• Home
  • News
  • Putra Batak Djalan Sihombing SH: Wujudkan Wisata Terpadu di Danau Toba
Sabtu, 17 September 2016 13:36:00

Putra Batak Djalan Sihombing SH: Wujudkan Wisata Terpadu di Danau Toba

BAGIKAN:
Ist
Djalan Sihombing, SH
Samosir (Pelita Batak): Dengan disahkannya Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2016 Tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Danau Toba, 13 Juni 2016, semakin banyak yang peduli Danau Toba. Perantau semakin banyak bicara dan terlibat bahkan mendirikan organisasi masyarakat berkaitan dengan Danau Toba (Danau Toba).
 
"Perkumpulan Komunitas Ekonomi Rakyat Danau Toba (PK-ERDT) salah satu perkumpulan yang baru didirikan. Perkumpulan ini didirikan berbagai orang yang cinta dan peduli Danau Toba. Pendirinya dan anggotanya dari berbagai keilmuan, latar belakang dan tempat tinggal di Bona Pasogit dan diaspora seluruh dunia. Ketua Umum PK-ERDanau Toba adalah Dr. Togu Manurung," kata Putra Batak yang tinggal di Jakarta, Djalan Sihombing SH.
 
Sebelumnya sudah banyak ormas, antara lain Forum Bangso Batak Indonesia dengan Ketua Umum Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM., ada Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) dengan Ketua Umum Maruap Siahaan, Gaja Toba, dan Yayasan Percepatan Pembangunan Kawasan Danau Toba Ketua Umumnya Dr. Laurensius Manurung, Se., MM.
 
Menurut Djalan Sihombing SH, di Danau Toba, perlu wisata terpadu di sekitarnya bahkan dengan kerjasama dengan Nias yang tidak begitu jauh dari Danau Toba. Keterpaduan Wisata Alam, Wisata Iman, Wisata Sejarah, Wisata Olahraga/Seni dan Wisata Kuliner. Setiap daerah sekitar Danau Toba, yang mempunyai karakteristik dan kearifan lokal masing-masing perlu dikembangkan dan ditingkatkan. Ada air terjun Janji  di Baktiraja Humbahas, Sipiso-piso, Sigura-gura dan air terjun di Taman Eden 100 dan lain-lain.
 
 
Di Kabupaten Simalungun ada Panatapan Simarjarunjung dengan makanan khas pisang goreng dan bandrek susu. Juga ada Kebon Teh Sidamanik yang luas. Di Kabupaten Samosir banyak tempat wisata yang bagus, ada Tele dan Gunung Pusuk Buhit dan budaya lokal di Sianjur Mula-mula yang perlu dilestarikan. Pasir Putih di Parbaba dan banyak lagi yang alam, sejarah dan budaya lokal lainnya.
 
Untuk wisata Iman bisa mengunjungi Taman Wisata Iman di Dairi, Salib Kasih dan Makam Munson dan Lyman di Tapanuli Utara. Makam Ompui IL Nommensen di Sigumpar Tobasa, dan lain-lain. Wisata sejarah di Istana Sisingamangaraja di Bakara dan Markas Sisingamangaraja XII di Pearaja Parlilitan Humbahas. Tugu Pahlawan Nasional TB Simatupang dan Liberty Manik di Sitinjo Dairi. Makam Sisingamangaraja XII di Balige.
 
Wisata Olah Raga bisa ke Taman Eden 100 dengan alamnya yang indah ditanami pohon-pohonnya. Olah raga lintas alam cukup bagus di sana. Perlu juga menambah kegiatan di bidang seni budaya di Danau Toba. Karnaval Danau Toba sangat digemari masyarakat. Terbukti dengan begitu antusiasnya masyarakat atas kedatangan pak Jokowi di karnaval tersebut. Kegiatan promosi seni dan budaya ini sangat perlu dilestarikan dan ditingkatkan.
 
Yang tidak kalah menarik juga, wisata kuliner perlu diperbanyak dan dari berbagai macam masakan khas. Khusus kuliner ini perlu label agar wisatawan bisa menentukan makananan yang disukainya dan sesuai agama yang dianutnya. Bila wisatawan asing semakin banyak, perlu kuliner yang digemari wisatawan asing.
 
Perkumpulan marga juga perlu menggali sejarah dan tempat bersejarah marganya sendiri untuk dipaparkan dan diajarkan ke generasi muda. Dengan demikian, generasi mudah lebih mengenal sejarah nenek moyangnya sekaligus menarik minat generasi muda berwisata ke tempat bersejarah tersebut. Prasasti Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan di Tipang Humbahas, manambah minat generasi muda pulang ke kampung. Tugu Aritonang ada di Muara Taput, Tugu Naibaho di Samosir, Tugu Sinaga di Urat Samosir dan lain-lain, menarik dikunjungi generasi mudanya.
 
Sangat menarik kekaguman Yang Mulia Duta Besar Palestina Fariz. N. Mehdawi ketika kami mengunjungi Doloksanggul Humbahas dalam rangka Seminar Malanchton Siregar tahun 2012 yang diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. Ketika itu, kami mendampingi Yang Mulia dari Medan melalui Berastagi, Dairi, Tele menuju Doloksanggul tanggal 05 September 2012.
 
Bupati Humbahas Maddi  Sihombing waktu itu membawa Yang Mulia ke Istana Sisingamangaraja Bakara. Beliau juga melihat Danau Toba dari Lumban Silintong Balige. Ketika pulang dari Balige menuju Medan, kami sempat mampir di Hotel Niagara Parapat. Di situ beliau bilang, baru kali ini saya melihat keindahan ciptaan Tuhan yang luar biasa di Indonesia. Danau Toba adalah surga di dunia, kata beliau.
 
Sangat menakjubkan dan indah sekali. Sudah banyak tempat yang saya kunjungi, ternyata Danau Toba yang paling indah dengan alamnya yang luar biasa. Tinggal bagaimana masyarakat dan pelaku pariwisata bersinergi untuk mengelolanya dengan baik. Dengan perencanaan dan pelaksanaan yang matang. Kapan lagi, kalau bukan sekarang. Pemerintah telah memberi kesempatan dengan regulasi di kawasan Danau Toba. Kita tidak perlu saling menyalahkan. "Mulai dari diri kita masing-masing. Kita hindari elat, late dan hosom.Karakter SDM perlu perhatian khusus pelaku pariwisata dan saling mendukung dengan masyarakat Danau Toba. Masyarakat Danau Toba jangan menjadi penonton dan terpinggirkan dengan adanya regulasi di Danau Toba," kata Djalan Sihombing SH.(R2)
  BeritaTerkait
  • Dukung Kawasan Wisata Danau Toba, FBBI akan adakan Pendidikan dan Pelatihan Perhotelan

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak)- Pada perayaan HUT Ke-2, DPP Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) terus mengembangkan sayap organisasinya dengan melantik DPD FBBI Sumatera Selatan, Lembaga Komisi Etik dan Le

  • Putra Tapanuli Djalan Sihombing SH Ucapkan Terimakasih atas Perhatian Presiden Jokowi ke Tanah Batak

    tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Putra Tapanuli yang sekarang berdomisili di Jakarta, secara khusus menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi yang memberi perhatian

  • Perantau di Jakarta Apresiasi Jokowi 'Marhuta Sada' di Danau Toba

    tahun lalu

    Putra putri daerah asal Sumatera Utara (Sumut) yang merantau di Kota Jakarta menyambut positif kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo dan rombongan ke Nias, Sibolga, Balige, Humbahas dan Pulau Samosir dan kawasan Danau Toba di Sumatera Utara hingga empat

  • Dr Ronsen Pasaribu SH MM : Orang Batak Jangan Tergusur dari Tempat Leluhurnya

    tahun lalu

    Samosir (Pelita Batak) :Dalam rangka mendukung pembangunan industri pariwisata di kawasan Danau Toba dan sekitarnya, pihak Forum Bangso Batak Indonesia(FBBI) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar) mengadakan pelatihan kompetensi tenaga pe

  • Kelompok Pakar Dorong Keterpaduan Stakeholder Wujudkan Kaldera Toba Jadi Global Geopark di 2017

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Kelompok Pakar Geopark Kaldera Toba mengapresiasi Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BP-GKT) yang melakukan berbagai upaya terus berbenah ditengah keterbatasan. Pun penundaan pengusulan kembali Kaldera Toba ke Unesco di tahun 2016

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online