• Home
  • News
  • SBY 'Support' Presiden Jokowi Tangani Situasi Paska Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pemilu
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 22 Mei 2019 15:16:00

SBY 'Support' Presiden Jokowi Tangani Situasi Paska Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pemilu

BAGIKAN:
OJI|Humas
Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, menyampaikan keterangan pers usai bertemu Presiden Jokowi, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Rabu (22/5) pagi.
Jakarta (Pelita Batak):
Menyinggung mengenai situasi terakhir saat ini,  Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mantan presiden selama 2 periode memiliki wisdom maupun juga pengalaman-pengalaman tertentu yang ingin disampaikan dalam rangka memberikan support kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menangani situasi politik, hukum, dan keamanan akhir-akhir ini.

"Utamanya kalau kita melihat pasca pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2019, baik itu untuk pilpres maupun pemilihan legislatif, yang telah disampaikan secara resmi oleh KPU pada tanggal 21 Mei dini hari," kata AHY kepada wartawan usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/5) pagi.

Harapan SBY dan tentunya masyarakat, lanjut AHY, tentunya pemerintah dan negara dapat menangani situasi pasca pengumuman rekapitulasi suara pemilu secara damai.

Menurut AHY, harus dihadirkan solusi-solusi atau pendekatan yang tepat. Artinya, tersedia ruang dialog, ruang komunikasi, solusi politik, solusi hukum, dan juga tentunya tetap bersedia pendekatan keamanan.

Namun demikian karena ini adalah bangsa kita sendiri, AHY berharap bahwa penanganan ini bisa dilakukan dengan baik sebesar ataupun sebisa mungkin kita terhindar dari segala korban yang tidak diperlukan.

"Tetapi tentu ini adalah negara hukum yang harus ditegakkan secara tegas dan tentunya berkeadilan. Ini adalah harapan besar dari kita semuanya," tegas AHY.

Jalur Konstitusional

AHY menekankan, kalaupun ada kalangan yang belum puas atau belum menerima hasil rekapitulasi suara pemilu oleh KPU tadi, maka bisa disalurkan melalui jalur konstitusional.

"Ini tersedia, ada jalannya, dan mudah-mudahan dengan itu kita semua masyarakat Indonesia terhindar dari segala polemik yang bisa diperburuk dengan aksi-aksi yang tidak konstitusional," ucap AHY.

AHY mengaku sangat senang dan lega ketika mendengar Prabowo Subianto juga menyampaikan itikad tersebut, yaitu akan menempuh jalur konstitusional untuk bisa mengajukan sejumlah keberatan atas hasil pemilu yang sudah didengar bersama.

Sedangkan Presiden Jokowi juga menjelaskan, bahwa beliau dengan itikad yang baik ingin menjadi pemimpin dan pengayom untuk semuanya, berada di atas semua golongan, di atas semua kalangan masyarakat.

"Memang karena memang itulah yang kita harapkan, Indonesia untuk semua, sehingga kita berharap pemimpin kita untuk semuanya," pungkas AHY. (GUN|OJI|ES|TAp)
  BeritaTerkait
  • Forum Bangso Batak Indonesia Ajak Semua Jaga Kantibmas Pascapemilu

    satu bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Hari Rabu, 22/05/2019 KPU akan mengumumkan hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional pemilihan Presiden. Sedangkan penetapan pemenangnya diumumkan pada tangga

  • Paslon 01 Unggul, Prabowo Tolak Hasil Pilpres 2019

    satu bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Capres Prabowo Subianto menyatakan menolak hasil Pilpres 2019 yang dimenangi paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin. Prabowo menyebut Pilpres 2019 penuh kecurangan."Kami

  • DKI Jakarta : Rumah Kita Bersama

    2 tahun lalu

    PILKADA serentak tahun 2017 telah terselenggara secara langsung, demokratis, aman, selamat, dan sukses. Penyelenggaraan tahun 2017 ini melanjutkan kesuksesan dan semakin melengkapi keberhasila

  • Timsel, Saldi Isra : Pendaftaran Calon Anggota KPU dan Bawaslu 2017-2022, Mulai 25 September

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Tim Seleksi yang dipimpin ketuanya Saldi Isra menyampaikan proses seleksi pemilihan calon anggota KPU dan Bawaslu 2017-2022, di kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis malam, 15

  • Setelah di Taput, Jokowi-Maruf Juga Menang 95,51% di Humbahas

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Antusiasme masyarakat Humbang Hasundutan menyambut Presiden Joko Widodo pada masa-masa kampanye terbukti dengan dukungan pada saat pilpres yang berlangsung, Rabu (17/4/2019). Tida

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb