• Home
  • News
  • Polda Sumut Berhasil Tangkap Terduga Pelaku Ujaran Kebencian Terhadap Suku Batak
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 22 Juli 2018 17:03:00

Polda Sumut Berhasil Tangkap Terduga Pelaku Ujaran Kebencian Terhadap Suku Batak

BAGIKAN:
Aries Fernando Manalu|pelitabatak
Faisal Abdi alias Bombay, ketika ditanya oleh Kasubdit II/Cybercrime Ditreskrimsus Polda Sumut AKBP Herzoni Saragih. Herzoni sangat kesal terhadap terduga pelaku ujaran Kebencian terhadap Suku Batak
Medan (Pelita Batak):
Ditreskrimsus Polda Sumut akhirnya berhasil menangkap Faisal Abdi alias Bombay, pelaku ujaran Kebencian terhadap Suku Batak di kediaman mertuanya di Kompleks PTPN II Tanjung Morawa, Desa Buntu Bedimbar, Kecamatan Tanjung Morawa     Kabupaten Deliserdang.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja membenarkan tersangka pelaku ujaran Kebencian terhadap Suku Batak sudah diamankan Subdit II/Cybercrime Ditreskrimsus Polda Sumut.

Dijelaskan penangkapan tersangka, langsung dipimpin Kasubdit II/Cybercrime Ditreskrimsus Polda Sumut AKBP Herzoni Saragih dan membidangi Kanit III Kompol Lukmin.

"Faisal Abdi sudah ditangkap, karena sudah melanggar tindak pidana indikasi dengan menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan Suku, Agama Ras dan Golongan (SARA), sebagaimana yang dimaksud dengan pasal 28 ayat 2 Jo pasal 45A ayat 2 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE," ujar Kabid Humas, Sabtu (21/7) malam.

Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan Faisal Abdi ditangkap berdasarkan sesuai dengan LP Nomor LP/822/VI/2018/SPKT III tertanggal 29 Juni 2018 dengan pelopor Dewan Pengurus Pusat Parsadaan Pomparan Raja Lontung Manganar Situmorang tentang dugaan penghinaan terhadap Suku Batak dengan cara menyebarkan fitnahan di dalam akun Facebooknya tertulis "Eramas Pasti Menang, Orang Batak jangan sedih iya ....kalo dosa nyungsep silahkan makan kalian ta** ba** itu ha ...ha ...ha ...Batak tolol".

Setelah menerima laporan dari masyarakat bahwa terduga pelaku tersebut berada di rumah mertuanya. Lalu tim melakukan Lidik dan setelah mengetahui keberadaannya, terduga pelaku langsung ditangkap tanpa ada perlawanan yang berada di Kompleks PTPN II Tanjung Morawa, Desa Buntu Bedimbar, Kecamatan Tanjung Morawa     Kabupaten Deliserdang. "Selanjutnya, terduga tersangka dimintai keterangan di Subdit II/Cybercrime Ditreskrimsus Polda Sumut," tambah AKBP Herzoni Saragih, ketika dihubungi melalui via seluler.

Kami telah mengamankan terduga pelaku dan melengkapi berkas perkara. Setelah itu, melakukan gelar perkara dan koordinasi dengan Ahli Pidana dan kita akan mengirimkan berkas ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk proses lebih lanjut.

Kasubdit II/Cybercrime Ditreskrimsus Polda Sumut AKBP Herzoni Saragih mengimbau kepada masyarakat, agar berhati - hati menulis ujaran Kebencian, pencemaran nama baik dan SARA di posting milik pribadi, karena sekarang ini sudah gampang membuat laporan dan menangkap pelaku yang membuat status di postingan di Media Sosial (Medsos).

"Sebelum berbuat harus dipikirkan dan bila perlu jangan membuat SARA, karena itu membahayakan diri sendiri," katanya.(Aries)
  BeritaTerkait
  • HUT Ke-71 Bhayangkara di Sumut, Perlu Antisipasi Dini Konflik

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Bhayangkara yang tanggal 1 Juli kemarin genap 71 tahun. Upacara berl

  • Polda Sumut dan Mabes Polri Buru Penghina Suku Batak

    satu bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Tim Cyber Crime Kepolisian Daerah Sumatera Utara terus buru pemilik akun Facebook, Faisal Abdi, yang telah memposting ujaran kebencian menyinggung dan melecehkan Suku Batak.Kasubb

  • Provokator Kerusuhan Tanjungbalai di Media Sosial Ditangkap Polisi

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak):"Memang lidah tak bertulang. Tapi, jari bertulang." Jadi, jangan gampang menulis status di facebook, twitter atau media sosial lainnya. Jika sembarangan, akan berna

  • Pernah ke Suriah? Ini Identitas Dua Penyerang Polda Sumut

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Tidak berselang lama, identitas kedua pelaku penyerangan Mapolda Sumut berhasil diungkap pihak Polri. Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo

  • Pelaku Pengrusakan Kotak Surat Suara di Kantor Camat Siborong - borong Ditangkap Tim Ditreskrimum Polda Sumut

    satu bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Timtreskrimum Polda Sumut berhasil membekuk dua orang dari ketiga terduga pelaku pengerusakan Kotak Surat Suara Pilkada Taput dan Pilgubsu, Senin (2/7) sekira pukul 21.00 Wib.Info

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet