• Home
  • News
  • Terkait Kasus Korupsi? Plt Sekda Tobasa Dilidik Tim Tipikor Polres
KSP Makmur Mandiri
Senin, 27 Februari 2017 03:51:00

Terkait Kasus Korupsi? Plt Sekda Tobasa Dilidik Tim Tipikor Polres

BAGIKAN:
Ist
Ilustrasi
Tobasa(Pelita Batak):Informasi yang beredar menyebutkan salah satu pejabat teras Pemda Kabupaten Tobasa sedang dipanggil dan diperiksa Tim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kepolisian Resor Toba Samosir (Tobasa). Terkait kasus apa masih belum jelas, namun kabarnya polisi sudah memanggil Pelaksana tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Arifin Silaen, yang baru saja dilantik menjabat Asisten III setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan. 
 
"Ada informasi dari Polres, bahwa saat ini Plt. Sekda, sedang diperiksa oleh tim tipikor Polres Tobasa. Namun saya belum tahu jelas materi perkara yang menimpa oknum pejabat ini. Seingat saya, yang bersangkutan pernah dilapor oleh salah satu lembaga tentang dugaan Tipikor pada pertanggung jawaban keuangan Negara tahun anggaran 2015 dan 2016 ketika menjabat Kepala Dinas  Pasar Kebersihan dan Pertamanan," kata Robert Tonggo Manurung, penerima mandat ketua DPC Partai Garuda Kabupaten Tobasa kepada sejumlah wartawab di Balige, Sabtu 25 Februari 2017.
 
"Terkait kabar pemeriksaan itu, saya menduga bahwa hal ini ada kaitannya dengan pengaduan tersebut, sebagai bentuk tindak lanjut. Selain daripada itu, oknum pejabat ini diduga rawan bermasalah, dibuktikan dengan ramainya pemberitaan  tentang dugaan pertanggung jawaban keuangan fiktif selama mengelola anggaran di Dinas tersebut. Ditambah lagi dengan masalah dugaan gratifikasi jual beli tanah hingga dugaan penyelewengan dana retribusi pasar,"katanya.
 
Robert Tonggo Manurung berharap Polres melalui unit tipikornya benar-benar bekerja secara profesional dan konsisten, serta transparan. "Melalui inilah Polri menunjukan bukti komitment nya sebagai mana yang telah ditekankan oleh Bapak Kapolri untuk menciptakan bersih diluar dan bersih di dalam," tambahnya.
 
Kapolres Tobasa, AKBP Jidin Siagian,SIK melaui Kasat Reskrim AKP. Manson Nainggolan ketika dikonfirmasi Pelita Batak  Sabtu,25 Februari 2017 membenarkan bahwa pihaknya sedang melidik Plt. Sekda pada hari Jumat kemarin,dan ini terkait pada kasus dugaan masalah pengadaan tanah pada sewaktu yang bersangkutan menjabat Camat, serta juga masalah retribusi semasa menjadi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan.
 
"Iya, memang sekarang ini kita sedang melakukan lidik terhadap laporan dugaan korupsi yang disampaikan oleh salah satu LSM atas nama saudara Plt. Sekda. Namun statusnya masih lidik. Proses lidik ini baru berjalan dua minggu. Baru – baru ini beliau kita panggil untuk memberikan klarifikasi," katanya.
 
Plt. Sekda Arifin Silaen yang kemudian dihubungi awak media via selular, belum bersedia memberi konfirmasi.(FH)
  BeritaTerkait
  • Polres Tobasa Diminta Kembangkan Kasus Pembangunan Jaringan Listrik TA 2013

    tahun lalu

    Balige(Pelita Batak): Polres Tobasa telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka dalam kasus pembangunan jaringan listrik pada Tahun Anggaran (TA) 2013 APBD Tobasa senilai Rp 6,1 milliar. Mereka seda

  • Status Kasus Dugaan Tipikor Dishub Karo Ditingkatkan

    2 tahun lalu

    Kabanjahe (Pelita Batak) : <br></br> Kapolres Karo AKBP Rio Nababan didampingi Kasat Reskrim AKP Martua Manik mengatakan kasus dugaan korupsi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo, LK sudah dalam tahap penyidikan (sidik).

  • Penggunaan Dana Desa di Taput Diduga Asal Jadi

    2 tahun lalu

    Taput (Pelita Batak) :Ketua LSM ICW, Gunung Siagian memprediksi akan banyak Kepala Desa di Kabupaten Tapanuli Utara terbelik kasus tindak pidana korupsi terkait dana desa. Dana yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur, justru dikerjakan asal jadi da

  • Kasat Reskrim Polres Tobasa AKP Manson Nainggolan : Minggu Ini Gelar Perkara di Poldasu Dugaan Kasus PT JOLA

    2 tahun lalu

    Tobasa(Pelita Batak): Kasus dugaan korupsi pembangunan jaringan listrik yang berbiaya Rp 6,1 miliar Tahun 2013 dari Dinas Tata Ruang Wilayah Pemungkiman (Tarukim) Tobasa, yang sampai menetapkan dua

  • Terkait Kasus Mangkrak Bupati Simalungun, KPK Kordinasi dengan Polri

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan berkoordinasi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Kejaksaan Agung, untuk menelusuri kasus dugaan korupsi menyangkut B

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb