• Home
  • News
  • Prabu Alam Sebut Jalur Independen Menuju Sumut 1 Lebih Menguntungkan
Sabtu, 23 September 2017 16:27:00

Pilkada 2018

Prabu Alam Sebut Jalur Independen Menuju Sumut 1 Lebih Menguntungkan

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Tokoh masyarakat Prabu Alam menilai proses dan tahapan bahkan ketentuan yang harus dijalani pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur jalur perseoranga  atau independen mampu menekan biaya politik. Seperti halnya di Sumut, untuk bisa maju dari jalur independen di Pilgub tahun 2018 harus mengantongi dukungan 764.571 pemilih.

Termasuk penerapan aplikasi Silon dinilai mampu mendorong transparansi dan akurasi data nantinya. "Tentu ada perbaikan kita lihat dari periode sebelumnya, jika kemarin persentase dukungan menurut jumlah penduduk, kini sudah menurut jumlah peserta pilkada periode sebelumnya," ujarnya usai mengikuti sosialisasi Prosedur pencalonan perseorangan dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumut tahun 2018 oleh KPU Sumut di Hotel Le Polonia, Sabtu (23/9/2017).

Jalur Partai Politik menurutnya memakan biaya politik yang cukup besar. Sedangkan untuk jalur independen jika sesuai dengan yang dipaparkan KPU pada saat itu justru akan mampu menekan biaya pencalonan.

Bahka  Prabu mengestimasi, biaya pengumpulan dukungan cukup Rp 500 juta. "Coba kalau jalur partai, apa bisa dengan uang yang kecil?" ujarnya.

Menurutnya, kondisi aturan peraturan saat ini harusnya memberika  optimisme bagi para bakal calon independen. Dengan demikian, akan memberikan dampak positif di periode berikutnya khususnya kepada para Parpol yang akan lebih konsiste  saat memberikan dukungan kepada pasangan calon.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Gubsu Minta Gali dan Kembangkan Kearifan Lokal

    tahun lalu

    Sidikalang (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir H T Erry Nuradi MSi menutup Pesta Budaya Njuah-njuah Tahun 2016, Jumat (30/9/2016) di Stadion Panji Sidikalang Kabupaten Dari. Ribuan warga Dairi menyaksikan kemeriahan Penutupan Pesta Budaya

  • Akses Kereta Api Menuju Kawasan Danau Toba Dipercepat

    12 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Pemerintah terus berbenah mendorong partumbuhan pariwisata Kawasan Danau Toba, di Provinsi Sumatera Utara. Termasuk infrastruktur dan akses transfortasi.

  • Menteri Eko Sebut Desa Harus Fokus Komoditi Tertentu

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menyebutkan setiap desa harus fokus pada komoditi tertentu dengan membuat model gerakan One Village One Product.

  • Gubernur Sumut : Bicara Fashion And Food, Sumut Gudangnya

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi resmi membuka pelaksanaan even Sumut Paten Fashion Food (SPFF) di Center Point Mall Medan, Rabu (12/04/2017).  

  • Menelusuri Liku-liku Jalan di Bonapasogit dan Merajut Semangat Leluhur

    6 bulan lalu

    Pulang ke kampung saya, Sigolang di lereng pebukitan Bukit Barisan di deretan Tapanuli Selatan sangat berkesan. Keberangkatan kali ini, diawali dihari Kamis, tanggal 27 April 2017 dengan bangun san

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online