• Home
  • News
  • TPKDB Pelindo 1 Raih Sertifikat ISPS Code
KSP Makmur Mandiri
Senin, 04 Juni 2018 09:14:00

TPKDB Pelindo 1 Raih Sertifikat ISPS Code

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Terminal Petikemas Domestik Belawan (TPKDB) yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia I
(Persero) atau Pelindo 1, telah mendapat sertifikat International Ship and Port Security (ISPS) Code dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Sertifikat ISPS Code atau Sertifikat Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan, yang diterima pada 23 Mei 2018 tersebut, menunjukkan Terminal Petikemas Domestik Belawan, telah memenuhi fasilitas pelabuhan dengan ketentuan SOLAS 74 bab XI-2 dan bagian A dari Peraturan Internasional untuk keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan (ISPS Code) yang menunjukkan bahwa fasilitas pelabuhan ini telah diverifikasi dan beroperasi sesuai rancangan keamanan fasilitas pelabuhan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dari IMO (International Maritime Organization).

Sertifikat ISPS Code ini bertujuan untuk menyediakan standar, kerajngka kerja yang konsisten, mengevaluasi resiko dan memungkinkan Pemerintah untuk mengimbangi apabila terjadi perubahan ancaman dengan merubah nilai kerentanan pada kapal dan fasilitas pelabuhan melalui penentuan tingkat keamanan yang sesuai dan langkah-langkah keamanan yang sesuai.

TPKDB sebagai terminal pelabuhan yang melayani domestik wajib harus menerapkan sistem ISPS Code sejak terbitnya Peraturan Menteri Nomor 134 tahun 2016 dimana pelabuhan domestik juga diwajibkan untuk menerapkan ISPS code.

"Kami bersyukur TPKDB berhasil mendapatkan Sertifikat ISPS Code ini. Sertifikat ini merupakan salah satu persyaratan internasional dari IMO terhadap pelabuhan yang melakukan bongkar muat kapal serta merupakan bukti dari komitmen Pelindo 1 untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan khususnya dalam hal keamanan atas kapal-kapal yang berkunjung dan kelengkapan fasilitas pelabuhan yang kami kelola," ujar General Manager TPKDB, Indra Pamulihan.

Wilayah yang masuk area ISPS Code ditetapkan sebagai area yang steril (Restricted Area) dalam operasi pelayanan kapal maupun pelayanan barang. Setiap orang yang akan beraktivitas di TPKDB diberi Pass ISPS Code, rompi keselamatan (Safety Vest Reflective) dan helm oleh Security termasuk kendaraan semua diperiksa guna meningkatkan tingkat keamanan, TPKDB juga telah menyiapkan fasilitas pendukung berupa pengamanan double pada gate masuk.

Sertifikat ISPS Code tersebut diharapkan dapat meningkatkan kelancaran arus distribusi logistik, khususnya ke wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya. "Sertifikat ISPS Code di TPKDB, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan mitra kerja untuk memanfaatkan fasilitas pelabuhan kami serta makin mendorong peningkatan kualitas dan kinerja pelayanan bongkar muat kami," jelas Indra Pamulihan.

ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menambahkan, sertifikat ISPS code yang diterima TPKDB ini menambah daftar pelabuhan di bawah pengelolaan Pelindo 1 yang telah memiliki sertifikat ISPS Code. 

Hingga saat ini, pelabuhan yang telah memiliki ISPS Code adalah Belawan International Container Terminal (BICT), Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Dumai, Terminal Petikemas Perawang, Pelabuhan Tanjung Pinang, Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Pelabuhan Malahayati, Pelabuhan Lhokseumawe, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, Pelabuhan Kuala Tanjung, dan Pelabuhan Sungai Pakning.(*)
  BeritaTerkait
  • Mantab, Pemuda Asal Sumut : Muhammad Jafar Hasibuan Raih Juara 2 Pemuda Mandiri Perdesaan 2016

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Muhammad Ja'far Hasibuan, pria asal Desa Sampuran Simarloting, Kecamatan Halu Sihapas, Padang Lawas Utara dinobatkan menjadi juara kedua dalam pemilihan Pemuda Mandiri Perdesaan Berprestasi Tingkat Nasional di Bandung oleh K

  • Pelindo I Raih Penghargaan Anugerah Media Humas 2016, Pemprov Sumut Tidak

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar, dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad, terpilih sebagai peraih penghargaan Anugerah Tokoh Kehumasan dalam Anugerah Media Humas (AMH) 2016.

  • Kanwil Kementerian ATR/BPN Sumut Diminta Tidak Membiarkan Mafia Tanah Berkuasa

    3 tahun lalu

    Deliserdang (Pelita Batak) :Budaya kerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) sejak menjadi Kementerian idealnya harus berubah total. Jangan lagi seperti dulu yang kerap dibawah tekanan baik dari Pemerintah daerah maupun kepentingan mafia pengguna jaringan okn

  • RSUD dr Pirngadi Raih Sertifikat Akreditasi Paripurna

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengapresiasi keberhasilan RSUD dr Pirngadi Medan dalam mendapatkan Sertifikat  Akreditasi Paripurna dari Komisi Akredita

  • Global Prima National Plus School Raih Penghargaan Sertifikat dan Lencana Emas Bakti Pendidikan Indonesia

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Sekolah Global Prima National Plus School kembali mendapatkan anugerah penghargaan. Kali ini, penghargaan diberikan oleh Platinum Penghargaan Indonesia pada 28 April 2017 l

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb