• Home
  • News
  • Tersandung Kasus Ujaran Kebencian, Proses Hukum Oknum Dosen USU Tetap Berjalan
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 22 Mei 2018 19:50:00

Tersandung Kasus Ujaran Kebencian, Proses Hukum Oknum Dosen USU Tetap Berjalan

BAGIKAN:
Medan (Pelita Batak):
Aksi protes yang dilakukan sekelompok orang, yang mengatasnamakan mahasiswa oknum dosen USU yang terlibat kasus ujaran kebencian melalui jejaring sosial Facebook tetap di proses sesuai hukum.

"Proses hukum tetap dilaksanakan," tegas Kabid Humas Polda Sumut AKBP Tatan Dirsan Atmaja, Selasa (22/5).

Penegasan ini dikatakan AKBP Tatan ketika ditanya adanya aksi demo mahaiswa USU yang meminta oknum Dosen pelaku ujaran kebencian yang ditangkap Polda Sumut dibebaskan.

Dijelaskan Tatan, "ini pembelajaran bagi kita semua. Terutama pengguna sosial media agar tidak sembarangan menyebarkan berita - berita yang belum tentu kebenarannya."

Oknum PNS USU ditangkap Direktorat Krimsus Subdit Cybercrime Polda Sumut di rumahnya Jalan Melinjo II Kompleks Johor Permai, Kecamatan Medan Johor Kota Medan, Sabtu (19/5).

Oknum PNS yang bekerja sebagai dosen Ilmu Perpustakaan di USU HDL alias Himma ditangkap karena salah satu postingan akun Facebook Himma sempat viral dan diduga menyampaikan ujaran kebencian.

Himma memosting di facebook serangan bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya hanya pengalihan isu. Postingan tersebut sempat viral dan pelaku kemudian menutup akun facebooknya.

Kabid Humas Polda Sumut AKBP Tatan Dirsan Atmaja yang dikonfirmasi membenarkan oknum PNS USU ini ditangkap karena postingan ujaran kebencian melalui FB. Ditangkap diduga adanya pelanggaran tindak pidana ujaran kebencian dan melanggar Pasal 28 ayat 2 UU ITE.

Hasil pemeriksaan lanjutnya, motif pelaku karena terbawa suasana dan emosi di dalam media sosial facebook dengan maraknya Caption /tulisan #2019 Ganti Presiden.

"Yang bersangkutan juga kecewa dengan pemerintah saat ini, yang menurutnya semua kebutuhan pada naik dan hal itu tidak sesuai janji pada saat kampanye 2014," jelas Tatan.

Pelaku lanjutnya, mengakui menulis status tersebut tanggal 12 Mei 2018 dan 13 Mei 2018 dirumahnya. "Petugas telah memeriksa saksi dan menyita barang bukti berupa Handphone Iphone 6S dan SIM Card milik pelaku untuk kepentingan penyidikan," kata AKBP Tatan.

Kabid Humas Polda Sumut menghimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan dalam memposting sesuatu di media sosial, karena setiap postingan di media sosial memiliki pertanggung jawaban hukum sesuai diatur dalam Undang - undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU nomor 11 tahun 2008 atau UU ITE. (TAp|Ndo)
  BeritaTerkait
  • Selasa Ini Sidang Putusan Penganiayaan Jurnalis oleh Anggota TNI AU di Medan

    10 bulan lalu

    Medan(Pelita Batak): Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) penganiaya jurnalis, akan menjalani sidang putusan pada Selasa 6 September 2017 di Pengadilan Militer I-02, Jalan Ngumb

  • Pembumian Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika serta Penguatan NKRI dan UUD 1945

    tahun lalu

    Indonesia Raya selalu berdiri kuat dan semakin bergerak kokoh dari dahulu, kini, dan seterusnya karena memiliki ideologi Pancasila dan konstitusi UUD 1945, yang mengakui, melindungi, memfasilit

  • Maraknya Persekusi terhadap Jurnalis, Dampak dari Kinerja Dewan Pers yang Salah Arah

    2 minggu lalu

    Berbagai peristiwa miris, menyedihkan, bahkan mengerikan yang menimpa para jurnalis di berbagai tempat di Indonesia merupakan dampak dari lemah dan mandulnya kinerja Dewan Pers selama ini. Kejadian pe

  • HUT TNI ke-71, Jurnalis di Medan Kembali Aksi Turun ke Jalan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ratusan jurnalis di Kota Medan kembali melakukan aksi turun ke jalan di HUT TNI ke-71, Rabu (5/10/2016).

  • 4 November, Gubernur Sumut Harapkan Demo Berjalan Damai

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi berharap rencana aksi demo besar-besaran ormas Islam pada Jumat, 4 Nopember 2016 untuk menyampaikan aspirasi di sejumlah kota di Indonesia termasuk di Provinsi Sumatera Utara dihimba

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet