• Home
  • News
  • Sejumlah Nama Ini Disebut-sebut Berpeluang Menjadi Kapolri
KSP Makmur Mandiri
Senin, 13 Juni 2016 13:51:00

Sejumlah Nama Ini Disebut-sebut Berpeluang Menjadi Kapolri

BAGIKAN:
Ist
Calon Kapolri
Jakarta (Pelita Batak):
 
Sejumlah nama yang dianggap punya peluang untuk menjadi Kapolri antara lain Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso atau Buwas, Irwasum Komjen Dwi Priyatno, Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Suhardi Alius, Kepala BNPT, Irjen Tito Karnavian, Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayuseno, Kalemdikpol Komjen Syafruddin.
 
Bersama Budi Gunawan, mereka akan bersaing menjadi orang nomor satu di jajaran kepolisian. Namun demikian, siapa yang paling berpeluang dan paling diunggulkan, hanya Presiden jokowi yang mengetahui, sebab nama-nama calon Kapolri yang sudah diusulkan oleh Kompolnas dan sudah diserahkan ke istana, dalam waktu dekat akan diserahkan ke DPR RI untuk dilakukan uji kepayakan dan kepatutan atau fit and proper test.
 
Dari data diri calon Kapolri bisa disebutkan di sini, Wakapolri Komjen Budi Gunawan Akpol ‘83, lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 11 Desember 1959. Budi Gunawan akan memasuki pensiun pada 2017.Lalu, Komjen Budi Waseso, Akpol ‘84, lahir di Pati, Jawa Tengah, 19 Februari 1961. Budi Waseso akan memasuki pensiun pada 2019.
 
Selanjutnya Komjen Dwi Priyatno Akpol ‘82, lahir di Purbalingga, Jawa Tengah, 12 November 1959. Dwi Priyatno akan memasuki pensiun pada 2017. Nama Irjen Tito Karnavian yang sudah ditunjuk menjadi Kepala BNPT dan naik bintang tiga, Akpol ‘87, lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 26 Oktober 1964. Tito baru akan memasuki masa pensiun pada 2022. Kemudian, Sekretaris Komjen Suhardi Alius, Akpol ‘85, lahir di Jakarta, 10 Mei 1962. Suhardi baru akan memasuki pensiun pada 2020
 
Sedangkan Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayuseno, Akpol ‘84, lahir di Tulungagung, Jawa Timur, 28 Mei 1961. Putut akan memasuki pensiun pada 2019, dan Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayuseno, Akpol ‘84, lahir di Tulungagung, Jawa Timur, 28 Mei 1961. Putut akan memasuki pensiun pada 2019.
 
Ketua Presidium Indonesia Narkotik Watch (INW) Josmar Naibaho dan pengamat kepolisian dari Universitas Mpu Tantular, Ferdinand, yang dihubungi secara terpisah, minggu (12/6) mengatakan, para calon Kapolri tersebut memiliki peluang sama untuk menduduki pucuk pimpinan tertinggi di Polri.
 
“Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso atau Buwas punya peluang besar,” kata Josmar.
 
Ferdinand juga berpandangan bahwa nama-nama calon Kapolri yang beredar saat ini memang pantas untuk menjadi Kapolri. Namun demikian semua itu bergantung pada keputusan presiden yang memiliki kewenangan untuk menunjuk Kapolri.
 
Tidak Ada Pijakan
 
Terkait pergantian Kapolri, berkembang pula wacana memperpanjang jabatan Jenderal Pol Badrodin Haiti sebagai Kapolri terus menguat. Presiden Joko Widodo sebagai kepala pemerintahan sebaiknya mempertimbangkan dengan cermat adanya usulan ini.
 
Menurut Ketua Pusat Studi Politik & Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran, Muradi, wacana memperpanjang jabatan Badrodin Haiti ini harus disikapi hati-hati oleh Presiden Jokowi, karena akan berimplikasi pada dinamika internal Polri yang saat ini tengah solidsolidnyanya. “Langkah yang tidak cukup tepat, hanya akan membuat Polri berada dalam situasi yang tidak cukup baik dan tidak terkonsolidir,” kata Muradi.(koran-jakarta.com)
  BeritaTerkait
  • Ini Dia Irjen Pol. Arman Depari yang Berpengalaman di Reserse

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Sejumlah nama perwira tinggi kepolisian dikabarkan masuk dalam bursa calon Kabareskrim. Satu di antara yang disebut-sebut adalah Irjen Polisi Arman Depari. Setidak

  • Putera Karo, Irjen Pol Arman Depari Masuk Bursa Calon Kabareskrim Polri

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Nama-nama jenderal memasuki daftar bursa Calon Kabareskrim, kali ini Deputi Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Arman Depari, disebut-sebut masuk ke dalam bursa c

  • Maruli Siahaan Layak Jadi Wakil Gubernur Sumut Dampingi Gubernur Tengku Erry Nuradi

    2 tahun lalu

    Sejumlah nama kini santer disebut-sebut untuk mendampingi sisa masa jabatan Gubernur Sumut H T Erry Nuradi MSi. Diantaranya AKBP Maruli Siahaan, dan menjadi sosok yang dinilai layak mengisi kekosongan tersebut sisa masa jabatan 2013-2018.

  • Pemprov Sumut Diminta Segera Ambil Alih Lahan di Bandung

    2 tahun lalu

    Santer disorot publik Sumut kini adalah adanya tanah seluas 3.000 meter persegi, di jalan Batu Tulis III, Kelurahan Batu Nunggal, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, yang terdaftar sebagai aset pemerintah provinsi Sumut. Terkait tanah ini, Komisi C menda

  • Arif Menyikapi Keramba Jaring Apung Danau Toba

    2 tahun lalu

    Danau Toba menjadi pembicaraan hangat beberapa hari terakhir. Kali ini bukan soal rencana pembentukan badan otorita, tetapi tentang keramba jaring apung (KJA). Dipicu matinya ikan sebanyak 850 ton

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet