• Home
  • News
  • Rekayasa Lalu Lintas Solusi Kemacetan Kota Medan Sukses
Senin, 15 Agustus 2016 17:13:00

IKA FT UHN Gelar Seminar

Rekayasa Lalu Lintas Solusi Kemacetan Kota Medan Sukses

BAGIKAN:
Istimewa
Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution usai diulosi panitia berfoto bersama dengan Ketua Panitia Ronald Naibaho, Anggota DPRD Kota Medan Anton Panggabean MSi dan undangan lainnya, Senin (15/8/2016)
Pelita Batak : 
Saat ini Kota Medan tidak dapat dihindarkan dari masalah kemacetan lalu lintas. Hal ini tentunya akan menghambat berbagai aktifitas yang kita laksanakan. Bukan tanpa sebab, dan juga akan berdampak kepada seluruh aspek kehidupan perkotaan khususnya pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah. Mengatasi pertumbuhan tingkat kemacetan dan mencari solusinya, dibutuhkan peran serta aktif seluruh masyarakat serta seluruh stake holder yang terkait.
 
Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi saat membuka Seminar Rekayasa Lalu Lintas Kota Medan Sebagai Solusi Kemacetan yang di Gelar Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen di Hotel Grand Angkasa, (15/8/2016). Hadir Wadir Lantas Poldasu AKBP Marcelino Sampoun, Anggota DPRD Kota Medan Anton Panggabean,M.Si, Kasat Lantas Polresta Medan, Kompol Rizal, Kadishub Medan Renward Parapat, Dekan Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen Dr Richard Napitupulu, Ketua Harian IKA Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen Hasiholan Sidabutar SE dan Para peserta Seminar.
 
Akhyar mengatakan, mengatasi kemacetan merupakan tanggungjawab bersama. Dibutuhkan masukan dan solusi untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Kota Medan. "Seminar ini tentunya kita harapkan akan menjadi cikal bakal untuk menghasilkan rumusan kebijakan yang bisa kita terapkan demi mengurangi atau menekan tingkat kemacetan di kota ini," kata Akhyar.
 
Untuk itulah, selain menyampaikan harapan tersebut, Akhyar atas nama Pemko Medan juga mengucapkan terima kasih kepada IKA Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen yang menggelar kegiatan seminar tersebut.
 
"Atas nama Pemerintah Kota, saya memberikan Apresiasi atas apa yang dilakukan oleh IKA Universitas HKBP Nommensen. Sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen, diharapkan Seminar ini dapat memberikan Kontribusi dan sumbangsih pemikiran bagi pemko Medan dan masyarakat," kata Akhyar.
 
Menurut Akhyar, Pemko Medan sangat mendukung kegiatan seminar ini sebagai bentuk kegiatan positif dalam menambah khazanah pengetahuan sebagaimana topik yang akan di bahas. Selain itu Pemko Medan juga terus melakukan upaya Rekayasa Lalu Lintas untuk mengurai kemacetan, akan tetapi itu harus didukung semua pihak.
 
"Kesadaran masyarakat juga mempunyai peran penting dalam mengurang kemacetan. Saat ini banyak masyarakat yang tidak memikirkan hak sesama pengguna jalan, seperti penjual Kartu selular, sudah mobil mereka parkir satu harian di tambah dengan bannernya itu sudah Mengambil jalan di, apalagi masyakat yang hendak membeli tidak memarkirkan kendaraannya tentu ini akan menjadi kemacetan," ungkap Akhyar.
 
Ketua Harian IKA Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen Hasiholan Sidabutar menjelaskan Seminar ini merupakan rangkaian dari Rembuk Nasional IKA Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen yang akan diselenggarakan pada 10 September mendatang. Selain seminar ini banyak kegiatan yang akan digelar seperti donor darah dan pemberian donasi ke sekolah.
 
"Seminar ini merupakan Kontribusi positif dari element perguruan tinggi bagi Pemerintah Kota, sebab saat ini kemacetan di ibu Kota Provinsi Sumut ini sudab sangat meresahkan. Artinya melalui Seminar ini akan ada masukan bagi pemko Medan dengan melakukan Rekayasa Lalu Lintas dan diharapkan dapat ditindaklanjuti Oleh Pemko Medan," katanya.
 
Sebelumnya, Ketua Pelaksana Seminar Ir Ronald Naibaho mengatakan, pelaksanaan seminar ini didasarkan keinginan IKA Universitas HKBP Nommensen untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Kota Medan. Ia berterimakasih kepada seluruh panitia yang bersusah payah dalam menyukseskan acara tersebut. "Ini kita lakukan dari kita untuk kita. Demi kota yang sama-sama kita cintai ini," ujarnya. (TAp)
 
  BeritaTerkait
  • Ir Ronald Naibaho : Pemanfaatan Jalan di Kota Medan Harus Pada Fungsinya

    11 bulan lalu

    Kesadaran masyarakat perkotaan, khususnya Kota Medan dalam memanfaatkan jalan dan trotoar masih butuh perhatian. Pengembalian fungsi jalan perlu dilakukan untuk mengurangi tingkat kemacetan di inti kota. Saat ini, masih ada yang memanfaatkan badan jalan u

  • Oktober, Pembangunan Underpass Katamso Dimulai

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Direncanakan pembangunan Underpass Katamso akan dimulai Oktober 2016. Kemudian diikuti dengan perbaikan simpang Jalan Karya Jaya dan rigid pavement (pembetonan) Jalan Sisingamangaraja Medan mulai Simpang Marindal sampai batas kota.

  • Akhyar Nasution Buka Muscab VI DPC Organda Kota Medan

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka Musyawarah Cabang (Muscab) VI Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organda Kota Medan di Hotel Dharma Deli Medan, Kamis (9/2/2017

  • Pawai Ta'aruf Diikuti 20.000 Kafilah Pembukaan MTQ Tingkat Kota Medan

    3 bulan lalu

    Medan  (Pelita Batak) : Pawai ta'aruf yang digelar dalam  rangka menyambut pembukaan Musabaqah Tiolatil Quran Nasional (MTQN) ke-50 Tingkat Kota Medan tahun 2017 di Jalan Tritura be

  • Akhyar Nasuiton: LRT Adalah Kebutuhan

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pemko Medan sangat berkomitmen dalam pembangunan transportasi massal apapun modanya. Sebab, transportasi massal adalah salah satu solusi dari upaya mengurai kemacetan yan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet