• Home
  • News
  • RE Nainggolan Dukung Jokowi Karena Alasan Objektif
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 12 Juli 2018 14:27:00

RE Nainggolan Dukung Jokowi Karena Alasan Objektif

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Dr RE Nainggolan MM Ketua Umum DPP Nusantara Untuk Jokowi (N4J)
Medan (Pelita Batak):
Beberapa tokoh masyarakat Sumut, yang dulu merupakan Pendukung Prabowo-Hatta dalam Pilpres 2014, secara terbuka menyatakan dukungan kepada Joko Widodo untuk maju di periode kedua, 2019-2024. Dr RE Nainggolan, MM bahkan membentuk dan menggerakkan organisasi Nusantara Untuk Jokowi (N4J), untuk menggalang dukungan bagi Jokowi.

"Setiap langkah yang kita ambil tentu punya pertimbangan rasional. Kita dulu mendukung Pak Prabowo, dan hingga saat ini kita sangat menghormati beliau sebagai seorang tokoh nasional. Akan tetapi, di sisi lain, kita melihat sendiri dahsyatnya kerja pembangunan di berbagai bidang yang dilakukan Pak Jokowi, dan oleh karena itu, kita membulatkan tekad untuk mendukung beliau di periode kedua," kata Sekdaprovsu 2008-2010 ini saat ditanya wartawan, Kamis (12/7/2018) di Medan.

Pria yang membuat berbagai gebrakan saat menjadi Bupati Tapanuli Utara ini menjelaskan, dalam menilai seseorang yang paling penting dikedepankan adalah rasionalitas dan objektivitas. Bukan suka atau tidak suka. "Begitu hasil pilpres diumumkan KPU, dikuatkan keputusan MK, maka kontestasi pilpres selesai. Seluruh anak bangsa, termasuk juga Pak Prabowo saat itu, menerima hasilnya. Mulai saat itu pula, Pak Jokowi membuktikan dirinya adalah pemimpin bagi semua, bukan hanya bagi orang yang memilihnya," katanya.

RE menjelaskan, buktinya Jokowi menempatkan diri sebagai presiden bagi semua adalah perhatian yang sangat besar bagi semua daerah, termasuk di mana dia dulu "dikalahkan". "Katakanlah, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat. Saya kira para gubernur di daerah itu juga sudah menyatakan apresiasi atas perhatian presiden," kata Ketua Kelompok Ahli Dewan Pengarah BPOP Danau Toba ini.

Dia mengimbau, dalam politik tidak perlu ada pengkubuan atau polarisasi yang seolah-olah tidak bisa dicairkan lagi. "Di atas semua dinamika politik, kita adalah saudara sebangsa, satu tujuan, demi Indonesia yang bersatu, adil, makmur, dan sejahtera," katanya.

Daripada sibuk berdebat termasuk di media sosial, dia mengajak setiap orang untuk memberi sumbangsih sesuai kemampuan dan keahlian yang dimilikinya untuk saling membantu dengan sesama anak bangsa. RE sendiri memang dikenal tidak pernah berhenti melakukan akvitas sosial sejak resmi menuntaskan pengabdian sebagai birokrat, 2010 lalu. Dia kini tercatat menjadi Pembina Yayasan Surya Kebenaran Internasional, yang kerap melakukan bakti sosial dan pengobatan gratis.

Bawa Gerbong
Saat ditanyakan apakah dia juga akan membawa "gerbong" yang dulu dibawanya saat mendukung Prabowo-Hatta, secara diplomatis RE mengatakan setiap orang memiliki kehendak bebas dan kemerdekaan berpendapat.

"Begitupun, saya tidak nafikan bahwa selama ini kita memang punya soliditas. Kita selalu menjalin komunikasi dalam menyikapi berbagai persoalan, untuk kemudian memiliki sikap dan arah yang sama. Yang jelas, antusiasme ribuan sahabat kita saat deklarasi N4J beberapa waktu lalu, dan dinamika organisasi kita yang penuh gairah, tampaknya dukungan ke Pak Jokowi ini juga merupakan aspirasi kita bersama. Dan memang sebelum menyatakan sikap dan melaksanakan deklarasi, kita juga sudah menjalin komunikasi dan serangkaian pembicaraan dengan teman-teman," katanya.

N4J sendiri sudah terbentuk di semua kabupaten dan kota di Sumut, juga di berbagai provinsi mulai dari Aceh, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, DIY, Kalimantan, hingga Papua. (TAp|rel)
  BeritaTerkait
  • Bishop GKPI Resmikan Koordinasi Wilayah VII untuk Dukung Perayaan Natal Nasional di Doloksanggul

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bishop GKPI (Gereja Kristen Protestan Indonesia) Pdt Oloan Pasaribu MTh meresmikan wilayah VII yang meliputi Humbang Hasundutan - Tobasa – Samosir, dan sekaligus m

  • Pemuda Pancasila Turut Suarakan Penuntasan Krisis Listrik di Binjai

    2 tahun lalu

    Sementara itu, salah seorang ibu muda di sekitar lokasi aksi unjuk rasa ini mengungkapkan bahwa rumah yang didemo massa PP itu merupakan kediaman Farid, yang disebut warga pernah bertugas mengabdi pada negara namun warga enggan menyebutkan dimana Farid pe

  • Ketua FKW HKBP Jumongkas Hutagaol Prihatin Gerakan Calon Ephorus

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ketua FKW (Forum Keprihatinan Warga) HKBP Jumongkas Hutagaol menyatakan keprihatinannya tehadap situasi saat ini di HKBP, khususnya menjelang Sinode Godang HKBP pada tanggal 12-18 September mendatang. Dia menyesalkan gerakan para c

  • Deklarasi Nusantara Untuk Jokowi (N4J) di Medan; RE Nainggolan: Sekarang Saya Dukung Jokowi

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Mantan Gubernur Sumatera Utara H Syamsul Arifin SE mengatakan, kapan lagi Indonesia mendapat sosok Presiden seperti Joko Widodo (Jokowi). Masyarakat sudah menikmati hasil pembangu

  • Jokowi Ulang Tahun ke 57, DPP N4J Panjatkan Doa di Medan

    4 minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Dewan Pimpinan Pusat Nusantara Untuk Jokowi (N4J) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Presiden Joko Widodo di kantor Sekretariat DPP N4J Jalan Nibung II No.12 Medan. Secara sed

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet