• Home
  • News
  • Proyek Patung YESUS, Apa Kabar? Zona Salib Kasih Akan Diperluas
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 09 Januari 2019 16:10:00

Proyek Patung YESUS, Apa Kabar? Zona Salib Kasih Akan Diperluas

BAGIKAN:
Jan Piter Simorangkir
Bangunan Proyek Pembuatan Patung Yesus di puncak Bukit Siatas Barita,Tapanuli Utara yang mangkrak beberapa tahun, diabadikan Rabu (9/1).Menurut rencana, tahun ini akan dibongkar dan akan dijadikan lokasi pengembangan wisata yang terintegrasi dengan wisata

Tarutung (Pelita Batak): Proyek pembangunan patung Yesus di puncak perbukitan Siatas Barita,Tapanuli Utara yang mangkrak beberapa tahun, bahkan telah menyeret sejumlah oknum yang terlibat ke ranah hukum,telah menyita sorotan publik.

Proyek pembangunan patung itu sendiri berlangsung di saat Torang Lumbatobing sebagai Bupati Tapanuli Utara.

Bila saja tidak bermasalah, proyek yang berada diatas lahan sekitar lebih kurang 5 hektar tersebut, sebenarnya sangat strategis bila terkoneksi untuk melengkapi paket wisata yang telah tersedia sebelumnya, yakni Wisata Rohani Salib Kasih, yang masih terletak dalam satu kawasan.

Pantauan Pelita Batak di lokasi, kondisi bangunan yang masih tahap pembuatan kerangka (pembesian) badan patung, sudah mengalami kerusakan. Bangunan penyangga dan satu unit bangunan berbentuk pendopo juga telah rusak.

Terlepas dari pusaran kasus tersebut, Asisten II Ekonomi Pembangunan Pemkab Taput Osmar Silalahi SE, dikonfirmasi Rabu 9 Januari 2019, menjelaskan, mempertimbangkan kondisi bangunan, proyek pembangunan patung tidak memungkinkan untuk dilanjutkan.

"Kita telah melakukan kajian, menggunakan tenaga ahli konstruksi dari USU. Intinya, jika tetap dilanjutkan akan sangat beresiko, sebab kerangka besi untuk badan patung paling bisa bertahan setahun ke depan, setelah itu akan keropos," jelasnya.

Lantas apa yang akan dilakukan?, Osmar menjelaskan, pihaknya (Pemkab Taput), akan melakukan pembongkaran terhadap bangunan proyek.

"Tahun ini akan kita bongkar dan meratakan-nya, sebab kalau kita lanjutkan, akan beresiko," tandasnya.

Di sisi lain diterangkan, pembangunan Patung YESUS di Siatas Barita;dilokasi yang sama,  kemungkinan tidak akan dilanjutkan.Di lokasi tersebut akan dikembangkan pembangunan wisata yang terintegrasi dengan objek wisata Salib Kasih.

"Sekarang, Pemkab Taput sedang mengkaji pembangunan di lokasi yang lain. Kemarin, kita telah memakai jasa tenaga ahli konstruksi dan arsitek dari ITB, ada lokasi lain yang diusulkan, salah satunya Muara. Saya pikir, jika di Muara, tidak masalah,sebab akan menjadi salah satu ikon,mendukung pariwisata Danau Toba," tambahnya.

Terpisah, Kadis Pariwisata Taput Binhot Aritonang S.Sos menjelaskan, lokasi wisata Salib Kasih akan tetap dikembangkan dan diperluas.

"Pengembangan mencakup tiga zona, yakni zona ritual (ibadah), wisata kuliner/sovenir/ arena bermain/hiburan, di zona tiga, akan memperluas ke lokasi proyek Patung Yesus, yang rencananya akan dibongkar tahun ini,"terangnya.

Binhot mempresentasikan, diatas areal 5 hektar lebih, masih memungkinkan dibangun lokasi retreat, camping ground dan wisata agro, wisata edukasi pohon serta pembangunan mes dan taman margasatwa.

"Rancang bangun telah disiapkan,dan sebahagian tahun ini akan dilaksanakan, sebab kita lakukan secara bertahap,"jelas Binhot, di Siatas Barita, didampingi Kepala UPT Salib Kasih, Managam Panggabean,SP.

Dijelaskan juga, wisatawan yang berkunjung ke lokasi Wisata Rohani Salib Kasih sendiri mengalami peningkatan. Tahun 2017 sekitar 40 ribu orang, pada tahun 2018 sekitar 50 ribu orang.

"Itu tadi, harapan kita ke depan akan semakin bertambah,tentu dengan pengembangan dan perluasan yang menyasar ke zona tiga, sehingga turis tidak lagi hanya dari unsur gerejani, tetapi akan bersifat lebih umum," ujarnya. (JPS).

  BeritaTerkait
  • JTP FRENDS Tandatangani Pakta Integritas

    9 bulan lalu

    Laporan Jeje TobingSecara umum, Pakta Integritas (Integrity Pact) dapat diartikan sebagai janji berupa pernyataan tertulis dimana poin-poin yang tertuang didalamnya disesuaikan dengan keadaan, dimana

  • Toga Manalu Boru Bere Ibebere Se-Sumatera Utara Berangkatkan JTP FRENDS

    7 bulan lalu

    Laporan Jeje TobingAcara "borhat-borhat" atau pemberangkatan dalam budaya dan tradisi Suku Batak adalah merupakan sebuah bentuk dukungan sekaligus simbol doa restu atau urapan dan biasanya akan disert

  • Ini Dia Enam Jenis Kultur Material Batak Toba

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):   Bentuk kultur material dari hasil budaya Batak Toba nampak dalam berbagai bentuk, seperti kultur mengalit, ukiran, gorga, tenun ulos, rumah adat, dan lain-lain.

  • Tulisan Kedua: Menyambut Seminar Ekklesiologi HKBP - Komisi Teologi HKBP Menuju Sebuah Gereja Pendeta?

    2 tahun lalu

    Oleh: Ephorus Emeritus HKBP Pdt. Dr.  J.R. Hutauruk   Paparan ini merupakan lanjutan dari paparan terdahulu yang telah terkirim kepada Komisi Teologi HKBP via email, 17 April lalu

  • Korupsi Patung Yesus Rp6,2 Miliar, Terdakwa Divonis 1,3 Tahun

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Dua terdakwa yakni Murni Alan Sinaga, dan Sondang M Pane, divonis masing-masing 1,3 tahun, di Pengadilan Tipikor Medan, kasus korupsi pembuatan patung Yesus senilai Rp 6,2 miliar

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb