• Home
  • News
  • Sejumlah Desa Terendam Banjir di Kabupaten Aceh Tenggara
Rabu, 12 April 2017 12:25:00

Sejumlah Desa Terendam Banjir di Kabupaten Aceh Tenggara

BAGIKAN:
Swangro Lumbanbatu|PelitaBatak
Seorang ibu menggendong anaknya saat berusaha mencari lokasi aman untuk mengungsi

Aceh (Pelita Batak) :
Sejumlah desa di Kabupaten Aceh Tenggara yang berbatasan dengan Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami banjir bandang, Selasa (11/4/2017). Desa yang terpantau mengalami banjir diantaranya Desa Kayu Mbelin, Desa Batu Duaratus,  Desa Laweloning, Desa Lewe Tuagabungan, Desa Lawe Kesumpat,  Desa Lawe Segala Dua, Desa Lawe Rakat, kecamatan Lawe Segalagala dekat Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara.

Sebagaimana kesaksian Swangro Lumbanbatu Koordinator wilayah I PP GMKI bersama Kabid Organisasi PP GMKI dan Ketua Cabang GMKI KUTACANE dari lokasi, yang pada saat perjalanan dari Sidikalang menuju Kutacane. Dalam perjalanan hujan deras.



"Kami kesana dalam tugas organisasi di kutacane Kabupaten Aceh Tenggara. Saat sampai diperbatasan Karo dan Aceh tenggara hujan masih berlanjut," tulis Swangro.

Diceritakannya, hujan lebat mulai pukul 17.00 WIB. Sementara pada pukul 18.00 wib terjadi bencana alam banjir bandang dari kaki gunung leuser.

Disebutkannya, rumah warga rusak parah. Sedikitnya 100 rumah di 7 tersebut. Bangunan gereja di Desa Kayu Mbelin, Kantor Polsek rusak parah di desa Kayu Mbelin. Sejumlah kendaraan seperti becak, mobil dan sepeda motor terlihat terseret banjir.
 
Jalan total tidak bisa dilewati dari arah Medan ke Kutacane karena terhalang kayu besar dan batu batuan pas di jembatan kayu mbelin. Hujan nya berhenti pada pukul 19.00 wib.



Pada pukul 20.00 wib mulai hujan turun lagi dan masyarakat panik serta berhamburan mencari tempat aman karena takut ada susulan banjir bandang, pada pukul 20.30 hujan reda dan masyrakat tetap berjaga-jaga.

Pada pukul 21.10 Wib hujan turun dengan sangat deras, masyarakat semakin berhamburan sambil histeris berdoa dan mencari tempat yang lebih aman,  hujan reda pada pukul 21.45.

Masyarakat tetap berwaspada, masyarakat ada di koramil lawe segala untuk berteduh sambil berlindung ke rumah warga yang lebih aman.

Anggota TNI dari koramil 01 Lawe Sigala gala langsung turun dan membantu warga untuk mengungsi ke tempat yang aman. Sementara BNPBD saat itu belum kelihatan.(TAp|SL)
 

  BeritaTerkait
  • Data Korban Sementara Banjir Agara; 16 Orang Meninggal 1 Hilang

    tahun lalu

    Aceh (Pelita Batak) : Akibat musibah banjir bandang yang menghantam sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Tenggara pada Selasa (11 April 2017) sore kemarin memakan sejumlah korban meninggal serta

  • Banjir Aceh Tenggara

    tahun lalu

    Sejumlah desa di Kabupaten Aceh Tenggara yang berbatasan dengan Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami banjir bandang, Selasa (11/4/2017). Desa yang terpantau mengalami banjir diantaranya Desa Ka

  • YSKI dan Pengurus Kebaktian Wanita Debora Kunjungi Korban Banjir Aceh Tenggara

    tahun lalu

    Agara (Pelita Batak) : Banjir bandang yang menimpa warga di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh pada Selasa sore, 11 April 2017 lalu menyisakan beban bagi warga. Bencana yang disebut sebagai

  • Satu Korban Jiwa, Bantuan Logistik Belum Tiba untuk Korban Banjir Bandang Aceh

    tahun lalu

    Aceh (Pelita Batak) : Diinformasikan, hingg pukul 09.45 wib Rabu (12/4/2017), daerah yang mengalami bencana banjir bandang seperti desa Kayun Mbelin, Lawe Tuagabungan, Lawe Tua Makmur, Lawe Tua D

  • Wabup Agara Sambut Rombongan YSKI di Ruang Kerja

    tahun lalu

    Kutacane (Pelita Batak) : Wakil Bupati Aceh Tenggara, H Ali Basrah menyambut hangat kedatangan rombongan Yayasan Surya Kebernan Internasional (YSKI) yang dipimpin Dr RE Nainggolan MM selaku pembi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet