• Home
  • News
  • Pesta Partangiangan Bolon Dan Renovasi Tugu Raja Sitindaon Berlangsung Sukses
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 09 Juli 2019 16:33:00

Pesta Partangiangan Bolon Dan Renovasi Tugu Raja Sitindaon Berlangsung Sukses

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Pengukuhan Ketua Umum DPP PRSBB Indonesia Periode 2018-2023 Ir. Charles Sitindaon, MT oleh Ketua Penasehat Binton Sitindaon, SPd dengan Menyerahkan Bendera Pataka DPP PRSBB INDONESIA dan disaksikan Seluruh Marga Sitindaon yang hadir dari setiap wilayah da
Samosir (Pelita Batak):
Pesta Partangiangan Bolon dan Renovasi Tugu Raja Situnggarnageduk Sitindaon yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 Juni 2019 di Sibualbual Desa Pardomuan Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir berlangsung meriah dan sukses.

Acara tersebut berjalan dengan baik pada hari pertama 28 Juni 2019 dengan agenda Prosesi menuju Tambak Situnggarnageduk Raja Sitindaon (Makam Sebelum diangkat ke Tugu di Sibutar) di Huta Tonga-tonga huta sibualbual dan mengadakan doa bersama dilokasi tambak.

Kemudian dilanjutkan acara dilokasi Tugu dan mengadakan acara kebaktian singkat, penandatanganan prasasti oleh Panitia Renovasi Tugu Pantas Sitindaon, SH (Selaku Ketua Umum Panitia), Magus Sitindaon, SE (Selaku Sekretaris Umum Panitia) dan Diketahui Ketua Umum Ir. Charles Sitindaon, MT (Selaku Dewan Pimpinan Pusat Pomparan Raja Sitindaon dohot Boru/Bere Se Indonesia (DPP-PRSBB Indonesia)) dan Binton Sitindaon, SPd dan Drs. Lamsudin Sitindaon (Selaku Penasehat) serta penanaman pohon di lokasi tugu oleh wakil Pomparan dari Anak pertama Passalaut (A. Margaret Sitindaon), Anak Kedua Pangahu Raja (Kenal Sitindaon), Anak Ketiga Pangambittua (Op. Goklas Sitindaon) dan Wakil boru Raja Sonang (Ketua DPP Persada Alboinsyah Gultom).

Acara prosesi dan penyambutan di tugu oleh penari dari Sanggar Tari Pemkab Samosir yang disponsori oleh Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (Kadis Gonggom Naibaho didampingi Kabid Budaya Boru Naibaho). Setelah selesai acara di Tugu dilanjutkan kebaktian Bersama di huta Sibualbual yang dibawakan oleh Pendeta Jefry Sitindaon, MTh dari Jakarta bekerjasama dengan pangula huria HKBP Pardomuan Onan Runggu.

Hari pertama acara pesta dirajut dengan acara kembang api dan hiburan oleh artis Sitindaon dari Jakarta dan Sumatera Utara (Samosir).Hari kedua 29 Juni 2019 merupakan acara puncak Pesta Partangiangan Bolon dan Renovasi Tugu Raja Situnggarnageduk Sitindaon diawali Gondang Budaya Batak Toba dan pengukuhan Ketua Umum dan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Pomparan Raja Sitindaon dohot Boru/Bere Se Indonesia (DPP-PRSBB Indonesia) periode 2018-2023 oleh penasehat dan disaksikan seluruh Pomparan Raja Sitindaon dohot Boru/Bere yang hadir pada acara pesta sekaligus menyerahkan bendera Pataka PRSBB Indonesia oleh Ketua Penasehat Binton Sitindaon, SPd.

Setelah acara pengukuhan Keluarga Besar Raja Sitindaon Menyambut Hula-hula Marga Sianturi (Istri Situnggarnageduk Raja Sitindaon boru Sianturi) dan menyerahkan ulos kepada pomparan Raja Sitindaon sejumlah 17 lembar yang diterima Anak dan boru Sitindaon serta Ketua Umum PRSBB Indonesia serta Panitia Pesta/Renovasi Tugu. Sambutan Ketua Penasehat oleh Binton Sitondaon, SPd Ketua Umum PRSBB Indonesia dan Jajarannya akan melaksanakan tugas membentuk AD/ART PRSBB Indonesia, Mengurus Keberadaan Tanah Marga Sitindaon yang berada Di Hutaparik Tanoponggol Pangururan, Membentuk Pengurus wilayah di Seluruh Propinsi dan Menyatukan Seluruh Marga Sitindaon di Dunia serta Memadukan Sejarah/ Tarombo dan Adat Marga Sitindaon.

Dilanjutkan penyambutan Bupati Samosir yang diwakili oleh Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Rombongan Jajaran SKPD dan Unsur Muspika (Polres dan Babinsa) serta turut hadir Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata oleh penari beserta Pantia dan DPP PRSBB Indonesia sekaligus memberikan kata sambutan dan pemberian cendara mata Ulos/Plakat oleh Panitia dengan Gondang.

Adapun Wakil Bupati Samosir sangat menyambut baik acara pesta Raja Sitindaon karena merupakan visi misi Kabupaten Samosir untuk meningkatkan daya tarik wisata dan budaya serta sekaligus untuk menambah PAD Kabupaten Samosir dimana hanya datang saja anak rantau ke Kabupaten Samosir sudah menjadi tujuan wisata, demikian juga sambutan Ketua DPRD Samosir luar biasa acara Raja Sitindaon ini karena Kampung Sibualbual sudah dapat dijual menjadi daya tarik wisata oleh kehadiran anak Rantau dan sosmed sudah mejadi informasi publik Onan runggu menjadi tujuan Wisata sekaligus sudah dapat menambah PAD Samosir dan Sibualbual menjadi perhatian Saya karena kampung Oppung saya dari Orangtua Perempuan.

Setelah seluruh Unsur pemerintah hadir dilanjutkan acara Gondang Utusan Padua Ni Suhut Raja Naibaho (DPP PRNB Indonesia dan PRNB Samosir) dan dilanjutkan Marga Sitindaon Perwilayah diseluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua dan ditutup Gondang Marga Sitindaon dari Bona Pasogit Sibualbual Samosir.

DPP PRSBB Indonesia mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan dan atensi Kabupaten Samosir dengan kehadiran Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dan Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata serta unsur Muspika (Polres dan Babinsa). Demikian juga seluruh Marga Sitindaon yang hadir pada acara pesta maupun yang tidak dapat hadir dari seluruh wilayah mulai dari Aceh sampai Papua karena sudah memberikan Dukungan Doa dan sumbangsih Donasi/Toktok Ripe hingga acara dapat berjalan dengan baik.

Secara khusus kepada Panitia Pelaksana Pesta Partangiangan Bolon dan Renovasi Tugu Raja Situnggarnageduk Sitindaon pada tanggal 28-29 Juni 2019 selaku Ketua Umum Panitia Pantas Sitindaon, SH (Wilayah Surabaya) dan Sekum Magus Sitindaon (Wilayah Jabodetabek) kami dari DPP PRSBB Indonesia mengucapkan banyak terimakasih atas pelaksanaan pesta sudah berjalan dengan baik semoga Tuhan melimpahi berkatnya kepada kita semua.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Raja Naibaho Se-Indonesia Gelar Mubes dan Syukuran Renovasi Tugu di Samosir

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Keluarga Besar Pomparan Raja Naibaho dohot Boru, Bere dan Ibebere (PRNB) se-Indonesia akan melangsungkan Musyawarah Besar yang juga dirangkai dengan kegiatan Pesta Syukuran Renova

  • Pagelaran Adat Budaya Sianturi Lumban Gambiri

    4 bulan lalu

    Muara, Tapanuli Utara (Pelita Batak):Pesta partangiangan bolon atau doa syukuran Sianturi Lumban Gambiri se-Indonesia 2019 yang digelar selama tiga hari berturut-turut, di Huta Sihilap, Kecamatan Muar

  • Pesta Bolon Raja Sonang Sedunia Dihadiri Puluhan Ribu Pinompar Oppu Raja Sonang Sedunia

    tahun lalu

    Samosir(Pelita Batak): Pesta Siraja Sonang Sedunia berlangsung meriah dan sukses di huta Riniate, desa Pardomuan, kabupaten Samosir yang dihadiri puluhan ribu Keturunan Siraja Sonang Sedunia Dari Selu

  • Doa Bersama Manalu Sukses, Ketum Sabam Manalu : Bersama, Kita Pasti Diberkati

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Keluarga Besar Manalu yang terhimpun dalam Parsadaan Toga Manalu Boru Bere/Ibebere seluruh Indonesia secara serentak melakukan doa bersama, Minggu 2 Juni 2019. Tidak dilakukan di

  • Pesta Parolop-olopon dan Rapot Bolon Punguan Pomparan Datu Lobi Sihombing Lumbantoruan Se-Jabodetabek Periode 2018-2023 Meriah

    tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak):  Parolop-olopon dan Rapot Bolon Punguan Pomparan Datu Ompu Lobi Nasumurung (Datu Lobi) Sihombing Lumbantoruan boru bere Se-Jabodetabek berlangsung meriah dihadiri lebih dar

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb