• Home
  • News
  • Seluruh Pendeta GBKP di Indonesia Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 09 Desember 2016 19:11:00

Seluruh Pendeta GBKP di Indonesia Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Pengurus Pusat Moderamen GBKP dipimpin Ketua Umum Pdt Agustinus Pengarapen Purba STh MA foto bersama dengan Kepala BPJS Ketenagkerjaan Karo Sanco Simanullang ST MT usai sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan bertempat di Kantor Pusat di Jl. Kapten Pala Bang

Kabanjahe-Sumut (Pelita Batak) :
Terhitung sejak 09 Desember 2016, sebanyak 447 orang Pendeta dan pelayan Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) telah mendaftar menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Karo Kabanjahe.

Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Kabanjahe Karo Sanco Simanullang ST MT mengungkapkan, pihaknya menyampaikan terimakasih atas keputusan Kantor Pusat Moderamen GBKP untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Karo.

Menurut Manullang, sejak masa BPJS Ketenagakerjaan masih PT Jamsostek (Persero) tahun 2009, telah dilakukan pendekatan intensif, namun baru kali ini terdaftar secara kolektif.

“Hal ini cukup menggembirakan  karena para ulama turut bergabung sebagai peserta dan  bersama sama mensukseskan program strategis nasional yang diatur dalam Undang-undang No 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial,” katanya.

Menurut Manullang, dengan bergabungnya Pendeta GBKP menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, merupakan kebanggaan tersendiri karena secara tidak langsung telah menjadi kotbah yang hidup untuk mengingatkan masyarakat luas,  akan pentingnya perlindungan keselamatan dalam bertugas,“ katanya  sebagaimana keterangan tertulis  di Kabanjahe, jumat, 9 Desember 2016.

Disebutkan, meskipun resiko kerja para pekerja keagamaan relatif lebih rendah dibanding pekerja dalam dunia industri  dan jasa lainnya, namun kepedulian Kantor Pusat Moderamen GBKP  yang secara sukarela mendaftarkan para pendeta  menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan menunjukkan  para ulama menjadi panutan  dalam  mensuksekan program strategis nasional .

“Kami sudah proses datanya dan untuk kesempatan pertama yang bisa masuk data ke sistem sebanyak 447 orang, sisanya masih ada ratusan karena terkendala dengan E-KTP yang tidak valid. Kami segera terbitkan kartu peserta karena iurannya sudah di proses,”  jelas  Manullang.

Kepastian Perlindungan

Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt Agustinus Pengarapen Purba STh MA mengungkapkan, dengan mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan, setidaknya para hamba Tuhan yaitu seluruh pendeta  yang melayani jemaat GBKP di seluruh Indonesia mendapatkan kepastian perlindungan yang didaftarkan secara terpusat (sentralistik) di Kabanjahe.

Hal itu dikatakan Pdt Agustinus pada hari kamis, 17 November 2016, disela sela rapat pimpinan GBKP di Kantor Pusat Moderamen GBKP di Jl. Kapten Pala Bangun No. 66, Kabanjahe, Sumatera Utara.

“Kita putuskan seluruh pendeta kita yang bertugas di seluruh tanah air didaftar di Kantor Pusat Moderamen. Begitu juga dengan seluruh petugas administrasi kantor pusat,” katanya.
Untuk tahap pertama, mengikuti 2 program yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

“Untuk program selanjutnya dibahas kemudian. Begitu juga dengan keikutsertaan jemaat per klassis atau runggun dapat dibicarakan pada kesempatan lainnya,” pungkas Pdt. Agustinus.
Sekretaris Umum Moderamen GBKP Pdt. Repelita Ginting, M.Min dalam kesempatan tersebut menambahkan, keputusan mengikuti Program BPJS Ketenagakerjaan sudah disepakati oleh seluruh Pimpinan GBKP.

“Selain untuk perlindungan terhadap resiko kecelakaan kerja saat melayani jemaat, pendaftaran ini juga sebagai respon atas kunjungan dan himbauan BPJS Ketenagakerjaan Karo yang sudah beberapa kali sebelumnya,” katanya.

Sebelumnya, Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Rekson Silaban pada hari rabu,  22 Juni 2016 didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Karo Kabanjahe Sanco Simanullang ST MT,  Ahli Senior Komite Perluasan Kepesertaan dan pelayanan Dr. Badikenita Sitepu SE MSi, Dra Muzaenah Zein, Asisten Ahli Ribka Laura, Krismas Panggabean dan Penata Madya Sekretariat Dewan Pengawas Fready Sabhara Irwanto berkunjung ke Kantor Pusat Moderaman Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) dan diterima Sekretaris Umum Moderamen GBKP Pdt. Repelita Ginting, M.Min.

Diketahui, Gereja GBKP merupakan Gereja terbesar di Karo yang beranggotakan jemaat tidak kurang dari 250.000 jiwa tersebar di lebih dari 800 gereja di seluruh Sumatra, Jawa, dan Kalimantan, dan daerah lain di Indonesia. Gereja ini dilayani ribuan pendeta, diaken, pertua dan pelayan lainnya.  Pada kesempatan pertama didaftarkan sebanyak 447 orang pendeta dan pelayan lainnya.(TAp/*)
 

  BeritaTerkait
  • BPJS Ketenagakerjaan Bidik Ribuan Pelayan Gereja Batak Karo Protestan

    2 tahun lalu

    Kabanjahe(Pelita Batak): BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) terus melakukan perluasan kepesertaan termasuk lingkup keagamaan. Ketua  Komite Perluasan Kepesertaan dan pelayanan yang juga salah satu

  • Wali Kota Terima Government Award Dari Mendagri

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumulo diwakili Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri, Soni Sumarsono memberikan penghargaan Government Award 2017

  • 4 Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan Relokasi Pengungsi Siosar Kabupaten Karo Diresmikan

    10 bulan lalu

    Kabanjahe (Pelita Batak): Bertempat di jambur Desa Bekerah, kawasan relokasi Pengungsi Siosar Kabupaten Karo Sumatera Utara, Kamis 14 September 2017, Pemerintah Kabupaten Karo bekerjasama dengan Kanto

  • BPJS Ketenagakerjaan Teken MoU dengan Simpul-simpul Tenaga Kerja di Sumut

    7 bulan lalu

    Medan(Pelita Batak): Senin, 18 Desember 2017 sekitar pukul 11.00 wib digelar acara penandatanganan perjanjian kerjasama dan penyerahan tanda bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada 20.000 tenaga

  • Ini Pendapat Ephorus Emeritus HKBP Pdt JR Hutauruk tentang Pdt Robinson Butarbutar

    2 tahun lalu

    Sipoholon (Pelita Batak) :<br></br> Emeritus Ephorus HKBP (Periode 1998-2004) Pdt Dr JR Hutauruk meminta kepada seluruh warga jemaat dan para calon untuk tetap menjaga semangat kedamaian serta persatuan HKBP dalam melaksanakan Sinode Godang d

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet