• Home
  • News
  • Prajurit Pragakan Pemberian Marga Buat Kahiyang Ayu
Rabu, 15 November 2017 18:41:00

Prajurit Pragakan Pemberian Marga Buat Kahiyang Ayu

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Pernikahan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu telah berlangsung secara meriah 8 Nopember lalu di Solo. Bebera hari lagi akan berlangsung Ngunduh Mantu Presiden di kediaman keluara Bobby Nasution kompleks Taman Setiabudi Indah, Bukit Hijau Regency, Selayang Medan.

Acara adat Tapanuli Selatan, kampung asal Bobb itu direncanakan  dilakukan mulai 21 November. Pada hari itu, Kahiyang akan diberikan marga Siregar.

Persiapan utuk itu kini  telah dilakukan seperti gladi  pelaksanaan pemberian marga yang diperagakan oleh prajurit dihadiri Raja Adat Mandailing, Anak Boru, Mora, Kahanggi, Raja Panusunan, Raja Adat Padang Bolak, Raja Adat Sidempuan, Raja Adat Angkola, kemarin.
 
Nantinya acara demi acara yang digelar merupakan bagian dari adat Mandailing dan Tapanuli Selatan. Usai pemberian marga, Bobby dan Kahiyang akan meminta izin kepada Raja Panusunan Bulung, tetua dalam adat Mandailing, untuk menabuh gordang sambilan.

Pada upacara adat perkawinan, gordang sambilan dimainkan saat menyambut pengantin, tamu dan setelah pemberian gelar adat.

Namun, sebelum itu, akan ada acara pemotongan kerbau jantan besar sebagai syarat meminta izin kepada raja tersebut. "Di tanggal 24 November itu acaranya meminta izin kepada raja-raja untuk menabuh gordang sambilan.

Keesokan harinya atau pada 25 November, Bobby dan Kahiyang akan diberikan gelar dari raja-raja. nantinya, Bobby akan mendapatkan gelar Sutan Kumala Abdul Rahman dan Kahiyang akan diberi gelar Namora. Namun, dia belum mau menyebutkan gelar lengkap untuk Kahiyang tersebut.

Acara pun berlanjut hingga 26 November. Pada hari itu, resepsi pernikahan umum akan digelar dan masih bertempat di kediaman keluarga Bobby.(*)
  BeritaTerkait
  • Menko Luhut Matangkan Persiapan Ngunduh Mantu Presiden di Medan

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Menteri Koordinator Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nas

  • Kahiyang Ayu-Bobby Nasution Disambut 7 Pasang Suami Keluarga Medan

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Tujuh orang pasang suami istrinkeluaraga di Medan menyambut kedatangan Kahiyang Ayu dengan suaminya Bobby Nasution dengan acara adat yang diberi nama "Haroan Boru" "Informasi

  • 500 Jurnalis Meliput Ngunduh Mantu Putri Presiden

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):sekitar 500 jurnalis dari berbagai media termasuk media asing mendaftarkan diri untuk meliput resepsi Ngundu Mantu Presiden RI, Bobby Nasution-Kahiyang Ayu yang berlangsung dikedi

  • Pernikahan Kahiyang-Bobby Nasution Dongkrak Popularitas Budaya Batak

    5 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Perhelatan pesta pernikahan Kahiyang Ayu, putri tunggal Presiden RI Joko Widodo dan Bobby Nasution yang digelar dalam versi adat Jawa dan Batak dan digelar di Solo dan Medan&nbs

  • Pangdam I BB, Kapoldasu Tim Media Center Tinjau Persiapan Acara Ngunduh Mantu Presiden Jokowi

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pangdam I Bukit Barisan Mayen TNI Cucu Somantri bersama Kapoldasu Irjen Pol. Paulus Waterpauw, sejumlah pejabat daerah dan Tim Media Center acara, menyaksikan persiapan acara ngun

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet