• Home
  • News
  • Rapimnas II Kadin 2017: Ivan Batubara Imbau Kadin se-Sumut Fokus Tingkatkan Kualitas SDM di Daerah
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 14 Desember 2017 15:25:00

Rapimnas II Kadin 2017: Ivan Batubara Imbau Kadin se-Sumut Fokus Tingkatkan Kualitas SDM di Daerah

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara
Batam (Pelita Batak):
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara mengimbau anggota Kadin Kabupaten/Kota untuk fokus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam upaya mendorong pembangunan di daerah masing-masing.

Imbauan tersebut disampaikan Ivan disela-sela Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Kadin Indonesia 2017 yang berlangsung di Hotel Radisson Batam, Kepulauan Riau, Kamis (14/12/2017). Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani dan pengurus Kadin provinsi seluruh Indonesia.

Rapimnas II Kadin Indonesia 2017 dengan tema "Membangun Daerah dengan Meningkatkan Sumber Daya Manusia Untuk Memajukan Perekonomian Indonesia yang Berkeadilan", merupakan momentum tepat untuk melakukan koreksi diri bagi pelaku usaha dan seluruh pemangku kepentingan untuk membangun dan meningkatkan perekonomian nasional.

"Agenda tahunan Rapimnas Kadin Indonesia kali ini menyoroti pembangunan daerah dan Sumber Daya Manusia untuk menyusun program kerja Kadin di tahun 2018. Ini menjadi langkah strategis untuk melakukan perbaikan.  Tidak hanya bagi Kadin saja, tapi semua pihak, termasuk pemerintah," ujar Ivan.

Tantangan terberat saat ini adalah mencetak SDM unggul, berkualitas dan kreatif dalam membaca perkembangan jaman.

"Era sekarang ini, kita diharuskan mendorong SDM yang mampu melakukan inovasi sekaligus berani menelurkan terobosan-terobosan," harap Ivan.

Jika tidak, ketimpangan ekonomi akan terus mewarnai perekonomian nasional dan daerah. Hal ini ditandai Indeks Gini Rasio tahun 2016 dan 2017 masih berkisar antara 0,40 hingga 0,41 untuk nasional dan kisaran 0,33 hingga 0,41 untuk daerah.

"Sementara dalam kurun waktu 2016 hingga 2017, perkembangan ekonomi Indonesia masih dalam trend positif dan stabil. Tahun 2015 misalnya, pertumbuhan ekonomi mencapai 4,88%, 2016 naik menjadi 5,02% dan tahun 2017 diperkirakan mencapai 5,1 persen," papar Ivan.

Meskipun secara umum pertumbuhan ekonomi Indonesia membaik, namun capaian pertumbuhan yang berada di kisaran 5 persen itu tidak cukup mampu untuk menyerap kebutuhan angkatan kerja baru yang setiap tahunnya mencapai 2 juta orang.

"Kadin Sumut dan seluruh anggota di Sumut, kita harapkan ikut ambil peran dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Ini tugas dan tanggungjawab kita bersama," tambah Ivan.

Tentu, hasil maksimal tidak akan tercapai jika tidak bergandengan tangan dengan pemerintah di daerah masing-masing. Tidak hanya Kadin, tetapi semua pihak harus saling dukung dan bersinergi.

"Rumusnya sederhana. Kita harus bersinergi dengan semua pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat. Mari focus pada peningkatan SDM agar perekonomian terdongkrak. SDM yang berkualitas, akan mendorong perekonomian berkualitas pula," ujar Ivan optimis.

Sementara Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani mengaku, kendala yang kerap dihadapi Kadin dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi akibat belum bersinergi dalam harmonisasi kebijakan.

"Kebijakan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah belum sinkronisasi. Kita berharap, bagaimana kebijakan pemerintah pusat dan daerah itu bisa sama. Tujuannya agar tercipta iklim kinerja yang baik," tegas Rosan.

Dalam sambutannya di Rapimnas II Kadin 2017 di Batam, Rosan juga berharap kebijakan yang dikeluarkan perintah pusat dan daerah, mampu menciptakan dan meningkatkan lapangan pekerjaan.

"Kadin pasti mendukung penuh kebijakan itu agar pertumbuhan ekonomi nasional makin membaik," ujar Rosan. (rel)
  BeritaTerkait
  • DPRD Pematangsiantar Diminta Segera Paripurna Pengusulan Wali Kota Defenitif

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi melantik Hefriansyah sebagai Wakil Wali Kota Pematang Siantar di aula Martabe antor Gubsu di Medan, Rabu (22/02/2017).

  • Kadin Komitmen Dukung Pertumbuhan Ekonomi Sumut

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) berkomitmen turut terlibat aktif dalam mendongkrak pertumbuhan perekonomian Sumut. Sebagai pintu gerbang Indonesia bagian

  • HUT ke-56, Bank Sumut Santuni 156 Anak Yatim

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Seiring dengan semakin pesatnya pembangunan infrastruktur di Sumatera Utara, tentu harus dimbangi dengan peningkatan kualitas keimanan masyarakatnya.Oleh karenanya, Gubernur Sumat

  • Tengku Erry Tokoh yang 'Cerewet' Demi Majukan Wirausaha Pemula

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebagai tokoh di kalangan kelompok pengusaha muda, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi dinilai cerewet dan getol untuk mendorong kemajuan wirausaha pemula.Besarnya

  • Ivan Iskandar Batubara Dapat Amanah Bentuk Pengurus ISMI Sumut

    11 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara mendapat amanah membentuk Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Sum

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb