• Home
  • News
  • Persiapan Festival Danau Toba di Taput Dimantapkan
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 30 Agustus 2016 14:50:00

Persiapan Festival Danau Toba di Taput Dimantapkan

BAGIKAN:
Internet
Bupati Taput Nikson Nababan saat menyambut Presiden RI Joko Widodo di Bandara Silangit belum lama ini

Tarutung (Pelita Batak) :
Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) terus bersiap dan mematangkan segala kelengkapan untuk pelaksanaan Festival Danau Toba (FDT) tahun 2016. Dimana Taput menjadi tuan rumah Festival Danau Toba (FDT) 2016, yang akan diselenggarakan di Kecamatan Muara, 9-12 September 2016 mendatang.

"Momentum FDT tersebut diharapkan menjadi bagian dukungan seluruh elemen masyarakat dalam mendukung Kaldera Danau Toba sebagai salah satu prioritas Destinasi wisata di tanah air," kata Bupati Taput Nikson Nababan, kemarin.

Bupati Nikson Nababan mengharapkan, FDT yang akan digelar ini, harus mampu meningkatkan jumlah wisatawan ke Danau Toba, khususnya ke Kecamatan Muara, Taput. Wisatawan meningkat, otomatis terjadi peningkatan mikro ekonomi di Taput.

"FDT harus dipersiapkan secara matang. Masyarakat Taput, khususnya dikawasan Kecamatan Muara, kita ajak/himbau untuk berperilaku sadar wisata. Lalu, pihak dinas Pariwisata Taput, harus membenahi segala sesuatunya untuk menyambut gelar FDT," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, daftar harga harus dipajang di setiap usaha grosir, warung dan lainnya. Sehingga tidak terjadi hal yang lucu, contoh harga di warung a dan di warung b, berbeda. Kita harus benahi itu dan kerjasama dengan para pengusaha," ujar Nikson.

Nikson Nababan yang didampingi Ketua DPRD Taput Ottonyer MP Simanjuntak, Kadis Pariwisata Gibson Siregar, Kadis Cipta Karya Budiman Gultom, Kadispenloka James Simanjuntak, Kadis Kesehatan dr Janri Nababan, Kepala BP4K Sey Pasaribu dan Kabag Humas Keprotokolan Donna Situmeang mengharapkan, dukungan penuh media/insan pers untuk publikasi setiap kegiatan.

"Festival ini milik kita bersama. Kita kerjakan bersama dan saya berharap insan pers dapat mempublikasikan segala kegiatan yang akan di gelar di festival Danau Toba. Alhasil, akan dapat meningkatkan minat wisatawan ke wilayah Danau Toba," pinta Nababan.

Pemkab Taput melalui insan pers, sebut Nababan, akan mempublikasikan semua kegiatan dan lomba. Baik untuk lingkungan sekolah maupun lomba yang terbuka untuk umum. Mari kita sukseskan Festival Danau Toba khususnya ke Kecamatan Muara.

Ketua DPRD Taput Ottoniyer MP Simanjuntak mengungkapkan, sukses tidaknya gelar FDT, juga tidak luput daripada peranserta dan dukungan media/insan pers.

Simanjuntak menegaskan, untuk mensukseskan gelar FDT yang juga rangka mendukung destinasi Danau Toba, pihaknya dari legislativ Taput siap mendukung penuh Pemkab Taput semisal, anggaran FDT dan pengadaan hadiah lomba.

"Kita dari legislatif, siap mendukung penuh Pemkab untuk mensukseskan gelar FDT. Kita akan menyetujui penggunaan anggaran untuk FDT dan juga semisal untuk hadiah lomba. Hadiah lomba kita yakini, menjadi salah satu daya tarik dari momen ini. Buat hadiah lombanya menarik. Kami dari pihak legislativ, siap menyetujui anggaran FDT,"tegas Simanjuntak.

Adapapun kegiatan yang akan digelar dari tanggal 9-12 September yakni, tanggal 9 September, pawai kendaraan hias bertema ulos. Pembukaan oleh Menteri Pariwisata, menampilkan tari kolosal empat puak (Toba, Pakpak, Simalungun dan Karo). Hiburan artis ibukota Vicky Sianipar.

Hari kedua, 10 September, pameran pariwisata, lari lintas alam, Geopark Kaldera Toba, lomba renang rakyat, lomba solu parsada-sada, pardua-duaan, seminar pariwisata, lomba vokal group, lomba food and fashion, atraksi seni budaya Pemko Sibolga, atraksi seni budaya Pemkab Dairi.

Tanggal 11 September ada lomba lukis anak-anak, pemilihan ucok butet geopark kaldera Toba, lomba paduan suara, atraksi seni budaya Pemkab Samosir, atraksi seni budaya Tobasa, atraksi seni budaya Padang Lawas.

Puncak FDT 12 September, gelar atraksi monsak dan tortor tumba, penyerahan hadiah, penyerahan penghargaan Geopark Heroes, atraksi budaya Pemkab Tapanuli Utara. (MB/TAp)

  BeritaTerkait
  • Festival Kemerdekaan Pesona Toba 2016 pada 26-27 Agustus 2016 Ditargetkan dihadiri 60 ribu Wisatawan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Dua kementerian (Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Kementerian Maritim dan SDA akan menyelenggarakan Festival Kemerdekaan Pesona Toba 2016  pada 26-27 Agustus 20

  • Tulus Nababan : Rencana Unjuk Rasa Selanjutnya di Pesta Danau Toba

    2 tahun lalu

    Taput (Pelita Batak) :Walau mendapat perlawanan dari orang tak dikenal (OTK), Aliansi Masyarakat Peduli Tapanuli Utara (AMPT) berencana melakukan aksi kembali di hari yang akan datang. Aksi akan digelar di lokasi pelaksanaan Festival Danau Toba di Muara p

  • Buka FDT 2016, Pagar Betis Siswa Puluhan Kilo Meter Sambut "Karnaval Pejabat"

    2 tahun lalu

    Muara (Pelita Batak) :<br></br> Pembukaan Festival Danau Toba 2016 di Muara, Tapanuli Utara berlangsung dengan "karnaval pejabat". Ratusan siswa/siswi SMA menjadi pagar betis sepanjang jalan dari Bandara Silangit hingga lokasi acara

  • Badan Pelaksana Geopark Kaldera Toba : Danau Toba Dapat Menjadi Geopark Terkemuka di Dunia

    2 tahun lalu

    Taput (Pelita Batak) : Ketua Badan Pelaksana Geopark Kaldera Toba (BP-GKT), Alimin Ginting MSc menyatakan, Danau Toba kini luar biasa, karena memiliki aset yang luar biasa dan akan menjadi Geopark

  • Dipertanyakan Penggunaan Dana Dekranasda Tapanuli Utara

    2 tahun lalu

    Tarutung(Pelita Batak): Dekranasda seharusnya merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha terse

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet