• Home
  • News
  • Salurkan Sembako kepada Korban Banjir Tebing Tinggi, GMKI Medan : Itu Tugas Kami
Kamis, 07 Desember 2017 10:41:00

Salurkan Sembako kepada Korban Banjir Tebing Tinggi, GMKI Medan : Itu Tugas Kami

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Penyerahan buku pelajaran bagi anak-anak
Medan (Pelita Batak):
Intensitas hujan yang sangat tinggi diawal bulan Desember ini, menyebapkan meluapnya bebrapa sungai di kota Tebing Tinggi, sehingga menggenangi setidaknya 22 kelurahan yang tersebar dalam 5 kecamatan. Sebanyak 21.080 jiwa terdampak dalam peristiwa banjir ini.

Pada Rabu, 06 Desember 2017 GMKI Cabang Medan menyalurkan bantuan berupa sembako dan buku tulis kepada korban banjir Tebing Tinggi, tepatnya di Kelurahan Sei Padang, Kecamatan Rambutan, Pukul 14.35-17.55 wib.

GMKI Medan mengirimkan sebanyak 20 orang anggotanya dari berbagai komisariat sebagai relawan penyalur bantuan langsung kepada masyarakat. Ketua Cabang GMKI MEDAN juga didampingi oleh pengurus cabang lainnya diantaranya piki pardede, Ratna Dachi, Riki samosir. Bahkan Korwil I PP GMKI Swangro Lumbanbati juga hadir dalam penyaluran bantuan ini. 

"Hari ini GMKI Medan turut merasakan derita yang dialami oleh masyarakat Tebing Tinggi, dengan segala upaya kami menggalang dana dari seluruh civitas orgnisasi ini serta masyarakat kota Medan sehingga tekumpul dana yang kami pergunakan untuk setidaknya dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari warga yang terdampak banjir," tutur Hendra Manurung, Ketua Cabang GMKI Medan.

Kegiatan ini dinilai sebagai perwujudan tanggung jawab GMKI sebagai bagian dari masyarakat yang tengah menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi. "Tentu kami sebagai Mahasiswa adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Masyarakat, sehingga apa yang dirasakan oleh masyarakat wajib direspon," tambahnya.

Swangro Lumbanbatu Koordinator Wilayah I SUMUT-NAD turut hadir dalam penyerahaan bantuan sembako. Kita sangat prihatin dalam musibah ini,  kita harus selalu bersahabat dengan alam.

Kalau kita dari sisi keamanan sungai padang sangat tidak layak,  karena penahan di tiap tepi sungai tidak ada.  Bronjong atau gabion dan penahan sungai sekalipun tidak ada, karena ini sangat membantu melindungi dan memperkuat dinding/tebing tanah.

Sesuai yang kita cek dilapangan ada sepanjang 300M tidak ada penahan baik itu kiri kanan. Seharusnya pemerintah Kota Tebing Tinggi harus hadir dalam bencana ini bahkan meranjang dan membangun itu karena itu berakibat fatal nantinya. 

Titik lokasi penyaluran bantuan ditentukan berdasrkan informsi yang diperoleh bahwa kelurahan tersebut belum pernah menerima bantuan dari pemerintah pasca bencan banjir. "Kami juga ingin membantu Pemkot Tebing Tinggi dimana memilki keterbatasan dalam menjangkau seluruh korban banjir. Kami juga berterima kasih kepada Bapak Edison Siahaan selaku Kepala Sektor Lingkungan yang telah membantu penyaluran sembako langsung kepada masyarakat," ucap hendra Manurung.

Merespon empati dari warga kota Medan dan civitas GMKI, Edison Siahaan mengucapkan banyak terima kasih kepada relawan yang telah memberikan bantuan  dan meringankan langkah untuk terjun langsung ke kelurahan Sei Padang yang berpenduduk 120 Kepala Keluarga. 

Menanggapi hal tersebut, Hendra Manurung mengatakan, "Itu tugas kami Pak, semoga sembako ini dapat berguna."(*)
  BeritaTerkait
  • Sumut Terima Helikopter SAR, Erry Ingatkan Daerah Waspada Bencana

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menerima satu unit helikopter jenis AW139 buatan Italia tahun 2016 dari Badan SAR Nasional

  • GMKI Wilayah I Sumut-NAD Aksi Solidaritas untuk Korban Banjir Padangsidempuan

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Wilayah I Sumut-NAD menggelar aksi solidaritas untuk membantu korban bencana banjir di Padangsidempuan. Aksi solidaritas dilakuka

  • YSKI dan Pengurus Kebaktian Wanita Debora Kunjungi Korban Banjir Aceh Tenggara

    8 bulan lalu

    Agara (Pelita Batak) : Banjir bandang yang menimpa warga di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh pada Selasa sore, 11 April 2017 lalu menyisakan beban bagi warga. Bencana yang disebut sebagai

  • Audensi PP GMKI dengan Presiden Joko Widodo

    4 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia memberikan dukungan terkait sikap pemerintah yang tegas dalam menanam nilai-nilai Pancasila yang telah dilakukan oleh Preside

  • GMKI Sangat Menyesalkan Satpam Universitas sumatera Utara atas Pemukulan Imanuel Silaban

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Aksi brutal yang terjadi di lingkungan Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) Medan beberapa hari yang lalu sangat disesalkan oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). Na

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online