• Home
  • News
  • TPS Liar Meresahkan, Dinas Kebersihan Bersihkan!
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 27 Agustus 2016 20:48:00

TPS Liar Meresahkan, Dinas Kebersihan Bersihkan!

BAGIKAN:
Lokasi TPS liar di Jl Stasiun Kelurahan Durian dibersihkan

Medan (Pelita Batak) :
Dinas kebersihan bekerjasama dengan Dinas Bina Marga Kota Medan serta jajaran Kecamatan Medan Johor membersihkan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar di Jalan Stasiun, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor, Jumat (27/8/2016). Selain menebarkan aroma kurang sedap, keberadaan TPS liar ini juga membuat kawasan sekitar  sangat semrawut, jorok dan dipenuhi sampah yang berserakan.

Selain karena keluhan warga yang bermukim dis ekitar TPS, pembersihan ini dilakukan untuk mendukung program Jumat Bersih yang telah dicanangkan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi. Untuk membersihkan TPS liar yang sudah belasan tahun beroperasi itu, Dinas Kebersihan menggunakan 1 unit alat berat  milik Dinas Bina Marga dan 15 unit truk.

Kadis Kebersihan, Endar Sutan Lubis memimpin langsung pembersihan didampingi Camat Medan Johor, Khoiruddin Rangkuti. Sedikit demi sedikit tumpukan sampah berhasil dibersihkan dan diangkut dengan menggunakan truk. Fokus pembersihan sampah yang berada di pinggiran Jalan Stasiun.

Menurut Endar, usai pembersihan dilakukan, bagian depan lahan kosong yang dijadikan TPS itu kemudian dipagar. Hal itu dilakukan untuk mencegah warga leluasa membuang sampah seperti yang dilakukan selama ini. Kemudian Endar minta Camat Medan Johor menurunkan anggotanya untuk menjaganya.

“Kalau tempat (TPS liar) ini tidak dijaga, pembersihan yang kita lakukan pasti sia-sia. Warga pasti membuang sampah kembali kemari. Untuk itu kita minta kepada camat untuk menurunkan anggotanya menjaga tempat ini,” kata Endar.

Pria berkacamata ini selanjutnya mengungkapkan, pembersihan TPS liar merupakan prioritas utama yang dilakukan Dinas Kebersihan setiap Jumat. Untuk itu dia minta kepada seluruh camat yang ada TPS liar di wilayahnya segera melaporkan guna dilakukan pembersihan. “Kami minta laporan diterima sebelum hari Jumat,” ujarnya.

Sementara itu Camat Medan Johor, Khoiruddin Rangkuti mengatakan, pihaknya telah berupaya maksimal untuk menghentikan warga membuang sampah di lokasi tersebut. Malah sejak 2 bulan belakangan ini, Khoir mengaku telah menurunkan anggotanya untuk melakukan penjagaan mulai pagi sampai petang hari.

"Upaya yang kita lakukan berhasil, volume sampah mulai berkurang sejak kita lakukan penjagaan. Meski demikian kita tidak mampu total menghentikan warga membuang sampah, sebab mereka kini buang sampah malam hari. Sebab, tidak mungkin kita lakukan penjagaan dari pagi sampai malam hari,” ungkap Khoiruddin.

Menurut Khoiruddin, warga yang membuang sampah di TPS liar ini tidak hanya warga Kecamatan Medan Johor saja, warga dari Kecamatan Medan Amplas, Kecamatan Deli Tua (Deli Serdang) dan Patumbang (Deliserdang) juga membuang di tempat tersebut. Pasaklnya, lokasi TPS liar berada di tengah-tengah keempat kecamatan itu. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Dinas PU Bersihkan Sampah Yang Resahkan Warga Karang Berombak

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi langsung menginstruksikan DinasPekerjaan Umum (PU) Kota Medan untuk melakukan pembersihan sampah di bantaran Sungai Deli, persisnya Jala

  • Akhyar : Tahun 2019 Pemko Medan Fokus Benahi Taman dan Kebersihan

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si menegaskan Tahun 2019 wajah Kota Medan harus berubah. Pemko Medan tahun ini akan memfokuskan pembangunan dan pembenahan taman-ta

  • DKP Bersihkan Danau Siombak Dari Sampah

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menginstruksikan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan membersihkan sampah di kawasan Danau Siombak di Jalan Pasar Nippon,

  • Ini Laporan Tim Gabungan Tertib Reklame Medan

    11 bulan lalu

    Medan  (Pelita Batak):Aksi gencar yang dilakukan Tim Gabungan Pemko Medan dalam menertibkan papan reklame bermasalah di Kota Medan dalam dua bulan belakangan ini  ternyata tidak sia-sia. Ter

  • Eldin : Jangan Ada yang Coba Keluar !

    3 tahun lalu

    Pemko Medan menggelar rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan Kota tahun 2016 sampai semester I di Grand Aston Hotel Medan, Senin (15/8/2016). Selain untuk mengetahui secara lengkap apa yang sudah dikerjakan dan belum belum

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb