• Home
  • News
  • Raih Peringkat Terbaik, Kecamatan Marancar Gelar Syukuran
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 24 Februari 2018 22:21:00

Raih Peringkat Terbaik, Kecamatan Marancar Gelar Syukuran

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga
Syukuran atas ditetapkannya Kecamatan Marancar sebagai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara untuk kategori Kabupaten.

Tapsel ( Pelita Batak) : Bertempat di lost Pasar Poken Arba Kecamatan Marancar, Jumat 23 Februari 2018 digelar syukuran atas ditetapkannya Kecamatan Marancar sebagai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara untuk kategori Kabupaten.

"Kearifan lokal dan tingkat partisipasi masyarakat dalam menyambut dan mendukung program pembangunan, menjadi tolok ukur dicapainya peringkat terbaik ini," ujar Bupati Syahrul M Pasaribu.

Selain itu, untuk meraih Kecamatan terbaik, paling tidak ada 4 parameter penilaian. Antara lain, sejauh mana peningkatan perekonomian masyarakat melalui pembinaan UMKN yang dikoordinasikan Kepala Daerah.

Dan bagaimana masyarakat menyambut program pembangunan di lingkungannya, baik program pembangunan bersumber dari Kabupaten, Provinsi dan Pusat.

Marancar juga memiliki kreasi UMKM, namun harus diakui saat ini berada sedikit di bawah apa yang dimiliki UMKM Kecamatan di Kabupaten Sergei.

Kearifan lokal dan partisipasi masyarakat telah menjadi tradisi bagi masyarakat Marancar dan umumnya Tapsel selama ini. Khusus pada partisipasi masyarakat dalam program pembangunan, sangat baik dan mendapat dukungan yang sangat besar.

"Kurun waktu dua tahun, partisipasi untuk pelebaran jalan dan pertapakan Kantor Desa khusus di Marancar, telah dihitung hampir mencapai angka Rp20 miliar," ujarnya.

Sedangkan dari pola pelestarian kearifan lokal, sambung Bupati, warga Kecamatan Marancar masih menerapkan spirit Hatabosi.

Parhatabosi itu singkatan Haunatas, Tanjung, Bonan Dolok dan Siranap, yang sudah ratusan tahun menjaga kelestarian hutan dan lingkungan demi ketersediaan air untuk pertanian. "Ini setingkat dengan Subak di Bali," pungkasnya.(Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Ribuan Masyarakat Hadiri Syukuran Tahun Baru 2018 di Bukit Inspirasi Doloksanggul

    5 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Ribuan masyarakat dari berbagai elemen hadiri acara syukuran tahun baru 2018 yang dilaksanakan di Perkantoran Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat 12 Januar

  • Tahun Baru di Rumah Camat, Pak Wali : Layani Masyarakat dengan Baik

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama Wakil Wali Kota, Ir Akhyar Nasution MSi menghadiri acara syukuran Tahun Baru 2017 di kediaman Camat Medan Tuntungan, Gelora Kurnia Ginting Putra SSTP MSP di Jalan Bekala, Kelurahan

  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

    11 bulan lalu

    Oleh: Gandhi PakpahanPARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain set

  • Pendeta di Jakarta Gelar Syukuran Pelepasan Pdt Darwin Lumbantobing ke Sinode Godang HKBP

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Tak kurang dari sekitar 300 orang utusan Sinode Godang, jemaat, pendeta dan 6 Praeses Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) menghadiri Ibadah Pemberangkatan Pdt. Dr. Darwin Lumban Tobing menuju Sinode Godang HKBP (Sidang Besar)

  • Hari Ini Sumut Tambah 6 Emas Dan Duduki Peringkat 5

    2 tahun lalu

    Bandung (Pelita Batak) :<br></br> Gubernur Sumut HT Erry Nuradi bangga dan mengapresiasi atlet dan ofisial tim PON Sumut yang berhasil meraih tambahan 6 medali emas di arena PON XIX/2016 Jawa Barat hari ini, Rabu (21/9/2016). Hingga pukul 20

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet