• Home
  • News
  • Satpol PP Tertibkan Pedagang Kusen & Pagar Bekas di Sei Mati
KSP Makmur Mandiri
Senin, 05 September 2016 17:43:00

Satpol PP Tertibkan Pedagang Kusen & Pagar Bekas di Sei Mati

BAGIKAN:
Medan (Pelita Batak) :
Satpol PP Kota Medan menertibkan pedagang kusen dan bekas pagar di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun, Senin (5/9). Selain melanggar peraturan daerah (perda), keberadaan kusen dan pagar bekas yang dipajangkan di atas trotoar tersebut sangat mengganggu estetika kota.
 
Penertiban ini dipimpin langsung Kasatpol PP, M Sofyan. Awalnya penertiban berjalan dengan lancar namun belakangan sejumlah pedagang melakukan perlawanan. Mereka menolak dilakukannya penertiban, tak pelak kericuhan pun sempat terjadi. Akan tetapi perlawanan para pedagang itu berhasil diredam petugas satpol PP.
 
Sebelum penertiban ini dilakukan, para pedagang sudah berulangkali disurati agar tidak menjajakan dagangannya di atas trotoar. Namun surat peringatan tersebut tak ditanggapi sehingga dilakukan penertiban. Untuk 'membersihkan' kusen dan pagar bekas dari atas trotoar, Sofyan pun menurunkans ekitar 250 orang personelnya.
 
Melihat kedatangan para petugas satpol PP ini, para pedagang pun langsung meninggalkan calon pembeli dan mereka berusaha mempertahankan kusen dan pagar besi dengan sekuat tenaga agar tidak diangkut  petugas Satpol PP. Namun upaya para pedagang tak berhasil, sebab mereka kalah kuat dan jumlah dari petugas Satpol PP.
 
Aksi penertiban dan penolakan ini sempat menyebabkan terjadinya kemacetan arus lalu-lintas. Namun kemecetan tidak lama, sebab Sofyan selanjutnyan menghentikan penertiban tersebut. Akan tetapi sebelum penertiban dihentikan, dia minta Lurah Sei Mati, Asbin S yang datang mendukung penertiban untuk segera menyampaikan kepada para pedagang agar segera mengangkati kusen dan pagar bekas dari trotoar, sebab fungsinya bukan untuk berjualan melainkan tempat para pejalan kaki.
 
"Saya minta seluruh kusen dan pagar besi bekas ini dibersihkan dari atas trotoar sekarang. Apabila tidak dibersihkan, saya akan turunkan 10 truk lagi untuk mengangkut kusen dan pagar bekas ini!” tegas Sofyan.
 
Para pedagang yang sudah belasan tahun berjualan di tempat itu pun langsung ciut, mereka kemudian mengangkati satu persatu kusen dan pagar bekas. Ada yang meletakkany di halaman perkuburan, ada yang membawa ke dalam-dalam gang. “Saya minta tidak ada lagi yang berjualan disini. Jika kepadapatan berjualan lagi, seluruh kusen dan pagar bekas langsung kami angkut seluruhnya!” pungkasnya.
 
Sikap tegas ini diambil Sofyan karena tindakan para pedagang  telah melanggar peraturan yang ada. Selain dilarang berjualan di atas trotoar,  keberadaan kusen dan pagar bekas ini sangat mengganggu estetika. Ditambah lagi transaksi jual beli yang dilakukan selama ini menganggu kelancaran arus lalu-lintas.
 
"Tindakan para pedagang ini telah melanggar peraturan daerah (perda), sebab mereka menggunakan fasilitas umum (trotoar) untuk berjualan. Sudah berkali-kali mereka  diberi peringatan larang berjualan namun tidak diindahkan. Makanya hari ini kita bantu mereka untuk membersihkan  fasilitas umum ini dari kusen dan pagar bekas!” jelas Sofyan. (TAp)
  BeritaTerkait
  • Satpol PP Ultimatum Warga Segera Pindahkan Ternak Babi

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Petugas Satpol PP Kota Medan mendatangi sejumlah warga yang kedapatan beternak kaki empat di belakang rumahnya di Jalan Gelas Gg. Mangkok, Kelurahan Sei Putih Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (25/10/2016).

  • Penertiban Pedagang Warkop Elisabeth Sudah Sesuai Prosedur

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebelum menertiban puluhan pedagang warung kopi (warkop) di Jalan H Misbah, Kelurahan Jati, Kecamatan Medan Maimun, tepatnya depan RS Santa Elisabeth, Kamis (1/8), Pemko Medan mel

  • Tak Terima Penertiban, Preman Hantam Kepala Satpol PP Dengan Batu

    4 tahun lalu

    Dari penyisiran yang dilakukan, seorang pria sempat diamankan karena dicurigai sebagai pelakuknya. Namun pria itu akhirnya dilepas kembali karena tak terbukti melakukannya. Meski tak berhasil menemukan preman tersebut, Sofyan memastikan sang pelaku segera

  • Tim Gabungan Kembali Tertibkan Pool Bus & Mobil Penjual Paket Data

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Tim gabungan Pemko Medan kembali melakukan penertiban terhadap loket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang masih beroperasi di sepanjang J

  • Penertiban Pedagang Kaki Lima Terus Dilakukan di Medan

    3 tahun lalu

    Pedagang Kaki Lima (PK5) di Jalan Kol L Yos Sudarso, persisnya dekat fly over sampai Pasar Pulo Brayan sontak kocar-kacir begitu melihat sekitar 250 petugas Satpol PP datang melakukan penertiban, Jumat (5/8), sekitar pukul 09.30 WIB. Mereka berupaya se

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb