• Home
  • News
  • Pengukuhan Parsadaan Pomparan Raja Lontung di Desa Sabulan Kecamatan Sitio-tio
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 22 Agustus 2018 06:46:00

Pengukuhan Parsadaan Pomparan Raja Lontung di Desa Sabulan Kecamatan Sitio-tio

BAGIKAN:
Humas Panitia
Ketua Terpilih Pengurus Parsadaan Pomparan Raja Lontung, Mangihut Sinaga menyampaikan kata sambutan.
Samosir (Pelita Batak): Tujuh 7 (tujuh) putra (anak) si Raja Lontung yaitu: Tuan Situmorang, Toga Sinaga, Toga Pandiangan, Toga Nainggolan, Toga Simatupang, Toga Aritonang, dan Toga Siregar. Serta 2 (dua) putri (boru) yaitu Siboru Amak Pandan (menikah dengan Sihombing) dan Siboru Gabe (menikah dengan Simamora).

 Keturunan dari kesembilan anak tersebut telah menandatangani prasasti Parsadaan Pomparan Raja Lontung (PPRL).

Menjadi sejarah bagi Pomparan Raja Lontung yang akrab disebut 'Si Sia Sada Ina', keturunannya bersatu hati untuk membentuk kelompok yang diberi nama dengan sebutan Parsadaan Pomparan Raja Lontung. Pengukuhan Pengurus Parsadaan Pomparan Raja Lontung (PPRL) tersebut dilaksanakan hari Sabtu yang lalu 18 Agustus 2018, di Desa Sabulan Kecamatan Sitiotio Kabupaten Samosir.

Bupati Rapidin Simbolon, beserta Wakil Bupati Samosir dan Ketua DPRD saat menghadiri pengukuhan pengurus PPRL.

Dalam pengukuhan pengurus PPRL Ketua terpilih adalah Mangihut Sinaga, SH, MHum, menyampaikan agar PPRL ini betul bekerja tanpa ada unsur kepentingan pribadi atau politik.

"Kita akan bekerja dengan membangun perkampungan si Raja Lontung yang hampir 600 tahun hampir terlupakan. Kita dukung pembangunan di Samosir sebagai daerah Pariwisata kita bangun infrastruktur," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua terpilih diberi 'bulang-bulang' dan 'tungkot panaluan' juga kepada beberapa pengurus dengan harapan Pengurus dapat bekerja dengan baik. 

Bupati Samosir Rapidin Simbolon didampingi Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga beserta Ketua DPRD Kabupaten Samosir Rismawati Simarmata dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para pengurus terpilih.

Bupati Samosir menambahkan warga Sabulan harus mensyukuri karena acara pengukuhan pengurus PPRL dilaksanakan di daerah ini.

"Perlu kami sampaikan bahwa jalan yang melewati Kecamatan Sitio-tio mulai dari Harian sampai Perbatasan Kabupaten Humbang Hasundutan sudah ditingkatkan statusnya dari jalan Kabupaten menjadi jalan Provinsi.
Mulai Tahun 2019 dana yang digunakan untuk membangun jalan tersebut berasal dari dana Provinsi, mari kita bersama bekerja khususnya dengan adanya PPRL ini agar dana dari Provinsi bisa disalurkan untuk pembangunan jalan tersebut," ungkap Bupati Samosir.(*)
  BeritaTerkait
  • Polda Sumut Berhasil Tangkap Terduga Pelaku Ujaran Kebencian Terhadap Suku Batak

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Ditreskrimsus Polda Sumut akhirnya berhasil menangkap Faisal Abdi alias Bombay, pelaku ujaran Kebencian terhadap Suku Batak di kediaman mertuanya di Kompleks PTPN II Tanjung Moraw

  • Panitia Lomba Antar Desa dan Masyarakat Kecewa, Pemkab Simalungun dan Tobasa Tak Hadiri Pengumuman

    2 tahun lalu

    Ambarita-Samosir (Pelita Batak) : Panitia Lomba Antar Desa kawasan Danau Toba beserta masyarakat kecewa ketidakhadiran perwakilan Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Toba Samosir (Tobasa) pada pe

  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

    tahun lalu

    Oleh: Gandhi PakpahanPARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain set

  • Naposo Parsadaan Situmorang Sipitu Ama Beri Tali Asih Kepada Korban Bus Sekolah di Parmonangan Simanindo

    tahun lalu

    Samosir (Pelita Batak):Naposo Parsadaan Situmorang Sipitu Ama boru bere ibebere (NPSSAB) Sumatera Utara melakukan kegiatan tali kasih di Parmonangan,  Kecamatan Simanindo,  Kabupaten Samosir

  • Deklarasi Parsadaan Pomparan Raja Lontung

    10 bulan lalu

    Pompara  Raja Lontung mendeklarasikan organisasi parsadannya di Hotel Danau Toba Internasional Medan, Sabtu 20 Januari 2018.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb