• Home
  • News
  • Pimpin Kembali Gapensi Sumut, Tiopan Manuasa Pardede akan Bentuk LBH
Sabtu, 25 November 2017 00:42:00

Pimpin Kembali Gapensi Sumut, Tiopan Manuasa Pardede akan Bentuk LBH

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Tiopan Manuasa Pardede, kembali memimpin BPD Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Sumut pada Musyawarah Daerah (Musda) IX Gapensi Sumut di Hotel JW Marriot Medan, Selasa (21/11/2017). Musyawarah Daerah (Musda) XIV BPD Gapensi Sumut yang berlangsung sejak 20 November hingga 21 November 2017.

TM Pardede terpilih secara aklamasi untuk memimpin Gapensi Sumut untuk lima tahun ke depan, yakni untuk periode 2017-2022.

Dia bersama dua orang lainnya, yakni Ketua BPC Tanjung Balai dan Tapteng menjadi tim formatur yang bertugas menyusun kepengurusan BPD Gapensi Sumut periode 2017-2022.

Dalam sambutannya, TM Pardede mengapresiasi kepercayaan semua anggota kepada dirinya. Dalam awal kepengurusan, TM Pardede akan fokus membidani hadirnya penasehat hukum BPD Gapensi Sumut.

"Dari Gapensi yang berurusan hukum itu ya, saya melihat banyak yang tidak objektifnya, kebanyakan itu saya lihat tidak benar alasannya, kayak diciptakan gitu, ini tidak benar. Makanya saya pikir saatnya kita memiliki penasehat hukum," katanya.

Adapun pengurus yang dilantik Hasil Musda XIV itu adalah Ketua Umum Tiopan Manuasa Pardede, Waketum I-IV Surung Panjaitan, Syamsudin Hasibuan, Frans Pardede, Akhirun Piliang, Ampun Solin, Ingan Amin Barus dan Salomo Maraden.

Sekretaris Umum Syamsudin Waruwu, Wasekum I-III Enrico P, Franky Tumanggor dan Gabriel Renjana Nainggolan, SH. Bendahara Umum Goklas Butarbutar, Abdul Kholik Lubis, Roy Freasly Marnala Tambunan.

Ketua departemen masing-masing Tunggul Siagian, Saur Savant Bakkara, Syarifuddin Hasibuan, Lintong Napitupulu, Sahat Simangunsong, Mulkan Yahya Lubis, Mahmuddin Harahap dan Frist PH.

Kepengurusan dilengkapi Pelindung Gubernur Sumut, Ketua Kadinda dan Ketua LPJKP Sumut. Ketua Dewan Pertimbangan Saut B Pardede, Sekretaris Sanggam Bakkara, Anggota Ferry Eldi, Sobo Simangunsong, AS Butarbutar, Aswin Parinduri, Apul Silalahi dan Agus Suranta.

Ketua Umum BPP Gapensi, Iskandar Z Hartawi memuji pelaksanaan Musda XIV Gapensi Sumut yang dibuka Gubsu Tengku Erry Nuradi dan ditutup Wagubsu Nurhajizah Marpaung.

"Ini baru saya lihat dibuka gubenur lalu ditutup wakil gubernur, kami mengapresiasi dukungan kepala daerah ini," kata Iskandar yang disambut tepuk tangan para hadir para hadirin.

Kontraktor Lokal

Sementara itu, Musda XIV Gapensi Sumut melahirkan beberapa pokok pikiran yang menjadi rekomendasi ke pemerintah. Diantaranya dengan lahirnya UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, diharapkan mendorong lahirnya kontraktor yang kompetitif.

Peran serta kontraktor asing, menjadi suatu keharusan menggandeng kontraktor lokal dan dengan nilai proyek tertentu sehingga tidak membunuh kontraktor lokal.

Gapensi juga mendesak pemerintah mengembangkan keseimbangan ideal melalui pendekatan restrukturisasi pasar dan sistem/model kemitraan yang saling menguntungkan.

Harus ada kebijakan yang memicu perkuatan struktur industri konstruksi dan menegakkan etika konstruksi untuk memperkuat struktur industri konstruksi. Rekomendasi juga meliputi agar pemerintah serius meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, dukungan pembiayaan untuk pelaku usaha jasa konstruksi.

Sementara itu Wagubsu Nurhajizah Marpaung yang hadir menutup Musda itu dalam sambutannya mengakui Provinsi Sumut sudah tertinggal 15 tahun dari provinsi lain. Jaringan infrastruktur di Sumut akan semakin baik apabila pengusaha jasa konstruksi bisa berdaya saing dan profesional.

Wagubsu juga berharap kontraktor di Sumut jangan hanya jadi penonton terutama untuk proyek-proyek nasional yang ada di Sumut.(rel)
  BeritaTerkait
  • Gubernur Harapkan Gapensi Sumut Berkelas Dan Berkualitas

    satu bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menekankan pentingnya peningkatan kualitas sebuah perusahaan jasa konstruksi sekaligus organisasi/asosiasi yang mendukung pemban

  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

    5 bulan lalu

    Oleh: Gandhi PakpahanPARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain set

  • Panitia Berharap Dekranasda Sumut Turut Mendukung dan Berpartisipasi Pelestarian Ulos

    tahun lalu

    Peringatan Hari Ulos ke-2 akan diperingati 17 Oktober 2016. Panitia yang diketuai Enni Martalena Pasaribu SH meminta dukungan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumut. Selain menargetkan 17 Oktober ditetapkan sebagai agenda kalende

  • Nelson Manalu Pimpin Kembali DPD FSP KEP Sumut

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Nelson Manalu, SH kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonsia (DPD FSP KEP SPSI) Sumut dalam Musyawarah Daerah (Musda)-

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online