• Home
  • News
  • Poles Bandara Silangit, AP II Siram Rp 119 Miliar
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 11 Mei 2016 17:16:00

Poles Bandara Silangit, AP II Siram Rp 119 Miliar

BAGIKAN:
liputan6.com
Bandara Silangit, Tapanuli Utara

Tapanuli (Pelita Batak)

Kapasitas dan kualitas Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara terus ditingkatkan. PT Angkasa Pura II selaku Operator bandara ini, menggelontorkan dana Rp 119 miliar untuk membenahi bandara ini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi menuturkan, pembenahan akan dilakukan dari sisi udara (air side) juga sisi darat. Di sisi udara, perseroan bakal melakukan penebalan, pelebaran dan perpanjangan runway.

"Yang signifikan adalah untuk runway. Sekarang tender, sekitar 1,5 bulan lagi mulai," tutur Budi Karya dikutip dari liputan6.com.

Runway bandara ini, lanjut Budi, akan diperpanjang menjadi 2.600 meter dari panjang saat ini 2.450 meter. Kemudian akan diperlebar hingga 45 meter dari lebar saat ini 35 meter, dan dipertebal (overlay) dari 20 centimeter menjadi 45 centimeter.

Dengan begitu, bandara yang menjadi akses ke destinasi wisata Danau Toba ini bisa didarati pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737-800. "Nilai investasi sekitar Rp 100 miliar," tutur Budi.

Kemudian di sisi darat, perseroan juga akan mempercantik terminal menjadi lebih modern. Budi mengatakan beberapa pekerjaan yang bakal dilakukan adalah mendandani dan memperluas interior terminal. "Kami harapkan dalam waktu 6 bulan akan selesai. Kapasitas jadi bertambah hingga 500 ribu, dari posisi sekarang 24 ribu," katanya.

Pekerjaan yang memakan dana internal perusahaan hingga Rp 19 miliar tersebut, kata Budi, seluruhnya akan dikerjakan oleh putra daerah Tapanuli Utara.

Saat ini, sudah ada 2 maskapai yang mendarat di Bandara Silangit dari Jakarta. Kedua maskapai tersebut adalah Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air. Diharapkan ke depannya akan semakin banyak maskapai lain yang mengikuti jejak Garuda dan Sriwijaya Air.

(TAp/liputan6.com)

  BeritaTerkait
  • Edwin P Situmorang: Tugu Ompu Tuan Situmorang Tidak Sekedar Direnovasi

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ketua Panitia Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang mengatakan rencana revitalisasi yang dilakukan bukan hanya sekedar renovasi. "Tapi pomparan ompu Tuan Situmorang

  • Sejumlah Proyek APBN 2016 di Taput Diduga Suap PUPR Terhadap Oknum Anggota DPR RI

    2 tahun lalu

    Pengerjaan rekonstruksi Jalan Simpang Bandara Silangit-Muara yang didanai APBN 2016 sebesar Rp48 miliar kini dikerjakan tiga perusahaan yang tidak masuk sebagai pemenang tender maupun kelompok konsorsium. Pekerjaan yang berada di bawah satuan kerja dina

  • Pembangunan Toilet Berbiaya Rp 1,4 Milliar di Danau Toba Dituding Dikerjakan Asal Jadi

    2 tahun lalu

    Taput(Pelita Batak): Ketua Masyarakat Pemerhati Pelaku Korupsi Kolusi Nepotisme (MPPK2N) Hermanto kepada Pelita Batak,di Siborongborong, Sabtu 21 Januari 2017  mengyebutkan BUMN Angkasa Pura (

  • Angkasa Pura II Kucurkan Rp 350 Miliar untuk Benahi Bandara Silangit

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaludding mengatakan, pihaknya menyiapkan dana sekitar Rp 350 miliar untuk pengembangan Bandara Silangit, Sumatera Utara. &nbs

  • Hore....Boeing 737-800 Bakal Mendarat di Bandara Silangit

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Pemerintah melalui PT. Angkasa Pura II Persero tahun ini akan melakukan perluasan area terminal dan landasan pacu  Bandara Silangit di Tapanuli Utara. Pengembangan yang

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb