• Home
  • News
  • Sumut Berpotensi Ekspor Pangan
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 25 September 2018 17:27:00

Parlindungan Purba

Sumut Berpotensi Ekspor Pangan

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Anggota DPD RI Sumut Parlindungan Purba bersama Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman saat kunjungan kerja di Kantor Kementeraian Pertanian Republik Indonesia Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan, Selasa (25/9/2018).
Jakarta (Pelita Batak):
Anggota DPD RI Sumut Parlindungan Purba mengatakan bahwa Sumut memiliki potensi sebagai daerah pengekspor pangan nasional karena memiliki lahan yang cukup tersedia dan banyak komoditi pangan yang bisa dikembangkan di daerah ini. Hal ini disampaikannya saat audiensi dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Kantor Kementeraian Pertanian Republik Indonesia Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan, Selasa (25/9/2018).

"Sumut memiliki potensi sebagai daerah pengekspor pangan nasional karena memiliki lahan yang cukup tersedia dan banyak komoditi pangan yang bisa dikembangkan di daerah ini," kata Parlindungan Purba.

Lebih lanjut Parlindungan Purba menyampaikan bahwa kunjungan kerjanya ke Kementerian Pertanian ini adalah dalam rangka menyampaikan aspirasi dan permintaan dukungan kepada Menteri Pertanian dalam pengembangan pertanian di Sumatera Utara.  

"Kunjungan kerja ini dalam rangka menyampaikan aspirasi dan meminta dukungan kepada Menteri Pertanian dalam pengembangan pertanian di Sumut," jelasnya.

Dalam pertemuan ini Parlindungan Purba menyampaikan beberapa aspirasi masyarakat dan beberapa kepala daerah di Sumut diantaranya permintaan Wakil Bupati Humbang Hasundutan Saut Parlindungan Simamora agar Kementerian Pertanian dapat mendistribusikan bantuan bibit kopi unggulan asal Jember kepada petani di Humbahas.

"Mohon agar aspirasi masyarakat Humbahas terkait permohonan bantuan bibit kopi unggulan asal Jember agar segera didistribusikan," imbaunya.

Dalam pertemuan tersebut Sumut mendapat anggaran sebesar Rp 34 M luas lahan 1.140 Ha untuk penanaman cabe besar, bawang putih, bawang merah yang meliputi kabupaten Delisedang, Simalungun, Samosir, Dairi, Humbahas, Karo, Sergei, Tobasa, Asahan, Madina, Tapsel, Batubara, Pakpak Barat, Langkat, Taput.

Parlindungan juga meminta bantuan Alat-alat pertanian, Bibit dan lain sebagainya untuk didaerah lain diseluruh Sumut.

Parlindungan juga menyampaikan usul Bupati Madina untuk mengembangkan hortikultura di Penyambungan Timur sebagai pengganti tanaman ganja yang dapat merusak masyarakat.

Dengan kepemimpinan Gubsu yg baru Edi Rahmayadi dan Musa Rajekshah saya yakin pembangunan pertanian disumut akan semakin baik tegas Parlindungan Purba.

Parlindungan Purba juga menyampaikan apresiasinya kepada Kementan yang telah merespon dengan cepat pengaduannya terkait kasus rabies di Nias Selatan yang kembali merenggut korban jiwa seorang warga di Desa Hilialo'oa Kecamatan Ulu Idanotae yang meninggal dunia akibat digigit anjing pengidap rabies. "Saya juga mengapresiasi langkah cepat Kementan yang segera menurunkan tim langsung ke Nisel untuk memberikan vaksin hewan agar kejadian ini tidak terjadi kembali," ungkapnya.

Sementara Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menjelaskan bahwa trend nilai ekspor sektor pertanian tahun 2013-2017 terus naik setiap tahunnya. Pada tahun 2017 nilai ekspor pertanian sebesar Rp.441,9 triliun naik 24% dari 2013 sebesar 334,34 Triliun.

"Trend nilai ekspor sektor pertanian terus naik setiap tahunnya. Pada tahun 2017 nilai ekspor pertanian sebesar Rp.441,9 triliun naik 24% dari 2013 sebesar 334,34 triliun,"jelasnya.

Amran menjelaskan bahwa Kementerian Pertanian telah mengalokasikan dana untuk peningkatkan produksi pertanian. Pada tahun 2019 ini pagu anggaran DAK Bidang Pertanian sebesar 1,9 Triliun. Menurutnya selama ini program yang dilaksanakan untuk mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. Dirinya mengklaim saat ini Indonesia telah melakukan ekspor enam komoditas produk pertanian dan terjadi peningkatan sebesar 24%. Kementerian pertanian telah melaksanakan program untuk meningkatkan produktivitas pertanian, seperti penyaluran pupuk, alat pertanian, pengembangan varietas, dan juga bantuan penyuluhan pertanian. Kedepannya dirinya akan bekerjasama dengan DPD RI untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia dan menyejahterakan masyarakat petani.

"Kita diskusi dan beliau-beliau kami apresiasi karena mensupport petani-petani kita seluruh Indonesia. Kita berdiskusi tentang capaian tentang apa saja yang harus kita lakukan lagi dan tindak lanjuti kedepan. Dirjen kami akan mendampingi beliau kedepan, agar pertanian ini betu lbetul dikawal. Sehingga mimpi kita untuk menjadi lumbung pangan dunia ini menjadi kenyataan kedepan," kata Amran.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Semua Pihak Diajak Bangun Ekonomi Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) mengajak semua pihak, baik itu jajaran pemerintah, pelaku usaha, akademisi, maupun seluruh masyarakat untuk selalu optimis dan semangat serta selalu bersinergi membangun perekonomian Sumatera Utara.

  • Parlindungan Purba Dorong Pemanfaatan SDA yang Dimiliki Sumut untuk Peningkatan Kerjasama Pengusaha Amerika dan Eropa

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Apindo Sumut yang juga anggota DPD RI Parlindungan Purba,SH.,MH., menyambut baik diadakannya Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Kertas Kerja Amerika Eropa. Melalui kegiatan

  • Gubernur Optimis Pertanian dan Perikanan Sumut Bertumbuh

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menegaskan dan membulatkan tekad untuk memajukan

  • Sumut Surplus Cabai 152.110 Ton Tahun 2016

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara Ny Evi Diana Erry Nuradi menyebutkan produksi cabai merah di Sumut dibandingkan dengan kebutuhannya adalah surplus. Data tahun 2016 men

  • Kasad dan Gubsu Letakkan Batu Pertama Pembangunan Sentra Pertanian di Langkat

    3 tahun lalu

    Langkat (Pelita Batak) : Kasad Jenderal TNI Mulyono bersama Gubsu H Tengku Erry Nuradi meletakkan batu pertama pembangunan  Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) di Desa Namukur Uta

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb