• Home
  • News
  • Polres Humbahas Sita Kayu Diduga Ilegal
KSP Makmur Mandiri
Senin, 15 Agustus 2016 12:42:00

Polres Humbahas Sita Kayu Diduga Ilegal

BAGIKAN:
Kapolsek Dolok Sanggul AKP Bazoka (pakaian dinas) menyetop 6 unit truk mobil colt diesel yang berisikan 61 batang kayu log, tepatnya depan SMAN 1 Dolok Sanggul Desa Purba Dolok.
Pelita Batak : Polres Humbanghasundutan menyita 61 batang kayu log yang dimuat di dalam 6 unit mobil jenis truk colt diesel yang sedang berada di depan sekolah SMA Negeri 1 Dolok Sanggul, Desa Purba Dolok, Kecamatan Dolok Sanggul, Kamis (11/8/2016) malam.
 
Kapolres Humbahas, AKBP Idodo Simangunsong, melalui Ipda R Sianipar selaku Kasubag Humas dikutip dari samosirgreen, Jumat (12/8) menjelaskan, penangkapan sejumlah batangan kayu tersebut atas adanya informasi masyarakat kepada Kapolres Idodo sekitar pukul 21.00 WIB, malam itu juga. Dimana, informasinya bahwa telah terjadi pembalakan kayu liar dan kayu akan dibawa keluar dari lokasi.
 
Mendengar itu, Kapolres Idodo memerintahkan Kapolsek Dolok Sanggul AKP Bazoka untuk mengembangkan informasi tersebut.  
 
"Jadi dari perintah Pak Kapolres turun ke Kapolsek Dolok Sanggul untuk mengembangkan," kata Sianipar.
 
Pengembangan pun dilakukan oleh tim gabungan yang dipimpin AKP Bazoka langsung melakukan pengintaian di depan sekolah SMAN 1 Dolok Sanggul.
 
Tak lama kemudian, tampak beriring bersamaan sebanyak enam truk mobil colt diesel bermuatan batangan kayu log keluar dari perkampungan Kecamatan Sijamapolang hendak menuju kota Dolok Sanggul.
 
"Jadi TKP penyitaan kayu ini dari depan sekolah SMAN 1. Setelah dilakukan penyetopan, kita periksa awal lebih dulu selanjutnya kita bawa ke markas (Mapolres Humbahas) atas perintah Kapolres," ujar Sianipar.
 
Hingga kini, kayu-kayu yang disita masih dalam proses penyelidikan. Sebanyak 6 orang sopir yang membawa kayu tersebut sedang dimintai keterangan.
 
Sekadar diketahui, kayu yang diambil dari perkampungan penduduk Kecamatan Sijamapolang, kemarin malam, memililki dokumen berupa surat keterangan hasil hutan dari Provinsi Sumatera Utara.
 
Namun, biarpun ada dokumennya, menurut Kasubag, pemeriksaan tetap berlanjut. Mereka, masih membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut demi proses hukum, berupa pemeriksaan asal usul kayu dengan melakukan cek tungkul. 
"Jadi, ini masih dalam penyelidikan. Nantilah lebih lanjut detailnya, kalau sudah kita himpun semua. Dan menurut informasinya, kayu ini kepunyaan marga Manik, katanya dialah pengusaha kayunya dan dia warga Dolok Sanggul," pungkas Sianipar. (SG/TAp)
 
Sumber: samosirgreen
  BeritaTerkait
  • Polres Humbahas Amankan Kayu Alam, Pemilik Masih Diselidiki

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Polres Humbanghasundutan bersama Polsek Doloksanggul, pada Kamis 11 Agustus 2016, pukul 21.25 Wib menggiring enam unit truk logging muatan kayu alam dari Purbadolok atau

  • Ditemukan Kayu Olahan Tak Bertuan di Humbahas, Diduga Dijarah dari Hutan Kawasan

    2 tahun lalu

    Humbahas(Pelita Batak): Sudah beberapa kali ditemukan kayu alam tak bertuan yang sudah selesai diolah di Humbahas. Diduga merupakan kayu ilegal yang ditebang dari hutan kawasan. Kayu tersebut dilet

  • Kemajuan Teknologi Belum Berdampak Bagi Kesejahteraan Masyarakat Batak

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):   Kemajuan teknologi yang tidak dibarengi dengan kemajuan kebudayaan kita. Kita tidak mampu secara kreatif menata kembali hubungan dan struktur sosial, politik dan ek

  • Patkamla Combat Boat Amankan 21 Orang Tanpa Dokumen

    2 tahun lalu

    Kapal kayu kecil tersebut berisi 21 orang diantaranya 11 orang dewasa, 8 wanita dan 2 anak- anak yang diduga TKi ilegal asal Malaysia.

  • Penanganan Kasus Dugaan IPAL Oknum Anggota DPRD Humbahas 'Dipeti Es-kan'

    2 tahun lalu

    Surat Perintah Penyidikan yang dikeluarkan Institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terhadap dugaan perbuatan yang dianggab merugikan Negara diduga sengaja 'diperpanjang' penyelesaiannya hingga kurun waktu 9 tahun sejak diterbitkan. Hasi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb