• Home
  • News
  • Peringati Hari Pramuka, Yonif 411 Kostrad Bentuk Mental dan Karakter Pemuda di Perbatasan
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 16 Agustus 2019 05:37:00

Peringati Hari Pramuka, Yonif 411 Kostrad Bentuk Mental dan Karakter Pemuda di Perbatasan

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Jakarta (Pelita Batak):
Ikut serta dalam membentuk mental dan karakter pemuda di wilayah perbatasan, Satgas Yonif MR 411/PDW memberikan materi Bela Negara dalam peringatan HUT Ke-58 Pramuka.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Kamis (15/8/2019)

Dansatgas menjelaskan, upacara Hari Pramuka yang dilaksanakan pada Rabu (14/8) bertempat di SMP Negeri 11 Merauke, Distrik Sota. Atas permintaan Kepala Sekolah, Pasiter Satgas Kapten Arm Imam Ari Setyawan beserta tiga orang anggota, dipercaya untuk memberikan materi bela negara dan tali-temali kepada siswa-siswi peserta perkemahan dari SMK N 1 Sota dan SMP N 11 Merauke.

"Disini kami memberikan ilmu kepramukaan yang dilanjutkan dengan tanya jawab atas materi yang kami berikan. Bagi siswa yang bisa memperagakan, kami berikan hadiah untuk menumbuhkan keberanian dan semangat dan motivasinya," ujar Rizky. 

Pada Hari Pramuka yang selalu diperingati setiap tanggal 14 Agustus ini, Pramuka genap berusia 58 Tahun dan mengusung tema Nasional yakni, "Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI." Diharapkan melalui gerakan Pramuka dapat menciptakan pemuda yang berkarakter dan memiliki Nasionalisme tinggi.

"Melalui kegiatan kepramukaan ini, akan membentuk kepribadian, menanamkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, serta untuk meningkatkan keterampilan para pemuda," ucap Rizky.

"Komitmen kami selama menjalankan tugas perbatasan di wilayah Kabupaten Merauke ini, kami ingin adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah dimasa yang akan datang dapat menjadi kebanggaan masyarakat Papua," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 11 Merauke, Marius Bunmop, S.Pd mengungkapkan, metode yang diajarkan anggota Satgas dalam melatih dan membina siswa di bidang kepramukaan sangat membantu mereka dalam hal kebersamaan.
"Kami ucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 411 yang mau mengajarkan anak-anak disini tentang pengetahuan dan keterampilan Pramuka," pungkasnya. (Dispenad)
  BeritaTerkait
  • Makrab Himapa Bentuk Konsep, Pola Pikir, dan Pola Tindak Mahasiswa

    5 bulan lalu

    Sibolangit (Pelita Batak):Waktu menuntut kita untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Hal tersebut yang telah mamacu generasi muda bangsa terus mengibarkan sayapnya di dunia pendidikan. Pemu

  • Eldin Minta Pramuka Terus Berkarya

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh jajaran pramuka untuk terus berkarya dan selalu mendarmabaktikan dirinya tanpa pernah memandang suku, agama maupun ras. Selain itu melalui gerakan pramuka, juga diharapka

  • 2.360 Pramuka Siaga Ikuti Pesta Siaga 2017

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebanyak  2.360 orang pramuka siaga utusan Kwartir Ranting se-Kota Medan mengikuti Pesta Siaga Kwartir Cabang Gerakan Pramuka  Kota Medan tahun 2017 di Lapangan Cadika P

  • Hari Pertama Masuk Sekolah, ASN Diijinkan Antar Anak

    3 tahun lalu

    "Kegiatan ini penting dalam rangka untuk melakukan revolusi mental para pelaku pendidikan, khususnya orang tua untuk terlibat aktif dalam pendidikan putra-putrinya di sekolah," tutur Yuddy.

  • Pengembangan Kepulauan Nias Dan Pembangunan Kawasan Strategis di Indonesia

    tahun lalu

    Oleh : Firman Jaya Daeli Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan Indonesia Raya dengan ideologi Pancasila, yang dapat diletakkan dan dipetakan dalam beberapa pertimbangan. Indonesia R

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb