• Home
  • News
  • Peringatan Tahun Baru Islam 1438 Hijriah di Medan
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 02 Oktober 2016 17:40:00

Peringatan Tahun Baru Islam 1438 Hijriah di Medan

BAGIKAN:

Medan (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menjelaskan, Pemerintah Provinsi terus memberi dukungan kepada MUI untuk bisa melakukan pembinaan berkesinambungan terhadap masyarakat agar kembali ke jalan yang benar.

“Melalui MUI dan Kemenag, saya berharap bisa satukan visi dan pandangan, apa yang bisa dilakukan dalam derap langkah yang sama, terpenting membangun SDM Sumut  yang relijius,” ujar Gubsu Erry Nuradi dalam muzakarah digelar Majelis Ulama Islam (MUI) Sumut menyambut Tahun Baru Islam 1483 Hijriah di gedung MUI Sumut, Minggu (2/10/2016).

Gubsu menambahkan, dukungan yang diberikan kepada MUI Sumut dalam perannya menjadikan umat yang religi dengan berbagai pembinaan, Pemprovsu menyediakan dana  kurang lebih Rp2 miliar. "Maka untuk MUI Kabupaten/Kota yang dananya belum sepenuhnya tertampung di APBD, perlu menyampaikan laporan ke provinsi agar pengadaan dana dapat lebih dimaksimalkan lagi,"katanya.

Dalam kesempatan itu Erry Nuradi juga mengajak umat Islam Sumaera Utara untuk menjadikan momentum tahun baru 1438 Hijriah sebagai momentum meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan, sebagai modal dasar menata kehidupan yang lebih baik.

Hal itu disampaikan Gubernur saat dalam Hadir, Ketua MUI Sumut Prof Abdulah Syah MA dan Sekretaris Dr Ardiansyah,  mewakili Kakanwil Kemenagsu,  Ketua MUI Kota Medan, Prof Mohd Hatta, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Sumut, DR Maratua Simajuntak, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Sumut  Drs H Ahmad Husein, Ketua Forum Komunikasi Muslimah Indonesia, Hj Revita Lubis, Ketua Muslimat Al Washliyah Sumut Hj Nurliati Ahmad MA perwakilan MUI Kabupaten/Kota, kelompok pengajian dan undangan lainnya.

“Menyambut tahun baru adalah bagaimana kita melakukan  muhasabah. Selagi kita diberi amanah dan kesempatan hidup di alam dunia, sebagai manusia yang jauh dari kesempurnaan, mari saling menasehati, mari  berbuat kebajikan,” ujar Gubernur.

Dia juga mengajak semua pihak menjadikan momentum tahun baru hijriah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas perbuat amal soleh, sebagai implementasi dari ketakwaan. Karena, iman dan Ketakwaan menurut Gubsu tidak diukur dalam ritual ibadah saja, namun juga harus terwujud pada kesalehan sosial yaitu melalui aktvitas di masyarakat.

Dalam kesempatan itu ia mengajak semua pihak bisa bersama saling bahu membahu,  agar terus bisa menjadi orang yang bermanfaat dan berguna, bagi lingkungan,  terlebih bagi daerah yang kita cintai.

Hal itu disahuti oleh Ketua MUI Sumut Prof Abdullah Syah MA,. bahwa dalam rangka meningkatkan penyadaran keagamaan, pihaknya telah mencetak kader  ulama yang menimba ilmu agama di MUI dengan Lembaga Pendidikan Tinggi Kader Ulama dan sudah melahirkan ulama muda yang kharismatik untuk berdakwah. "Mudah-mudahan kehadiran ulama di tengah masyarakat membantu menjawab persoalan terutama masalah keagamaan, karena dengan agama yang sempurna, umat akan lebih terbimbing karena tahu arah kehidupan yang harus mereka lalui,"katanya.

Narasumber dalam kegiatan mudzakarah, Prof Syahrin Harahap menyebutkan, Tahun Baru Islam,1 Muharram 1438 Hijriah ini, hedaknya dimaknai sebagai tahun kebangkitan Islam. Nabi Muhammad melakukan  hijrah dari Makkah ke Madinah,bukan takut dengan orang kafir Quraisy, tetapi untuk membuka mata pemuka-pemuka bangsa Arab saat itu yang merasa hebat di negerinya tetapi tidak bisa diberi masukan apapun. Jika kita lihat catatan sejarah, setelah Islam ada di Madinah, maka penguasaan ekonomi Islam dan kemajuan tatacara peradaban Islam langsung terbangun. Dalam kesempatan itu dilakukan peluncuran Kalender Hijriah dalam menyambut tahun baru Islam 1438 H. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Erry: Mari Hijrah Kearah Lebih Baik

    2 tahun lalu

    Langkat (Pelita Batak) :Gubernur Sumut (Gubsu) HT Erry Nuradi mengatakan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah/2016 Masehi menjadi momen bagi umat Islam merefleksi diri. Melihat kebelakang terhadap apa yang telah dilakukan. Baik yang berhubu

  • Tahun Baru Islam Momentum Untuk Hijrah

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh jajarannya di lingkungan Pemko Medan untuk menjadikan peringatan Tahun Baru Islam 1438 H ini, sebagai momentum untuk hijrah (pindah) menjadi yang lebih baik lagi, terutam

  • Halal Bihalal MUI, Ulama Diajak Senantiasa Rawat Kebhinnekaan

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw menghadiri Halal Bihalal Idul Fitri 1438 Hijriah bersama Majelis Ulama Indones

  • Tahun Baru Islam Bersama Yaspendhar, Tengku Erry Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyalurkan bantuan pembangunan Masjid Abiturient Yayasan Pendidikan Harapan (Yaspendhar) yang berada di kampus 2 Yaspendhar Jl. Karya Wisata Uju

  • Saat di Binjai, Gubernur Canangkan Gerakan Puasa Senin Kamis

    tahun lalu

    Binjai (Pelita Batak) :Meskipun beberapa hari lagi akan memasuki bulan suci Ramadan 1438 Hijriyah, namun Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi tetap mencanangkan gerakan Puasa Sunnah Seni

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb