• Home
  • News
  • Pesta Bolon Raja Sonang Sedunia Dihadiri Puluhan Ribu Pinompar Oppu Raja Sonang Sedunia
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 10 Agustus 2018 18:09:00

Pesta Bolon Raja Sonang Sedunia Dihadiri Puluhan Ribu Pinompar Oppu Raja Sonang Sedunia

BAGIKAN:
Ist
Pesta Siraja Sonang Sedunia
Samosir(Pelita Batak): Pesta Siraja Sonang Sedunia berlangsung meriah dan sukses di huta Riniate, desa Pardomuan, kabupaten Samosir yang dihadiri puluhan ribu Keturunan Siraja Sonang Sedunia Dari Seluruh Dunia.

Pinompar Raja Sonang dari 4 Bersaudara 5 Marga yang terdiri dari Toga Gultom, Toga Samosir/Harianja,Toga Pakpahan, Toga Sitinjak, yang saat ini telah mempunyai jumlah keturunan kurang lebih1.5 juta di seluruh dunia.

Juga ikut meresmikan Rumah Parsaktian yang telah sukses dibangun setelah kurang lebih 50 tahun digagas oleh Pinompar Raja Sonang Sedunia baru dapat diwujudkan peletakan batu pertama Desember 2007.

Rencana pembangunan Rumah Parsaktian  dan pemugaran Tugu Siraja Sonang sudah pernah digagas tahun 1961,tahun 1970, dan tahun 1980, seperti diucapkan penggagas OP Bosar Gultom. "Rencana pembangunan dan pemugaran ini sudah pernah tiga kali digagas oleh orang tua pendahulu yaitu tahun 1961,1970,1980 tapi terimakasih buat Tuhan, 14 Desember 2007 sukses melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Tugu dan Rumah Parsaktian Ruma Parsadaan Pomparan Raja Sonang sedunia," ujarnya.

Pembangunan Rumah Parsaktian dan Pemugaran Tugu Raja Sonang,  dilaksakan  April 2017 dan selesai 12 Juli 2017. Kegiatan ini membutuhkan rencana biaya Rp 2,5 miliar yaitu untuk biaya pemugaran pembangunan tugu, pembangunan rumah parsaktian, pembebasan lahan, dan pendukung lainnya.

Namun masih direncanakan untuk oembangunan pagar keliling tugu dan Rumah Parsaktian. "Kami sangat berterimakasih kepada Tuhan karena biaya yang kami butuhkan untuk pembangunan dan pembebasan lahan serta pendukung lainnya yang direncanakan 2,5 miliar.  Sudah terkumpul dana partisipasi dari pomparan Op Raja Sonang dari 3000 orang sejumlah 1,5 miliar," ucap Ketua Umum Panitia Pesta Bolon Raja Sonang Sedunia DR. Juni Gultom, ST. ST.MTP.

Pembangunan ini digagas Op Bosar Gultom, Op Sanggam Gultom, Op Lambas, dan lain-lain, yang diketuai Taulada Sitinjak.

Op Bosar berpesan kepada seluruh Pomparan Raja Sonang Sedunia agar tetap meningkatkan persaudaraan karena tujuan pembangunan ini adalah untuk menyatukan seluruh pomparan dimana pun berada. 

Ketua Umum Panitia menyampaikan terimakasih kepada seluruh Pomparan Raja Sonang. Kesuksesan ini adalah anugerah dari Tuhan dan dukungan seluruh pomparan Raja Sonang.

Pesta Raja Sonang akan berlangsung  08-10 agustus 2018. (Tim)
  BeritaTerkait
  • Pusat Habatakon (Batak Center) Didirikan untuk Menyelamatkan Kebudayaan Batak di Masa Depan

    4 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Kebudayaan Batak perlahan-lahan ditinggalkan oleh penganutnya yaitu orang-orang Batak itu sendiri, semakin tergerus oleh kemajuan teknologi informasi, pergaulan bebas, hedonisme

  • Deklarasi Parsadaan Pomparan Raja Lontung, Mangihut Sinaga SH MH Didaulat Ketua Umum Formateur

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Menjadi tonggak sejarah bagi Pomparan Raja Lontung yang akrab disebut 'Si Sia Sada Ina', keturunannya kini bersatu hati untuk membentuk sebuah wadah silaturahmi yang ber

  • Pesta Parolop-olopon dan Rapot Bolon Punguan Pomparan Datu Lobi Sihombing Lumbantoruan Se-Jabodetabek Periode 2018-2023 Meriah

    4 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak):  Parolop-olopon dan Rapot Bolon Punguan Pomparan Datu Ompu Lobi Nasumurung (Datu Lobi) Sihombing Lumbantoruan boru bere Se-Jabodetabek berlangsung meriah dihadiri lebih dar

  • Hebat ! Festival Budaya Batak di Kalbar Dihadiri Ribuan Orang

    2 tahun lalu

    Kalbar (Pelita Batak) : Merantau jauh dari kampung halaman, bukan berarti harus terlepas dari akar budaya dan kebersamaan dengan kerabat. Hal itu tampaknya yang ingin dibuktikan ribuan orang

  • Jamita Evangelium, Minggu XXII Dung Trinitatis 12 November 2017, Turpuk: Mateus 25: 1-13 "Mangolu di Bagasan Habisuhon dohot Haporseaon"

    tahun lalu

    Oleh: Pdt Dr. Robinson Butarbutar, Parsameanta, STT-HKBP1.Panghataion ni Jesus dohot siseanna sandiri dung sidung mangula di bagas joro na di Jerusalem i do turpukta on (24: 1, 3), i maudut ni panurir

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb