• Home
  • News
  • Targetkan 1100 Mata, Tambang Emas Martabe Gelar Operasi Katarak Gratis
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 22 Oktober 2017 16:44:00

Targetkan 1100 Mata, Tambang Emas Martabe Gelar Operasi Katarak Gratis

BAGIKAN:
Saut Ritonga
Operasi katarak gratis

Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Seperti tahun tahun sebelumnya, PT. Agincourt Resources kembali melaksanakan kegiatan sosial  "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia" operasi katarak gratis bagi masyarakat khususnya yang kurang mampu.

Senior Manager Corporate Communication PT Agincourt Resources Katarina Siburian kepada wartawan di Padangsidimpuan, Minggu 22 Oktober 2017 mengatakan kegiatan operasi katarak gratis pada tahun ini dimulai dengan pemeriksaan mata (visus) di lima lokasi yaitu Makodim 0212/TS di Padangsidimpuan dan Koramil 13 Panyabungan pada 22 Oktober 2017.

Selanjutnya Makodim 0210/TU di Tarutung 23 Oktober 2017, Makodim 0211/TT di Sibolga pada 24 Oktober 2017 dan di Rumah Sakit TNI AD Losung Batu Padangsidempuan pada 23 s/d 26 Oktober 2017.

Sementara untuk operasi katarak gratis yang merupakan program kerjasama Tambang emas Martabe dengan A Vision dan didukung Kodam I Bukit Barisan, di mulai sejak 22 s/d 27 Oktober 2017 di RS TNI AD Losung Batu Padangsidempuan. 

"Tambang emas Martabe fokus untuk menyelenggarakan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis di Kabupaten Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Tapanuli Utara dan Tapanuli tengah untuk memberikan dampak lebih banyak terhadap masyarakat di sekitar tambang, sedangkan untuk memudahkan dan menjaring lebih banyak pasien kami juga memperbanyak lokasi pemeriksaan mata," ujarnya.

Lebih lanjut, Katarina menyebutkan untuk membantu kelancaran dan kesuksesan rangkaian kegiatan, pihak tambang emas Martabe juga melibatkan lebih dari 200 relawan yang merupakan karyawan dan mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Padangsidimpuan.

Para relawan akan membantu pasien mulai dari pemeriksaan mata, Operasi hingga pasca operasi katarak.

Pantauan wartawan di Makodim 0212/TS, Minggu 22 Oktober 2017, berlangsung pemeriksaan mata (visus) calon pasien oleh dokter dan bagi yang positif katarak akan melakukan cek tekanan darah dan kadar gula darah serta mendapatkan konseling katarak sebelum diberikan nomor urut dan tanggal operasi.

Bagi masyarakat yang ingin pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis dapat segera menghubungi Koramil terdekat dan jika membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi 081375739040.

Saat ini katarak masih menjadi penyebab utama kebutaan baik di Indonesia maupun di dunia. Katarak dapat di antisipasi diantaranya dengan melindungi mata dari paparan sinar matahari dan vaksinasi rubella pada ibu sebelum hamil untuk mencegah katarak pada bayi, namun penyebab lainnya seperti keturunan, efek samping diabetes serta cidera mata tidak dapat di antisipasi.

Tambang emas Martabe telah menyelenggarakan rangkaian operasi katarak  sejak 2011. Telah lebih dari 4.700 orang dilatih pemahaman dasar mengenai katarak. Lebih dari 14.000 mengikuti pemeriksaan mata gratis dan lebih dari 5.600 orang berhasil mendapatkan penglihatan kembali.(Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Operasi Katarak Gratis Tambang Emas Martabe Selamatkan 908 Mata

    tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Operasi Katarak Gratis yang di gelar PT Agincourt Resources selaku pengelola Tambang Emas Martabe yang berlangsung pada 22-27 Oktober 2017 berhasil mengembalikan penglihat

  • Tambang Emas Martabe Donasikan US$ 130.000 Gelar Aksi Sosial Operasi Katarak Gratis

    2 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak): Dalam rangka menggelar aksi sosial Operasi Katarak Gratis melalui program "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia tahun 2018", PT Agincourt Resources selaku pengelola tambang

  • Operasi Katarak Gratis Tambang Emas Martabe Targetkan Operasi 1.200 Mata

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe resmi memulai rangkaian kegiatan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis pada tahun ini mulai 10 Oktober 2018 hin

  • Tambang Emas Martabe Raih Lima Penghargaan CSR Indonesia Awards 2018

    7 bulan lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe berhasil meraih total lima penghargaan pada ajang CSR Indonesia Awards 2018 di Hotel Savoy Homann Bidakara, Bandung, Jawa

  • Operasi Katarak Tambang Emas Martabe Sukses Kembalikan Penglihatan 1.123 Mata

    2 bulan lalu

    Tapsel (Pelita Batak) :Operasi katarak gratis yang diselenggarakan PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe Tahun 2018 telah sukses mengembalikan penglihatan dan harapan hidup 842 orang

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb