• Home
  • News
  • Reklame Tak Berizin dan Tak Bertuan Ditebang
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 19 Juli 2017 13:31:00

Reklame Tak Berizin dan Tak Bertuan Ditebang

BAGIKAN:
IST|PELITABATAK
Medan (Pelita Batak) :
Penertiban Reklame Bermasalah kembali dilakukan Tim Terpadu Penertiban, Penindakan dan Pembongkaran Papan Reklame Bermasalah Pemko Medan, Senin (17/7) malam. Pemko Medan masih terus melakukan penertiban reklame secara masif sebagai komitmen pemerintah daerah dalam penataan reklame di Kota Medan.

Setelah sempat terhenti selama beberapa hari,  pembongkaran tiang reklame kembali dilanjutkan. Dikoordinir Satpol PP Kota Medan, penertiban diawali dari simpang Mesjid Al-Mashun sepanjang Jalan Sisingamangaraja.

Penertiban yang berlangsung hingga Selasa (18/7) subuh memang masih difokuskan di kawasan Jl. Sisingamangaraja Medan. Sebanyak belasan tiang reklame yang berdiri di median jalan dibongkar, dan dirobohkan karena tidak memiliki ijin pendirian konstruksi dan materi reklame ke Pemko Medan.

Kasatpol PP Kota Medan, M. Sofyan menyebutkan pembersihan reklame menyalah ini sebagai lanjutan dari komitmen Pemerintah Kota Medan untuk menindak tegas pelaku reklame yang menyalahi aturan yang berlaku d  i Kota Medan.

"Komitmen kita tetap pada penataan reklame di Kota Medan dengan menertibkan reklame bermasalah baik dari aspek perizinan hingga penempatannya yang menyalahi aturan," ujarnya.

"Yang terpenting seluruh papan reklame ilegal akan kita tertibkan tanpa pandang bulu. Kita ingin melakukan penataan agar wajah Kota Medan lebih indah lagi ke depannya," sambung Kasatpol PP.

Malam tadi tim membongkar tiang reklame mulai dari yang masih berdiri di median jalan. Pembongkaran yang dipimpin Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan ini, dimulai dengan melakukan pemotongan tiang konstruksi reklame berdiameter 15-20 cm yang menggunakan mesin las pemotong, mesin gerinda berukuran besar, yang didukung dengan 1 unit mobil tangga milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan.

Selain tiang reklame yang ada di median jalan, tim juga membongkar plang toko dan hotel yang berdiri di atas trotoar jalan karena mengganggu aktifitas pejalan kaki dan mengganggu visibility rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Petugas menggunakan mesin las pemotong untuk memotong tiang reklame hingga kandas dengan median jalan. Hal itu sengaja dilakukan agar pemilik papan reklame tidak dapat mendirikan tiang reklame kembali.

Usai dipotong, tiang-tiang reklame ini nantinya akan dikumpulkan dan digabung penyimpanannya dengan hasil pembongkaran hari sebelumnya di gudang penyimpanan.

Selama proses pembongkaran berlangsung, petugas Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Polrestabes Medan mengamankan arus lalu-lintas untuk menghindari pejalan kaki maupun para pengguna kendaraan bermotor terkena material bekas pembongkaran tiang reklame tersebut. Satu persatu tiang reklame di median jalan dibongkar hingga menjelang subuh.

Dalam penertiban tersebut, Sofyan turut menghimbau kepada seluruh masyarakat maupun pengusaha advertising agar dapat mengurus dan melengkapi izin papan reklame yang didirikannya. "Apabila sudah memiliki izin namun salah dalam penempatannya, saya harap dapat membongkar sendiri dan meletakkannya kembali pada posisi yang sesuai dengan ketentuan maupun peraturan berlaku," himbaunya.

Di tempat terpisah, di waktu bersamaan, tim terpadu berhasil menggagalkan upaya pemasangan baliho berukuran besar di Jl. Letjen Suprapto, Simpang Lampu Merah Jl. Multatuli Medan.

Ketika tengah melakukan penertiban di kawasan Jl. Sisingamangaraja tim terpadu mendapat laporan bahwasanya sedang berlangsung pemasangan reklame di Simpang Multatuli tersebut. Usai mendapatkan laporan tersebut tim langsung menuju ke lokasi.

Di sana tampak petugas reklame sedang memasang konstruksi baliho besar berukuran materi 3x5 meter dengan tinggi mencapai sekitar 8 meter. Ketika dikonfirmasi Satpol PP mengenai ijin reklame, pihak reklame tidak mampu menunjukkan surat ijin resmi reklame tersebut.

Untuk itu tim terpadu langsung memboikot aktivitas pemasangan reklame tersebut, serta memerintahkan mereka untuk menghentikan dan mengangkut kembali baliho tersebut. (HS|TAp)
  BeritaTerkait
  • Ditemukan Kayu Olahan Tak Bertuan di Humbahas, Diduga Dijarah dari Hutan Kawasan

    3 tahun lalu

    Humbahas(Pelita Batak): Sudah beberapa kali ditemukan kayu alam tak bertuan yang sudah selesai diolah di Humbahas. Diduga merupakan kayu ilegal yang ditebang dari hutan kawasan. Kayu tersebut dilet

  • 156 Tak Berizin Papan Reklame Dibongkar

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Satpol PP Kota Medan kembali membongkar papan reklame bermasalah, Selasa (15/8). Sebanyak 5 unit papan reklame yang didirikan di lima lokasi berbeda dirubuhkan. Selain tidak memi

  • Realisasi Pajak Reklame Kota Medan Dinilai Buruk

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Fraksi Partai Keadilam Sejahtera (FPKS) DPRD Medan menyoroti buruknya realisasi pendapatan dari sektor Pajak Reklame pada tahun anggaran 2016 sebesar Rp17,50 miliar dari target s

  • Tim Gabungan Tertibkan 22 Unit Papan Reklame Bermasalah

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pembongkaran papan reklame bermasalah kembali dilakukan oleh Tim Gabungan Pemko Medan. Tim Gabungan terus melakukan penertiban terhadap papan reklame bermasalah di sejumlah ruas t

  • Tata Kota, Pemko Medan Segera Turunkan Tim Gabungan

    satu minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan akan menurunkan tim gabungan untuk kembali menertibkan pedagang kaki lima, terminal liar, parkir liar, serta papan reklame tidak berizin. Selain menengakkan peraturan,

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb