• Home
  • News
  • Renovasi dan Pembangunan Rumah untuk Lalu M. Zohri Rampung
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 21 Mei 2019 11:18:00

Renovasi dan Pembangunan Rumah untuk Lalu M. Zohri Rampung

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Jakarta (Pelita Batak):
Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan renovasi rumah lama dan pembangunan rumah baru untuk atlet yang menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia, Lalu Muhammad Zohri di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Zohri merupakan atlet yang menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia.

Pembangunan rumah baru Zohri merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Juli 2018 lalu sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas prestasinya.

Menteri Basuki mengatakan, dalam melakukan renovasi rumah asli Zohri tetap memperhatikan desain awal rumah tersebut sesuai permintaan pihak keluarga. "Pihak keluarga Zohri ingin desain rumah tetap dipertahankan karena rumah tersebut memiliki banyak memori," kata Basuki beberapa waktu lalu.

Renovasi rumah asli Zohri dilakukan bersama-sama dengan TNI dan Polri dengan total biaya sebesar Rp 30 juta. Renovasi dilakukan dengan pengggantian dinding, atap, lantai dengan tetap mempertahankan nuansa sebelumnya. Rumah tersebut telah dilengkapi dengan meubelair berupa lemari, kursi, dan tempat tidur yang merupakan sumbangan dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Konsep renovasinya sendiri mengikuti desain awal rumah orang tua Zohri yakni pondasi batu kali menerus dengan sloof untuk konstruksi tahan gempa dan konstruksi kayu kelas I finishing plitur Kalimantan. Rumah juga dilengkapi lantai homogenus dan plafon triplek setebal 6 mm dengan genteng Pejaten, serta tanki septik biofilter.

Rumah Zohri yang telah selesai direnovasi tersebut kini terlihat dengan tampilan dinding kayu yang dibubuhi cat kilau kecoklatan, sehingga tampak Indah dipandang. Rumah berukuran 5x7 meter tersebut dilengkapi dengan satu kamar tidur, dapur kecil, kamar mandi dan ruang tamu di depan. Bentuknya hampir sama persis dengan rumah lama Zohri yang belum direnovasi.

Rumah Baru Zohri

Sementara untuk pembangunan rumah baru Zohri dilakukan Kementerian PUPR bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara yang menyediakan lahannya. Rumah baru Zohri tersebut dibangun di atas lahan seluas 500 meter persegi di Dusun Telaga Wareng, Desa Pemenang Barat,Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Lokasinya hanya berjarak sekitar 1,5 km dari rumah lama Zohri yang direnovasi.

Rumah tersebut dibangun dengan tipe bangunan seluas 60 meter persegi terdiri dari halaman depan dan samping, ruang tamu, dapur, toilet, dan tiga kamar tidur. Pembangunannya menggunakan dana APBN tahun 2018 sebesar Rp. 591 juta.

Lingkup pekerjaannya terdiri dari pembangunan rumah utama tipe 60, pematangan lahan, pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU)/landscape, pagar keliling serta pembangunan bangunan pelengkap. Selain bangunan utama, juga dibangun bangunan pelengkap yang merupakan fasilitas mushala dan tempat olahraga (gym). (BKP Kementerian PUPR|TAp)
  BeritaTerkait
  • Menristekdikti RI Bangga dan Optimis UNPRI Menjadi PTS Terbaik di Sumatera Utara

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof H Muhammad Nasir menyebut Universitas Prima Indonesia (UNPRI) luar biasa, karena mampu membangun gedung megah

  • Mess Tengku Rizal Nurdin Sekelas Bintang Tiga Diresmikan di Parapat

    2 tahun lalu

    Parapat (Pelita Batak) :Setelah pembangunannya sempat terhambat dan kurang mendapat perawatan secara baik akhirnya Mess Pora-pora Tengku Rizal Nurdin menjelma menjadi salah satu Icon di kawasan wisata Danau Toba. Mess yang sejatinya telah dibangun sejak 2

  • Rumah Murah Dijual di Kota Besar? Cek Rumah Subsidi Ini

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Pemerintah mengambil langkah serius melalui program sejuta rumah atau yang juga dikenal dengan rumah subsidi FLPP. Menurut data yang dilansir BPS pada tahun 2015 silam, backlog

  • Awal Desember, Pasar Modern Marelan Dioperasikan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan segera mengoperasikan Pasar Modern Marelan yang berlokasi di Jalan Marelan Raya Pasar V,  Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan yang telah selesai diban

  • Ephorus HKBP Pimpin MBO - Jubileum 75 Tahun dan Resmikan Gereja HKBP Sarimatondang

    2 tahun lalu

    Oleh: Pdt. Alter Pernando Siahaan, S.Th (Sekretaris Khusus Ephorus)Sarimatondang(Pelita Batak): Peletakan batu alas gereja dan Jubileum 75 Tahun HKBP Sarimatondang dipimpin Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb