• Home
  • News
  • Satgas Pungli Kota Medan Sosialisasikan Pencegahan Pungli
Rabu, 21 Desember 2016 18:03:00

Satgas Pungli Kota Medan Sosialisasikan Pencegahan Pungli

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Gerakan berantas Pungutan Liar (Pungli) terus dikampanyekan oleh Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kota Medan. Setelah akhir Oktober lalu dibentuk Tim Satgas Saber Pungli Kota Medan oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan. Kali ini dilakukan sosialisasi tentang Rencana Unit Tugas Satgas Saber Pungli Kota Medan kepada seluruh Tim Saber Pungli di setiap Unit tugas instansi pemerintahan yang ada di Kota Medan, Rabu (21/12) di Hotel Grand Aston Medan.

Sebagai penanggungjawab Satgas Saber Pungli Kota Medan, Walikota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si menekankan pentingnya dilakukan sosialisasi pencegahan pungutan liar ini, sebagai gebrakan Tim Saber Pungli untuk memberantas praktek-praktek pungutan liar yang semakin marak berkembang saat ini, meneruskan Perpres No 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

"Saya pikir, siapapun dari kita harus sepakat bahwa pungli adalah kejahatan yang sesungguhnya merupakan cerminan dari bobroknya kualitas komitmen, mental dan spiritual pelaku pungli tersebut. Sekarang adalah era yang terbuka, segala praktek pungli akan dengan mudah terendus oleh siapapun yang menjadi korban ataupun terlibat didalamnya," kata Dzulmi Eldin.

Untuk itu kepada seluruh instansi dan stakeholder yang hadir pada sosialisasi ini Walikota Medan berharap dapat membangun etos kerja baru sekaligus budaya baru dalam penyelenggaraan publik serta menekankan agar jangan mencederai kepercayaan masyarakat dengan merusak citra pemerintah melalui praktek pungli. Melainkan harus mengembalikan kepercayaan masyarakat dengan membangun citra baru pelayanan publik yang berkualitas, sederhana, cepat, transparan dan akuntabel.

"Ingat, Saya sudah berkomitmen untuk tidak akan segan-segan menindak tegas siapapun yang terbukti melakukan pungli. Segera laporkan kepada Tim Saber Pungli bila terjadi praktek-praktek pungli di Kota Medan," tegas Eldin menambahkan.

Dalam susunan Satgas Saber Pungli Kota Medan, Walikota Medan bertindak sebagai penanggung jawab berkoordinasi dengan unsur Forkopimda Kota Medan. Wakapolrestabes Medan dan Wakapolresta Belawan sebagai Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Unit Kota Medan. Serta unsur kelompok kerja yang terdiri dari Pokja Unit Intelijen, Pokja Unit, Pencegahan, Pokja Unit Penindakan, Pokja unit Yustisi.

Sebelumnya dikatakan panitia pelaksana Inspektur Kota Medan, Drs. Farid Wajedi, M.Si, sosialisasi ini dilakukan untuk mensosialisasikan rencana unit Satgas Saber Pungli Kota Medan kepada seluruh unit instansi kerja dari lingkungan Pemko Medan, TNI, Polri, Kejaksaan Negeri Medan dan Belawan yang telah membentuk Tim Saber Pungli di setiap instansinya.

Tampil sebagai narasumber adalah Kepala Kejaksaan Negeri Medan, O. Nainggolan, SH, MH, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Sandy Nugroho, SH, S.IK, M.Hum, Dandim 0201/BS Kolonel Inf. Maulana Ridwan, yang secara bergantian memberikan pemaparan tentang rencana tugas dan kewenangan Satgas Saber Pungli, sasaran Saber Pungli, serta mekanisme sistem pelaporan penangangan dan pencegahan pungli di Kota Medan.

Kajari Medan, O. Nainggolan, SH, MH menuturkan bahwa tim saber pungli harus memiliki kekuatan hukum yang tepat agar setiap laporan nantinya dapat diproses dengan tepat, sebab ketika tim saber pungli tidak memperhatikan prinsip-prinsip kekuatan hukum, maka laporannya tidak akan dapat diproses.

Sementara itu Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandy Nugroho mengingatkan bahwa dalam menjalankan sistem pemerintahan di Indonesia, demokrasi menjadi pilar utamanya dengan pucuk pimpinan tertinggi ada di masyarakat.

“Untuk itu mari kita semua sebagai bagian dari elemen pemerintahan dapat menjaga kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dengan memperkuat fungsi pengawasannya. Jika pemerintah sudah tidak dapat dipercaya lagi oleh masyarakat dapat menimbulkan ketidakstabilan fungsi pemerintahan,” ujar Sandy.

Demikian juga diungkapkan Dandim 0201/BS, Kolonel Inf. Maulana Ridwan, dirinya bersama unsur TNI siap bersinergi mendukung program Pemko Medan menciptakan iklim kerja yang bersih tanpa praktek pungutan liar kepada masyarakat.

Sosialisasi oleh Satgas Saber Pungli Kota Medan bersama Forkopimda Kota Medan turut dihadiri oleh Wakil Walikota Medan, Ir. Akhyar Nasution, M.Si, Sekda Kota Medan, Ir. Syaiful Bahri Lubis, Danyon Marhanlan I, Letkol Marinir Abdi Zunanda Tambunan, mewakili Danlanud Suwondo, Mayor Ardhianto, Kepala Kajari Belawan M.Syarifuddin, Inspektur Kota Medan, Drs. Farid Wajedi, M.Si, Pimpinan tinggi Pemko Medan, serta seluruh pimpinan SKPD yang ada di lingkup Pemko Medan. (TAp)

  BeritaTerkait
  • FKPD Medan Tanda Tangani Fakta Integritas Sapu Bersih Pungli

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Seluruh unsur pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan telah bulat tekad memberantas pemungutan liar (pungli) di ibukota Provionsi Sumatera Utara ini.

  • Cegah Pungli Dengan Sistem Elektronik di Sumut

    5 hari lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengaku terus terang bahwa dirinya paling banyak menjadi sasaran kemarahan ketika sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) o

  • FKPD Kota Medan Bentuk Satgas Saber Pungli

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi memimpin rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan di The Heritage Grand Aston

  • Bentuk Unit Sapu Bersih, Ajak Semua Pihak Katakan Tidak Untuk Pungli

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) resmi membentuk unit Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) sekaligus penandatanganan Komitmen Bersama

  • BREAKING NEWS! Tim Saber Pungli Lakukan OTT Kepala Dinas di Taput

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) informasinya melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Tapnuli Utara. Nahasnya, Kabupaten Tapanuli Utara sebelumnya salah satu daerah binaan untuk pencegahan tindak pidana

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online