siapa JTP namun setelah melakukan penelusuran terhadap ketiga calon saya menyimpulkan bahwa Jtp Frends lah yang terbaik untuk memperbaiki keadaan Taput".

"Au do Uluan ni Marga Manalu di Sumatera Utara on alani secara pribadi saya punya tanggung jawab moral asa unang adong na lilu lao mamillit Parhobas di Taput," tegas Sabam dalam bahasa Batak.  
(saya sebagai Ketua Marga Manalu se Sumatera Utara punya tanggung jawab moral agar anggota kami tidak salah pilih atau bingung dalam menentukan pilihanya dalam Pilkada Taput).

Hal senada juga disampaikan oleh Maniur Manalu, seorang tokoh Muda dari Marga Manalu: yang menjelaskan bahwa dulu sekitar 14 tahun yang lalu Toga Manalu memberangkatkan seorang kandidat yang beristrikan Boru Manalu dan Marga Manalu yang ada di Tapanuli Utara sepakat serta bersatu untuk memberangkatkan Kandidat tersebut. Demikian juga saat Pilkada tahun 2014, Punguan Toga Simamora (PTS) juga memberi dukungan kepada seorang kandidat yang juga merupakan Boru (=Menantu dari Marga PTS), kedua Boru PTS yang diberangkatkan tersebut pada akhirnya jadi Bupati Taput.

Lebih jauh Maniur Manalu menegaskan:
"Kali ini,  kita juga mau sepakat dan bersatu untuk memberangkatkan BORU yang tertua yaitu Boru Purba untuk menjadi Bupati periode 2018-2023," tegas Maniur.(*)
  BeritaTerkait
  • Pelantikan Pengurus Toga Manalu se-Bekasi Dihadiri Ketua Umum PTMBB Sumut

    2 tahun lalu

    Bekasi (Pelita Batak) :Ketua Umum Parsadaan Toga Manalu Boru-Bere (PTMBB) Sumatera Utara (Sumut), Sabam Parulian Manalu,SE menghadiri partangiangan sekaligus pelantikan PTMBB Wilayah Bekasi di Aula Yonif 202 Bekasi, Minggu (28/8/2016). Dalam kesempatan

  • Marga Manalu se "Kota Kembang" Dukung Munas PTMBB di Batam

    2 tahun lalu

    Haru bercampur gembira, itulah yang tampak dari wajah keturunan marga Manalu yang merantau di Bandung, Jawa Barat, saat Tim Road Show Parsadaan Toga Manalu Boru Bere Provinsi Sumatera Utara (PTMBB-Sumut) hadir menemui keluarganya di "Kota Kembang&quo

  • Gubernur Sumut Dukung Perayaan Natal PTMBB Kota Medan Sekitarnya

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara Dr HT Erry Nuradi MSi mendukung perayaan natal Punguan Toga Manalu Boru dohot Bere (PTMBB) Kota Medan sekitarnya yang akan dilaksanakan pada Minggu (10/12/

  • Parlindungan Purba Lantik Forum Komunikasi Toga Simamora (FKTS) Boru, Bere, Ibebere, se-Humbahas

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Perwakilan Toga Simamora (Purba, Manalu, Debataraja, Girsang, Tarigan) dari seluruh wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menghadiri syukuran dan pelantikan pe

  • Naposo Parsadaan Situmorang Sipitu Ama Beri Tali Asih Kepada Korban Bus Sekolah di Parmonangan Simanindo

    9 bulan lalu

    Samosir (Pelita Batak):Naposo Parsadaan Situmorang Sipitu Ama boru bere ibebere (NPSSAB) Sumatera Utara melakukan kegiatan tali kasih di Parmonangan,  Kecamatan Simanindo,  Kabupaten Samosir

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet