• Home
  • News
  • Polres Tapsel Gelar Operasi PAM Pilkada Serentak 2018
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 07 Januari 2018 13:46:00

Polres Tapsel Gelar Operasi PAM Pilkada Serentak 2018

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga
Apel gelar pasukan

Paluta (Pelita Batak) : Dalam rangka pemantapan pasukan pengamanan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018, Kepolisian Resort Tapanuli Selatan (Polres Tapsel) melakukan apel gelar pasukan operasi kepolisian kewilayahan Mantap Praja 2018 di pelataran kantor Bupati Padang Lawas Utara (Paluta), Sabtu 6 Januari 2017.

Apel gelar pasukan operasi Mantap Praja 2018 yang mengambil tema Polri yang promoter siap mengamankan Pilkada serentak tahun 2018 di wilayah hukum Polres Tapsel diikuti oleh personil kepolisian dan personil TNI AD dari tiga kabupaten yakni kabupaten Paluta, Palas dan Tapsel serta personil Brimob Tapsel dan Linmas Paluta dipimpin oleh Kapolres Tapsel AKBP M Iqbal Sik Msi.

Hadir dalam upacara itu, Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap diwakili Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH beserta perwakilan kepala daerah dari kabupaten Palas dan Tapsel, Kajari,  Gakkumdu,KPU dan Panwaslu beserta sejumlah OKP Paluta diantaranya, IPK, PP, LMP, GP Ansor beserta undangan lainnya.

Kapolres Tapsel AKBP M Iqbal Sik Msi dalam arahannya menyampaikan bahwa apel gelar pasukan yang dilaksanakan di seluruh kesatuan kewilayahan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana dan prasarana Polri beserta unsur terkait, sebelum diterjunkan ke lapangan dengan harapan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal dalam rangka mensukseskan pengamanan Pilkada serentak tahun 2018.

Disebutkan, perlu dicermati bahwa pada pelaksanaan pilkada serentak 2018 terdapat berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius semua pihak untuk antisipasi sejak dini agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan pesta demokrasi seperti pelanggaran tindak pidana pilkada termasuk pidana umum yang harus dikelola dan ditangani oleh pihak Polri secara profesional, transparan dan akuntabel.

"Penanganannya diharapkan dapat bekerjasama dengan pihak kejaksaan, Bawaslu serta mengoptimalkan peran serta Gakkumdu," ujarnya.

Operasi kepolisian terpusat dengan sandi "Mantap Praja 2018" yang dilaksanakan selama 286 hari di wilayah hukum Polres Tapsel dengan tetap mengedepankan kehiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif dan rehabilitasi untuk mengamankan setiap inti tahapan Pilkada serentak 2018.

Dalam implementasinya akan dilakukan pergelaran fungsi-fungsi kepolisian dilapangan dalam bentuk satgas tingkat Polres yang melibatkan 398 personil Polri dengan bantuan perkuatan 120 personil Brimob dan 120 personil TNI serta 3542 anggota Linmas untuk mengamankan 1771 TPS sementara di wilayah hukum Polres Tapsel.

"Saya perintahkan kepada seluruh jajaran untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan Pilkada dengan sebaik-baiknya serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta Pilkada serentak serta menjamin masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan jernih sesuai hati nuraninya," tegasnya.

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan sejumlah pesan kepada peserta apel antara lain menyiapkan mental dan fisik, memetakan setiap kerawanan pada setiap tahapan Pilkada secara maksimal.

Perkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara Pilkada, TNI dan seluruh komponen masyarakat serta  menjaga komitmen dan netralitas.

Terpisah, Kabag Ops pada Polres Tapsel Kompol Jumanto mengatakan bahwa operasi kepolisian kewilayahan Mantap Praja 2018  melibatkan 300 unit kenderaan diantaranya roda 4 kenderaan perintis (Rantis), Tambora, Baracuda dan jenis lainnya serta sejumlah kenderaan roda dua.

Operasi Mantap Praja 2018 tersebut mengerahkan sebanyak 1021 personil kepolisian yang terdiri dari 603 orang dari personil Polres Tapsel dan 418 orang dari BKO Polda Sumut yang nantinya akan bertugas mengamankan penyelenggaraan Pilkada dan Pilgubsu di 3 kabupaten yakni kabupaten Paluta, Palas dan Tapsel.(Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Pangdam Beserta Pejabat Di Lingkungan Kodam I/BB Terima Kunjungan Silaturahmi Kapolrestabes Medan

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Panglima Kodam I/ Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Sumantri didampingi sejumlah Staf menerima Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto, SH, SIK, MSi yang menghadap didamping

  • Polres Tapsel Gelar Apel Pasukan Operasi Kepolisan Terpusat Keselamatan Toba 2018

    tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Kepolisian Resort Tapanuli Selatan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisan Terpusat Keselamatan -Toba 2018 di Lapangan Mapolres Tapsel, Kamis 1 Maret 2018. Kapolres

  • Polres Taput Gelar KKR dan Doa untuk Pilkada Damai

    12 bulan lalu

    Tarutung(Pelita Batak): Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Edward R. Tampubolon bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah hadiri Kebaktian Kebangunan Rohani dan Doa Pilkada Damai yang di

  • Polres Tapsel Gelar Operasi Lilin Toba Amankan Natal Dan Tahun Baru

    5 bulan lalu

    Tapsel (Pelita Batak) :Guna mengamankan perayaan Natal danTahun Baru Tahun 2018, Kapolres Tapsel Irwa Zaini Adib,SIK,MH menggelar apel pasukan Operasi Lilin Toba, di halaman Mapolres Tapanuli Selatan,

  • Polres Dairi Musnahkan Barang Bukti Narkoba

    3 tahun lalu

    Sidikalang (Pelita Batak): Polres Dairi melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ramadniya Toba 2016 di Mapolres Dairi, Kamis 30 Juni 2016. Apel dipimpin Bupati Dairi Johnny Sitohang serta diikuti r

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb